Kelebihan Sistem COD (Cash On Delivery) Saat Belanja Online

Kelebihan Sistem COD (Cash On Delivery) Saat Belanja Online

HiPoin.com – COD atau Cash On Delivery adalah salah satu metode pembayaran favorit saat berbelanja online. Banyak kelebihan sistem COD yang hanya diketahui oleh beberapa orang, oleh karena itu kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan sistem Cash On Delivery.

Sebelum diterapkan menjadi salah satu metode pembayaran di beberapa marketplace ,Cash On Delivery atau COD sudah umum dilakukan saat bertransaksi di FJB online. Khususnya FJB lokal satu daerah yang memungkinkan penjual dan pembeli bertemu secara langsung dalam radius yang cukup kecil.

Perbedaan COD di FJB online khususnya barang bekas ialah pembeli bisa melihat barang terlebih dahulu dan mengeceknya. Sedangkan sistem pembayaran Cash On Delivery di marketplace pembeli harus membayar terlebih dahulu sebelum membuka paket yang mereka tunggu.

Kelebihan Cash On Delivery yang paling mencolok yaitu bisa berbelanja online tanpa memiliki rekening sekalipun. Selain bisa belanja online tanpa rekening pembeli juga tidak perlu membayar di tempat-tempat khusus seperti Alfamart, Indomaret atau Kantor Pos.

Tetapi tidak hanya itu saja, ada kelebihan sistem COD lainnya yang perlu kamu ketahui. Saya akan menjelaskan keuntungan COD pada kita para pembeli. Selain keuntungan atau kelebihan pasti ada juga yang namanya kekurangan.

Jika ada kekurangan sistem COD atau Cash On Delivery yang perlu kamu ketahui nantinya akan saya jelaskan juga. Namun sebelum lanjut kamu yang sering mengikuti Flash Sale harus baca artikel tentang tips menang saat mengikuti Flash Sale. Seperti namanya kamu harus cepat supaya tidak kehabisan stok produk.

Kekurangan dan Kelebihan Sistem COD atau Cash On Delivery

1.Belanja Online Tanpa Rekening

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi kelebihan Cash On Delivery yang paling utama yaitu bisa belanja online tanpa rekening dan tanpa keluar rumah sama sekali. Pembeli hanya harus menyiapkan uang dengan nominal yang sudah ditentukan dan tunggu paket datang.

Setelah kurir datang ke rumah pembeli hanya tinggal membayar paket tersebut seharga total pembayaran yang sudah ditentukan di aplikasi. Sayangnya tidak banyak marketplace yang menerapkan sistem COD dan setahu saya hanya Shopee, Lazada, dan JD.ID saja.

2. Belanja Online Tanpa Mengunakan Uang Yang ada di Rekening atau Tabungan

Tidak hanya digunakan oleh orang yang tidak memiliki rekening, sistem COD juga sering digunakan oleh orang yang memiliki beberapa rekening sekaligus. Kelebihan sistem COD yang satu ini memungkinkan kita berbelanja online tanpa mengurangi saldo yang ada di rekening atau tabungan.

Pembeli dapat menggunakan uang yang ada di rumah atau di dompet untuk membeli barang secara online. Ada beberapa alasan tertentu kenapa banyak orang enggan melakukan transfer bank dan memilih sistem COD walaupun mereka memiliki beberapa rekening sekaligus.

3. Harus Diterima Oleh Penerima Sendiri atau Keluarganya

Setelah membahas kelebihan sistem COD saya juga akan membahas kekurangan sistem COD yang cukup membuat repot pembeli. Karena produk atau barang belum dibayar maka saat menerima paket harus diterima oleh penerima atau keluarga dan tidak disarankan dititipkan ke tetangga.

Karena saat menerima paket, paket tersebut harus dibayar terlebih dahulu. Jika nominalnya murah hanya puluhan ribu mungkin bukan masalah besar. Tetapi jika sudah ratusan ribu hingga jutaan maka orang lain yang menerima akan enggan membayar paket tersebut.

Kamu harus standby di rumah jika kamu membeli barang secara online dengan metode pembayaran COD. Selain supaya bisa membayar paket tersebut secara langsung hal tersebut juga mencegah hal-hal yang tidak kamu inginkan supaya tidak terjadi.

Kekurangan dan kelebihan sistem COD bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri. Jika kamu cocok dengan sistem pembayaran tersebut kamu bisa menggunakan metode pembayaran ini jika pilihan Cash On Delivery ada.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang kelebihan sistem COD di online shop dan marketplace. Dan sebelum saya akhiri kamu perlu tau beberapa daftar status pengiriman SiCepat. Status pengiriman menunjukan keberadaan paket kamu apakah sudah dalam perjalanan atau berada di gudang.