Muncul Peringatan Email Sudah Terdaftar? Ini Dia Tips Nya

Muncul Peringatan Email Sudah Terdaftar? Ini Dia Tips Nya

HiPoin.com – Belakangan ini saya sering melihat seseorang yang bingung saat ingin mendaftar akun sesuatu tetapi mendapatkan peringatan bahwa email sudah terdaftar. Saya sendiri pernah mengalami hal seperti itu pada saat saya belum tau harus melakukan apa.

Kasus ini sangat sering terjadi jika kamu mendaftar akun tertentu tetapi kamu belum bisa masuk ke akun tersebut alias masih nyangkut. Kenapa bisa nyangkut? karena kamu belum melakukan verifikasi email. Karena belum melakukan verifikasi email maka akun kamu belum sepenuhnya jadi.

Akan tetapi jika mendaftar ulang dengan alamat email yang sama tidak akan bisa karena statusnya email sudah digunakan. Untuk tau lebih jelas mengenai permasalahan yang satu ini kamu harus tau beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya peringatan email yang sudah terdaftar.

Mungkin saja email sudah terdaftar karena kamu sudah mendaftarkan email tersebut tetapi kamu lupa. Atau bisa saja saat proses pendaftaran belum selesai tetapi halaman memuat ulang dan terpaksa kamu mendaftar lagi tetapi email tersebut sudah terdaftar.

Untuk tau lebih jelasnya kamu bisa baca beberapa penyebab yang bisa menyebabkan hal tersebut, yaitu email sudah digunakan atau sudah terdaftar. Atau kamu bisa memeriksa akun yang ada seperti panduan yang ada di Pusat Bantuan Akun Google.

Selain email yang sudah terdaftar ada juga peringatan lainnya yang sudah saya bahas terlebih dahulu yaitu tentang email tidak valid. Hampir sama memang akan tetapi untuk email tidak valid kita menentukan bahwa email tersebut benar atau tidak bukan sudah terdaftar atau belum.

Kenapa Muncul Peringatan Email Sudah Terdaftar?

1. Karena Email Tersebut Sudah Terdaftar

Benar sekali kemungkinan besar alamat email tadi sudah terdaftar terlebih dahulu. Baik kamu yang telah mendaftarkan email tersebut tetapi kamu lupa atau orang lain yang membuat akun tetapi menggunakan alamat email yang kamu miliki.

Seperti yang kamu ketahui masih banyak akun yang tidak perlu konfirmasi email saat proses pendaftaran. Akan tetapi kamu tenang saja, kini semua akun baru memerlukan konfirmasi email terlebih dahulu sebelum akun tersebut benar-benar dibuat.

2. Belum Melakukan Konfirmasi Alamat Email

Sebenarnya ini adalah penyebab utama yang paling sering terjadi dan saya yakin kamu pernah mengalaminya. Yaitu belum atau lupa mengkonfirmasi alamat email dan berfikir bahwa kamu gagal membuat akun dan mencoba untuk membuat ulang.

Seperti yang saya katakan tadi ini yang dinamakan nyangkut. Jika disebut akun sudah terdaftar tapi nyatanya belum terdaftar tetapi jika dibilang akun belum terdaftar tetapi nyatanya akun sudah dibuat dan berhasil. Oleh karena itu kamu bisa cek folder Spam atau lakukan request konfirmasi email ulang jika tidak mendapatkan email konfirmasi.

3. Alamat Email Keliru

Email keliru bisa membuat peringatan email sudah terdaftar muncul karena email yang kamu input alamat email orang lain yang sudah terdaftar. Ini bisa saja terjadi karena kemungkinan besar ada alamat email yang mirip-mirip antara yang satu dengan yang lainnya.

Nah itu dia beberapa penyebab dan faktor yang bisa menyebabkan munculnya peringatan email sudah terdaftar. Jika peringatan yang muncul email sudah digunakan biasanya kita harus tau yang menyebabkan email tersebut sudah terdaftar apa.

Sedangkan jika email tidak terdaftar atau belum terdaftar kamu bisa mendaftarkan email tersebut dan melakukan konfirmasi email supaya tidak timbul kasus email sudah terdaftar. Semoga pembahasan kali ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi kamu.

Tidak tau cara membuat email favorit di Gmail? kamu bisa baca cara menambahkan email berbintang di Gmail. Caranya gampang sekali dan sangat bermanfaat untuk memisahkan email penting dan email yang tidak penting supaya mudah saat mencarinya.