4 Penyebab Email Tidak Valid Saat Mendaftar Akun atau Mengirim Email

4 Penyebab Email Tidak Valid Saat Mendaftar Akun atau Mengirim Email

HiPoin.com – Kamu harus benar saat menginput alamat email supaya kejadian email tidak valid tidak kamu alami. Ini sering sekali terjadi saat ingin mengirimkan email bukan membalas suatu email. Karena tidak teliti kita bisa saja gagal atau salah kirim email ke orang yang salah.

Gagal mengirimkan email lebih baik daripada salah mengirimkan email ke alamat email orang lain. Karena jika isi dari email yang kamu kirimkan penting maka bisa saja timbul masalah yang tidak kamu inginkan sama sekali. Ada banyak sekali penyebab kenapa kita tidak bisa mengirimkan email.

Pada email gratisan yang paling sering terjadi yaitu email belum terdaftar, email tidak terdaftar, atau email sudah tidak terdaftar. Singkatnya alamat email belum aktif atau sudah tidak aktif dan tidak bisa menerima email baru.

Selain itu email salah juga sering terjadi. Ini faktor alamat email seseorang yang susah kita hafalkan. Selain susah panjangnya alamat email juga sering menyebabkan proses pengisian alamat email yang dituju menjadi salah.

Ada beberapa faktor dan penyebab kenapa email tidak valid saat kita ingin mengirimkan email atau mendaftar sebuah akun menggunakan email milik kita. Untuk tau lebih banyak tentang permasalahan ini kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Saya akan mengungkap kesalahan email tidak terdaftar, email yang salah atau kesalahan lainnya yang bisa menyebabkan tidak bisa mengirim email dan menggunakan suatu email. Sebelum lanjut kamu juga bisa baca artikel tentang cara melihat Google Kontak, mungkin saja kamu belum tahu caranya.

Penyebab Email Tidak Valid atau Email Salah

1. Alamat Email Salah

Kesalahan alamat email adalah salah satu penyebab paling utama saat email dinyatakan tidak valid. Jika kamu ingin mengirimkan email ke seseorang tetapi alamat email tidak sesuai ada 2 kemungkinan yang akan terjadi. Yang pertama proses pengiriman email tidak bisa dilakukan karena alamat email tersebut tidak terdaftar.

Dan yang kedua email yang kita kirimkan nyasar ke orang lain bukanlah orang yang kita tuju. Oleh sebab itu pastikan kamu selalu menginput email yang benar saat mengirimkan file atau berkas penting ke seseorang. Selain alamat email kamu juga perlu memperhatikan domainnya juga.

2. Email Belum atau Sudah Tidak Terdaftar

Seperti yang sudah saya katakan tadi salah satu penyebab email tidak valid yaitu karena belum terdaftar atau sudah tidak terdaftar. Untuk kasus belum terdaftar kemungkinan alamat email yang diberikan ke kamu atau alamat email yang kamu lihat salah.

Sedangkan kasus email sudah tidak terdaftar paling sering terjadi di Yahoo Mail. Karena semua email di Yahoo jika lebih dari 6 bulan tidak dibuka maka email akan otomatis dihapus. Setelah dihapus status email menjadi sudah tidak terdaftar.

3. Penggunaan “dot” dan “underscore”

Ini salah satu penyebab email tidak valid yang perlu kamu ketahui, yaitu penggunaan dot “.” dan underscore “_”. Bagi kamu yang tidak tau Gmail hanya menggunakan dot dan Yahoo Mail hanya menggunakan underscore. Sebagai contoh hipoin.test@gmail.com dan hipoin_test@yahoo.com.

Oleh karena itu jangan sampai kamu menginput email Gmail menggunakan underscore dan email Yahoo menggunakan dot, karena sudah dipastikan tidak akan valid. Untuk pengguna Gmail, jika alamat email sudah benar tetapi terbaca tidak valid kamu bisa menghilangkan penggunaan dot.

4. Domain Salah

Ini hanya berlaku untuk email premium atau email bisnis saja. Seperti yang kamu ketahui email bisnis pasti menggunakan domain sendiri dan tidak menggunakan alamat email gratisan. Kesalahan atau kekeliruan dalam input domain bisa menyebabkan email tidak valid.

Sebagai contoh alamat email dari blog ini yaitu kontak@hipoin.com. Tetapi kamu salah input menjadi kontak@hipoin.net maka email tersebut tidak akan terkirim ke saya atau ke pemilik hipoin.net. Kecuali hipoin.net memiliki alamat email dengan nama kontak@hipoin.net seperti kontak@hipoin.com.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan alamat email tidak terbaca, tidak valid, atau tidak terdeteksi. Kamu harus benar dalam menginput alamat email supaya permasalahan seperti ini tidak kamu alami di kemudian hari.

Tetapi jika kamu hanya membalas email kamu hanya perlu memastikan bahwa alamat email pengirim adalah alamat email orang terkait. Supaya kasus kejahatan menggunakan alamat email yang serupa tidak menimpa kamu, sedangkan masalah email tidak valid tidak akan kamu temui.

Semoga artikel ini membantu kamu, saya yakin kamu paham atas penjelasan yang sudah saya jelaskan diatas. Untuk cara cek aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Google saya sudah pernah membahasnya. Kamu bisa cek saja jika kamu penasaran tentang pembahasan tersebut.