4 Tips Mengatasi Aplikasi Photoshop Lemot dan Berat Saat Digunakan

4 Tips Mengatasi Aplikasi Photoshop Lemot dan Berat Saat Digunakan

HiPoin.com – Photoshop lemot sangat mengganggu saat kita sedang melakukan proses editing. Yang jelas proses editing akan sedikit terganggu karena kursor akan lambat saat digerakan. Selain itu terkadang fitur yang ada tidak berfungsi walaupun sudah kita pilih.

Lemot atau lambatnya aplikasi Photoshop disebabkan oleh beberapa faktor. Tidak hanya di Photoshop saja, karena sekelas Google Chrome juga sering lemot. Apalagi aplikasi editing video seperti Sony Vegas atau Adobe After Effects, lag adalah hal yang biasa.

Jika aplikasi Photoshop berat kamu harus tau penyebabnya, supaya hal serupa tidak kamu alami lagi. Selain mengganggu pekerjaan, aplikasi yang sering lag kemungkinan besar bisa merusak perangkat Laptop atau Komputer yang kamu miliki.

Karena jika lag sudah sangat parah aplikasi akan menjadi not responding, aplikasi yang not respoding terlalu lama bisa menyebabkan perangkat menjadi hang atau ngehang. Oleh karena itu kamu harus tau penyebab kenapa aplikasi Photoshop lambat saat digunakan.

Kamu mungkin tidak bisa mempercepat kinerja Photoshop karena faktor spesifikasi perangkat. Akan tetapi minimal kamu bisa mencegah aplikasi Photoshop lemot atau lambat saat digunakan. Ada beberapa tips supaya Photoshop tidak lambat saat digunakan.

Namun sebelum lanjut ke tips nya kamu bisa baca tentang apa yang dimaksud dengan Smart Object. Smart Object adalah salah satu fitur penting yang ada di aplikasi Adobe Photoshop. Fitur ini sangat dibutuhkan di Photoshop karena ada hubunganya dengan layer.

Solusi Aplikasi Photoshop Lemot

1. Jangan Buka Project Yang Berat

Benar sekali, yang pertama kamu harus menghindari project yang berat. Project yang berat seperti apa? sebagai contoh project editing yang menggunakan fitur yang banyak serta membutuhkan efek yang banyak juga. Project yang seperti itu membuat aplikasi Photoshop bekerja lebih berat lagi.

Atau saat kamu menggunakan Mockup, apa itu Mockup? Mockup ialah desain final yang sudah siap digunakan hanya tinggal menambahkan objek foto atau gambar. Karena kita tidak tau langkah apa saja yang ada di Mockup maka biasanya Mockup membuat kinerja aplikasi Photoshop menjadi lebih berat walaupun hanya Mockup biasa.

2. Terlalu Banyak Layer

Penyebab aplikasi Photoshop berat yang selanjutnya yaitu karena terlalu banyak layer. Kebiasaan menggunakan layer yang banyak memang tidak bisa dihindari, karena adanya layer di Photoshop memudahkan para editor dan desainer grafis dalam memulai pekerjaan mereka.

Akan tetapi terlalu banyak layer yang digunakan bisa membuat Photoshop lemot. Khususnya jika perangkat Komputer atau Laptop yang kamu gunakan memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Oleh karena itu gunakan layer secukupnya atau gabungkan layer menjadi satu menggunakan Smart Object.

3. Terlalu Banyak Font

Apa benar terlalu banyak font bisa membuat aplikasi Photoshop lambat? tentu saja. Khususnya saat kamu menggunakan fitur Type Tool atau Text. Saya yakin kasus ini paling sering terjadi, yaitu kinerja aplikasi Photoshop akan menurun saat kamu ingin menambahkan tulisan atau teks.

Oleh sebab itu jika spesifikasi perangkat yang kamu miliki sangat pas-pasan kamu bisa menyimpan font-font yang bagus saja. Atau font yang sering kamu gunakan dalam editing, semakin sedikit font yang kamu miliki maka kinerja aplikasi Photoshop akan semakin ringan.

4. Spesifikasi Perangkat

Yang terakhir yaitu faktor spesifikasi perangkat. Walaupun kamu sudah mencoba ketiga cara diatas akan tetapi jika spesifikasi perangkat yang kamu miliki pas-pasan tetap saja lebih lambat dari pada perangkat dengan spesifikasi yang mumpuni.

Untuk tau spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi Adobe Photoshop kamu bisa lihat di halaman Photoshop system requirements. Di halaman tersebut akan dijelaskan spesifikasi minimal dan spesifikasi yang disarankan untuk menjalankan aplikasi Adobe Photoshop.

Itu dia penjelasan dari saya mengenai aplikasi Photoshop lemot atau berat saat digunakan. Intinya spesifikasi yang paling utama, asalkan perangkat yang kamu miliki memiliki spesifikasi yang mumpuni ketiga poin diatas bisa kamu abaikan.

Tetapi jika perangkat yang kamu miliki pas-pasan dan Photoshop lemot saat digunakan kamu bisa mempelajari tips yang sudah saya jelaskan diatas. Seperti jangan membuka project yang berat, jangan gunakan layer terlalu banyak, dan jangan menyimpan terlalu banyak jenis font.

Cukup sekian pembahasan saya tentang cara mengoptimalkan Photoshop supaya aplikasi Photoshop lemot tidak kamu alami lagi. Tidak tau apa yang dimaksud dengan transisi? kamu bisa simak penjelasan saya mengenai transisi yang sering digunakan di video editing.