Pengertian Efek Transisi dan Contoh Penggunaannya

Pengertian Efek Transisi dan Contoh Penggunaannya

HiPoin.com – Transisi atau efek Transisi mungkin sudah sering kamu temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh saat kamu swipe aplikasi dari kanan ke kiri maka akan terjadi transisi. Belum paham? mari saya jelaskan dengan singkat mengenai transisi.

Transisi sendiri memiliki arti peralihan dari suatu keadaan/tempat/tindakan ke tindakan yang lainnya. Dalam video editing penggunaan transisi video berguna supaya video yang dihasilkan tidak kaku. Karena sejatinya video yang bagus hasil dari penggabungan lebih dari 1 video.

Penggunaan transisi bisa kamu gunakan di antara video yang satu dengan video yang lainnya. Bisa menggunakan efek yang sama pada masing-masing perpindahan atau efek yang berbeda. Sebagai contoh jika ada 3 video yang akan digabungkan maka ada menghasilkan 2 transisi.

Kenapa bisa 2? transition effect pertama tersedia antara video ke-1 dan video ke-2, transition effect kedua tersedia saat transisi dari video ke-2 ke video ke-3. Apa setiap perpindahan wajib menggunakan efek transisi? jawabannya tidak.

Akan tetapi penggunaan efek transisi bisa membuat video yang kamu hasilkan lebih bagus lagi seperti video cinematic yang sering kamu lihat di Instagram. Selain digunakan dalam video editing kamu bisa menemukan transisi pada smartphone Android dan iOS.

Di ponsel pintar transisi digunakan saat berpindah halaman di semua menu. Sebagai contoh pada app drawer. App drawer salah satu menu yang biasanya memiliki pengaturan transisi. Kamu bisa memilih gulir yang ingin kamu gunakan seperti perbesar, perkecil, putar ke atas, putar ke bawah, silinder, dan komidi.

Sedangkan transisi video atau transisi efek dalam video memiliki banyak pilihan sesuai kebutuhan dalam proses editing. Salah satu transisi efek yang sering digunakan dalam video yaitu Glitch, Liquid Transition, Flash Fx Splash, dan Motion Grapihcs.

Masing-masing aplikasi editing video memiliki transisi yang tersedia. Terkadang kamu bisa menambahkan transisi baru supaya video yang kamu edit menjadi lebih keren lagi. Karena menggunakan transisi yang tersedia tidak lah cukup karena efek nya biasa-biasanya saja.

Kamu bisa menggunakan efek transisi yang bagus sesuai tema video yang kamu miliki. Sedangkan untuk transisi pada perangkat Android atau iOS kamu bisa memilih yang simple. Selain lebih enak dipandang penggunaan transisi yang simple membuat perangkat yang kamu gunakan lebih smooth.