4 Cara Mengatasi Sistem & Aplikasi Tidak Menanggapi di Ponsel Android

Cara Mengatasi Sistem & Aplikasi Tidak Menanggapi di Ponsel Android

HiPoin.com – Aplikasi tidak menanggapi terjadi jika RAM pada ponsel kita sudah sangat sesak. Kasus seperti ini sering terjadi jika ponsel pintar yang kita gunakan hanya memiliki kapasitas RAM yang tidak terlalu banyak, alias sedikit. Walaupun begitu faktor pengguna juga salah satu faktor yang paling menentukan.

Walaupun RAM yang dimiliki pada ponsel Android tidak terlalu besar, jika pengguna hanya menginstal beberapa aplikasi saja maka kasus aplikasi tidak menanggapi dan kasus sistem tidak menanggapi tidak akan terjadi. Kejadian serupa sebaliknya juga bisa saja terjadi.

Misalnya kamu memiliki ponsel Android dengan RAM 6 GB dan kamu menginstal aplikasi-aplikasi yang berat baik game atau aplikasi biasa dan menjalankannya secara bersamaan. Jika ponsel kamu kuat maka aplikasi yang akan kalah sehingga muncul peringatan aplikasi tidak menanggapi.

Namun jika ponsel kamu tidak kuat, maka peringatan yang akan muncul ialah sistem tidak menanggapi bukanlah aplikasi. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan supaya kasus seperti itu tidak terjadi lagi. Karena sudah banyak orang yang bertanya bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi serta apa solusi jika proses sistem tidak menanggapi pada ponsel Android.

Supaya hal tersebut tidak kamu alami lagi, kamu bisa mencoba beberapa tips dari saya dibawah ini. Tips ini mungkin akan sangat membantu kamu supaya peringatan aplikasi tidak menanggapi atau proses sistem tidak menanggapi tidak muncul lagi di sela-sela kamu menggunakan ponsel.

Spesifikasi ponsel juga sangat berpengaruh pada kinerjanya. Sebagai contoh ponsel Android Nokia mungkin akan lebih bagus karena menggunakan Pure Android yang membuatnya lebih ringan. Berbeda dengan ponsel Xiaomi walaupun kita bisa merubah font dan tema berkat MIUI, namun itu membuat kinerja ponsel menjadi sedikit lebih berat.

Cara Mengatasi Peringatan Tidak Menanggapi di Android

1. Tutup Aplikasi Yang Tidak Kamu Gunakan

Supaya kinerja sistem tidak terlalu berat, sangat saya sarankan kamu menutup aplikasi-aplikasi yang tidak kamu gunakan supaya RAM tidak terlalu penuh. Berapapun kapasitas RAM pada ponsel kamu, menutup aplikasi yang tidak digunakan adalah tindakan yang tepat karena juga bisa menghemat daya tahan baterai dan dapat menghemat kuota internet supaya tidak boros.

Jika dirasa dengan menutup aplikasi di Recent Apps tidak terlalu berpengaruh, kamu bisa langsung menghentikan paksa aplikasi tersebut lewat Pengaturan. Caranya cukup buka menu Pengaturan>Aplikasi>Aplikasi Terunduh>Pilih Aplikasi>Hentikan Paksa Aplikasi.

2. Jangan Instal dan Gunakan Aplikasi Yang Tidak Diperuntukan Untuk Ponsel Kamu

Contoh mudahnya jika spesifikasi ponsel Android kamu tidak terlalu tinggi maka kamu tidak usah mencoba untuk menginstal dan memainkan game-game berat dengan kualitas HD. Karena sudah jelas bahwa aplikasi tersebut tidak bisa dimainkan di ponsel Android kamu.

Jika tetap dipaksa maka aplikasi tetap akan tidak bisa dibuka sehingga akan muncul peringatan bahwa aplikasi tersebut tidak menanggapi. Kasus ini paling sering terjadi karena banyak yang ingin mencoba game-game bagus, tapi tidak sadar bahwa ponsel mereka spesifikasinya tidak mumpuni.

3. Selalu Hapus Cache Perangkat

Cara sederhana yang selalu diabaikan oleh pengguna ponsel pintar Android. Setiap aplikasi berjalan pasti cache-cache yang diperoleh oleh tiap masing-masing aplikasi pasti akan terus bertambah. Walaupun memang tidak terlalu berpengaruh namun terkadang bisa menyebabkan ruang penyimpanan penuh sendiri serta bisa juga membuat sistem tidak menanggapi.

Banyak cara untuk menghapus sampah dan cache yang ada. Apalagi kini di perangkat Android tiap brand masing-masing sudah menyematkan aplikasi pembersih sampah andalan mereka. Jika ingin menghapus dengan aplikasi pihak ketiga, kamu bisa menggunakan aplikasi Clean Master atau CCleaner.

4. Rutin Reboot Perangkat Kita

Cara terakhir yang tidak kalah penting yaitu reboot atau restart lah perangkat Android kamu minimal 1 bulan sekali. Kebanyakan perangkat Android yang lemot dalam multitasking adalah perangkat yang tidak pernah dimatikan dan di reboot sama sekali selama berbulan-bulan.

Seperti halnya Komputer dan Laptop, melakukan restart di beberapa kesempatan bisa membuat kinerja perangkat menjadi lebih optimal serta membuat beberapa proses kerja sistem menjadi berjalan dengan normal. Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus benar-benar memperhatikan semua perangkat elektronik yang kamu gunakan setiap harinya.

Setelah kamu membaca artikel diatas dan kamu terapkan dengan benar maka masalah seperti aplikasi dan sistem tidak menanggapi tidak akan muncul lagi. Setahu saya untuk sekarang ini sistem Android sangat kuat dan sangat baik dalam menjalankan aplikasi.

Jika aplikasi tidak berjalan dengan lancar, maka hanya aplikasi tersebut yang akan bermasalah dan tidak akan mempengaruhi kinerja perangkat untuk aplikasi yang lainnya. Namun tidak jarang juga ada kasus UI atau antar muka sistem tidak menanggapi karena aplikasi yang berjalan banyak dan begitu berat.

Sekelas Windows pun juga sering mengalami hal yang serupa. Jika kamu memiliki Laptop atau Komputer dengan spesifikasi yang pas-pasan dan membuka beberapa aplikasi yang berat, kemungkinan muncul no responding cukup besar tidak seperti pada perangkat PC yang memiliki spesifikasi yang tinggi.