Panduan Penggunaan Smart Object di Photoshop

Panduan Penggunaan Smart Object di Photoshop

HiPoin.com – Saat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop kamu harus tau yang namanya Smart Object. Smart Object di Photoshop sangat membantu sekali karena bisa menggabungkan objek di beberapa layer menjadi 1 layer atau lapisan.

Karena bisa menggabungkan layer, fitur ini sangat berguna karena di Photoshop basisnya memang menggunakan layer atau lapisan. Ada banyak sekali kelebihan dari Smart Object, salah satunya mencegah aplikasi Photoshop menjadi lambat atau lag karena terlalu banyak lapisan yang aktif.

Smart Object sendiri adalah sebuah fitur yang berfungsi menggabungkan, mengedit, atau menambah filter tanpa merusak layer yang ada. Tetapi pada proses editing normal, fitur ini paling sering digunakan untuk menggabungkan layer dengan layer yang lainnya dengan objek yang sama.

Contoh proses editing menggunakan Smart Object saat kamu membuat poster. Karena objek dan bagian-bagian kecil saat membuat poster terlalu banyak maka objek yang serupa bisa digabungkan dengan Smart Object. Dengan catatan ke semua objek tidak memerlukan proses editing kembali.

Supaya lebih jelas langsung saja saya jelaskan bagaimana cara menggunakan Smart Object di Photoshop. Selain cara menggabungkan objek dengan fitur Convert to Smart Object, saya juga akan menjelaskan cara memisah atau mengedit layer Smart Object.

Mungkin saja kamu ingin mengedit layer yang sudah di gabungkan karena alasan tertentu. Namun sebelum lanjut ke tutorialnya kamu bisa baca cara menghilangkan objek dengan aplikasi TouchRetouch. Walaupun di Android aplikasi TouchRetouch tidak kalah dengan Photoshop yang ada di Windows.

Panduan Smart Object di Photoshop

1. Cara Menggunakan Smart Object

Yang pertama saya akan menjelaskan cara menggabungkan layer atau objek menggunakan Smart Object. Untuk tau lebih jelasnya langsung saja kamu simak tutorial dibawah ini.

Langkah ke-1: Untuk menggabungkan layer dengan Smart Object silakan kamu buka aplikasi Adobe Photoshop dan pilih layer yang ingin digabungkan. Bisa lebih dari 2 hingga sebanyak banyaknya

Menggunakan Smart Object di Photoshop

Langkah ke-2: Setelah itu klik Kanan dan pilih Convert to Smart Object

Pilih Convert to Smart Object

Langkah ke-3: Maka objek yang saya contohkan (objek 1 & objek 3) sudah menjadi Smart Object

Berhasil Membuat Smart Object

2. Cara Mengedit Smart Object

Selain cara menggunakan Smart Object di Photoshop untuk menggabungkan layer, saya juga akan menjelaskan cara memisah atau mengedit Smart Object. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak tutorial dibawah ini.

Langkah ke-1: Kamu pilih Smart Object yang ingin di edit atau dipisah lalu klik Kanan

Cara Edit Smart Object

Langkah ke-2: Kemudian pilih Edit Contents

Edit Smart Object

Langkah ke-3: Jika muncul pemberitahuan tekan OK

Memisah Smart Object

Langkah ke-4: Setelah itu akan tampil lembar kerja baru terdiri dari beberapa layer yang kamu gabungkan dengan Smart Object

Smart Object Berhasil di Edit

Nah itu dia cara menggunakan Smart Object di Photoshop serta cara memisah sebuah Smart Object. Proses edit Smart Object menggunakan Edit Contents akan mengurangi kualitas objek karena berpindah lembar kerja. Bisa di copy kembali ke lembar kerja utama tetapi untuk menempatkan posisinya ke awal sedikit susah.

Supaya hasil edit Smart Object tetap bagus kamu bisa menggunakan script [KAM]+Expand+Smart Object. Untuk mendapatkan script tersebut kamu bisa langsung cek di Expading Smart Object. Kamu unduh script nya lalu gunakan lewat File>Scripts.

Cukup sekian pembahasan saya mengenai Smart Object di Photoshop dan cara edit atau mengembalikan layer dari Smart Object. Semoga bermanfaat dan kamu terbantu dengan tutorial kali ini. Ingin menyembunyikan kategori Instagram? kamu bisa baca artikel tentang cara menyembunyikan kategori di profil Instagram.