3 Mode Penghemat Daya Samsung Untuk Membuat Daya Tahan Baterai Menjadi Lebih Lama

3 Mode Penghemat Daya Samsung Untuk Membuat Daya Tahan Baterai Menjadi Lebih Lama

HiPoin.com – Samsung adalah salah satu vendor Smartphone yang memiliki berbagai fitur menarik pada ponsel Android yang mereka buat. Seperti salah satu fitur yang wajib ada di ponsel pintar yaitu penghemat daya Samsung, yang umumnya di ponsel merk lainnya hanya ada 2 pilihan di Samsung ada 4 pilihan mode.

Ini bisa memudahkan pengguna memilih pilihan mode sesuai kebutuhan mereka. Mulai dari mode Dioptimalkan, Hemat daya medium, Hemat daya maksimum, dan Hemat daya adaptif. Jika kamu pengguna ponsel pintar dari Samsung kamu akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan mode hemat daya ini.

Penghemat daya Samsung adalah salah satu penghemat daya tahan baterai terbaik yang ada. Tidak hanya sekedar embel-embel hemat daya atau hemat baterai, jika fitur ini di aktifkan maka daya tahan baterai pada ponsel Samsung akan sesuai dengan pilihan mode yang di aktifkan.

Mode Dioptimalkan dan Hemat daya adaptif adalah salah satu mode paling bagus yang bisa digunakan pada penghemat daya Samsung. Sedangkan untuk Hemat daya medium dan Hemat daya maksimum bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengaktifkan mode hemat daya Samsung dan menonaktifkan hemat daya Samsung pun sangat simple sekali. Bisa lewat menu panel notifikasi atau juga bisa lewat Pengaturan. Seperti yang saya katakan tadi ada 4 mode penghemat daya Samsung yang bisa di aktifkan.

Yaitu Dioptimalkan, Hemat daya medium, Hemat daya maksimum, dan Hemat daya adaptif. Namun kamu tau tidak masing-masing mode tadi kegunaannya apa, fungsi, dan perbedaan antara mode yang satu dengan pilihan mode penghemat daya yang lainnya.

Yang pasti antara Hemat daya adaptif, Hemat daya maksimum, Hemat daya minimum, dan Dioptimalkan memiliki kelebihan dan kekurangan jika di aktifkan. Maka dari itu, kali ini saya akan menjelaskan perbedaan antara 4 mode penghemat daya milik Samsung tadi.

Jika kamu juga ingin menghemat kuota internet, kamu juga bisa menghematnya dengan menggunakan ponsel Android dari Samsung. Dengan mode Ultra Data Save kamu bisa menghemat kuota internet dengan menggunakan ponsel Samsung secara mudah tanpa aplikasi pihak ketiga.

Mode Dioptimalkan

Mode Dioptimalkan pada penghemat daya Samsung memiliki kinerja yang paling baik karena kinerja CPU di ponsel pada posisi paling optimal dan sangat direkomendasikan untuk di aktifkan saat ingin bermain game atau saat multitasking banyak aplikasi.

Walaupun masuk dalam menu penghemat daya, namun sejatinya mode ini tidak menghemat daya tahan baterai sama sekali. Mode ini membuat kinerja ponsel menjadi lebih maksimal dan lebih optimal untuk digunakan supaya mencegah lag saat digunakan atau saat multitasking.

Maka dari itu, jika kamu ingin merasakan kinerja pada ponsel Samsung secara maksimal, maka pilihlah mode Dioptimalkan bukan mode Hemat daya maksimal. Kekurangan mode ini sudah jelas terlihat, daya tahan baterai tidak akan bertahan dengan lama.

Mode Hemat Daya Medium

Mode penghemat daya yang satu ini adalah mode yang rata-rata digunakan pada ponsel Android sekarang yang hanya memiliki 2 pilihan mode yaitu antara aktif dan tidak aktif. Hemat daya medium akan membuat daya tahan baterai lebih lama saat ponsel tidak digunakan.

Cara kerja Hemat daya medium yaitu mematikan data seluler saat layar ponsel mati atau dalam kondisi stand-by. Di beberapa kasus, selain mematikan data seluler mode ini juga bisa menutup aplikasi secara paksa jika dirasa aplikasi tersebut menggunakan daya baterai terlalu banyak.

Kelebihan mode penghemat daya Samsung yang satu ini jelas daya tahan baterai akan lebih lama dari pada mode Dioptimalkan. Selain itu semua aplikasi tetap akan berjalan dengan baik jika kita operasikan walaupun sistem tetap berusaha untuk menghemat daya tahan baterai pada perangkat.

Untuk kekurangan penghemat daya Samsung yang juga di rasakan pada ponsel dari brand lainnya yaitu kinerja aplikasi tidak bekerja secara maksimal jika kondisi layar mati karena data seluler tidak aktif. Efeknya jika ada notifikasi dari aplikasi media sosial atau dari aplikasi chatting maka tidak akan masuk.

Selain itu penghemat daya Samsung yang satu ini dan mode penghemat daya seterusnya tidak cocok di aktifkan jika sedang mengunduh file dengan ukuran besar. Karena kasus proses unduhan berhenti dan tidak mau berjalan kemungkinan bisa saja terjadi karena data seluler akan mati jika layar juga mati.

Mode Hemat Daya Maksimum

Mode ini terbilang cukup anti mainstream. Hemat daya maksimal membuat ponsel Android kamu tidak seperti layaknya ponsel pintar atau Smartphone. Di mode penghemat daya Samsung ke tiga ini membuat beberapa fitur di ponsel pintar tidak akan bisa digunakan.

Mode ini sangat efektif untuk menghemat daya tahan baterai jika memang kita membutuhkan daya tahan baterai tersebut. Namun fitur wajib pada sebuah ponsel tetap bisa digunakan seperti SMS dan Telepon, namun tidak menjadi ponsel pintar saat mode ini diaktifkan.

Mode Hemat Daya Adaptif

Mode hemat daya yang satu ini adalah mode yang sangat saya sarankan untuk digunakan setiap hari. Mode penghemat daya Samsung yang terakhir dapat mempelajari kebiasaan kita dalam menggunakan aplikasi setiap harinya. Mulai dari aplikasi yang paling sering digunakan sampai aplikasi yang paling lama digunakan setiap harinya.

Jika kamu mengaktifkan mode Hemat daya adaptif kamu tetap bisa merasakan kinerja ponsel yang semestinya namun juga mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama. Tidak seperti Hemat daya medium yang akan mematikan data seluler saat dalam kondisi stand-by, Hemat daya adaptif akan menghentikan kinerja aplikasi yang terdeteksi jarang digunakan.

Maka aplikasi seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp jika mode ini diaktifkan kamu tetap akan mendapatkan notifikasi masuk bahkan dalam kondisi layar mati. Dan aplikasi yang tidak digunakan akan dihentikan oleh sistem untuk menghemat daya tahan baterai.

Dari keempat penghemat daya Samsung yang ada, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang patut kamu ketahui. Kenapa kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya? Supaya kamu dapat memilih mode yang benar saat memang membutuhkannya.

Karena mode Dioptimalkan, Hemat daya medium, Hemat daya maksimum, dan Hemat daya adaptif akan sangat berguna dan membantu jika penggunaannya sesuai dengan kelebihan masing-masing mode. Jangan sampai kamu membutuhkan komunikasi lewat sosial media namun kamu memilih Hemat daya maksimum.

Karena penghemat daya Samsung banyak dan rata-rata ponsel pintar sekarang memiliki kapasitas mAh yang besar, Hemat daya adaptif adalah mode yang paling tepat. Dengan mode tersebut kamu dapat mengoperasikan ponsel dengan lancar namun daya tahan baterai tetap terjaga.