Cara Dasar Menghidupkan Komputer Bagi Pemula

Cara Dasar Menghidupkan Komputer Bagi Pemula

HiPoin.com – Komputer atau PC (Personal Computer) masih menjadi perangkat populer yang dibutuhkan oleh beberapa kalangan. Walaupun kamu tidak mempunyai perangkat elektronik ini, pasti kamu pernah menghidupkan Komputer minimal satu kali, sebagai contoh di Warnet.

Kenapa saya bilang hanya sebagian orang saja yang lebih suka menggunakan PC atau Komputer? Seperti yang kita tau penggunaan Laptop, Notebook, atau Netbook lebih praktis dari pada Komputer. Fungsinya juga sama dengan Komputer, karena itulah Komputer hanya digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu saja.

Dari proses menyalakan Komputer dan menyalakan Laptop pun berbeda, Komputer membutuhkan daya yang sangat banyak. Selain itu ruang yang digunakan untuk meletakkan Komputer tidaklah sempit, alias membutuhkan ruangan yang cukup luas.

Dan alasan utama Komputer tidak bisa menjadi perangkat utama di era modern yaitu karena tidak bisa dibawa kemana-mana layaknya Laptop. Sebuah Laptop bisa memiliki spesifikasi sama persis dengan sebuah Komputer, namun dengan biasa yang lebih mahal.

Bagi kamu yang baru memiliki Komputer, kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghidupkan Komputer bagi pemula. Mengaktifkan Komputer bisa kamu lakukan jika ingin menggunakannya, baik untuk bermain game, browsing di internet atau untuk bekerja.

Ada beberapa prosedur yang harus kamu perhatikan sebelum menyalakan Komputer, tidak seperti menyalakan Laptop atau Notebook yang hanya dengan menekan tombol power saja. Karena cukup ribet, termasuk saya dan orang lain lebih memilih menggunakan Laptop dari pada Personal Computer.

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai prosedur atau langkah menyalakan Komputer bagi pemula, kamu perlu tau cara menandai file di perangkat Windows. Cara ini wajib kamu ketahui supaya proses copy, paste, dan delete tidak memakan waktu yang lama.

Langkah Menghidupkan Komputer Dari Awal Sampai Akhir

1. Pastikan Perangkat Yang Dibutuhkan Sudah Terhubung Semua

Pastikan Semua Komponen Terhubung Sebelum Menyalakan Komputer

Sebelum kamu menyalakan Komputer pastikan Monitor, Mouse, dan Keyboard sudah terhubung ke CPU yaitu otak dari sebuah Komputer. Selain ketiga perangkat pendukung tadi, beberapa orang juga menambahkan Speaker untuk menambah suasana.

Cara ini sebenarnya tidak perlu kamu lakukan. Misalnya jika kamu menggunakan Komputer di Warnet, semua komponen pasti sudah terhubung dan tinggal digunakan saja. Selain itu jika kamu membeli Komputer baru pasti pihak penjual sudah menghubungkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan supaya Komputer bisa langsung digunakan, kecuali kamu merakit PC sendiri.

2. Hubungkan ke Stop Kontak

Hubungkan ke Stop Kontak

Proses menghidupkan Komputer yang satu ini hanya berlaku untuk sebagian orang. Karena kebanyakan orang mementingkan keselamatan dan kehematan daya, maka mereka selalu memutus aliran listrik yang terhubung ke Komputer jika Komputer sudah selesai digunakan.

Sayangnya masih banyak pengguna yang tidak menerapkan cara ini. Khususnya bagi mereka yang memiliki penghasilan lebih dengan spesifikasi Komputer yang sangat mumpuni. Tetapi umumnya aliran yang terhubung ke Komputer selalu diputus setelah Komputer atau PC selesai digunakan.

3. Menyalakan Monitor

Nyalakan Monitor

Sebelum kamu menghidupkan Komputer atau mengaktifkan Komputer, kamu harus menyalakan Monitor atau layar terlebih dahulu. Jika tidak dihidupkan maka tidak akan tampil apa-apa walaupun Komputer sudah menyala. Sebenarnya bisa saja menghidupkan Komputer sebelum Monitor, tetapi lebih baik menghidupkan Monitor terlebih dahulu.

4. Hidupkan Komputer

Menekan Tombol Power di CPU

Untuk menghidupkan Komputer kamu bisa menekan tombol power yang ada di CPU. Tombol power di CPU biasanya memiliki ukuran yang besar, sedangkan tombol yang kecil bukanlah tombol power tetapi tombol untuk restart Komputer.

Tunggu sampai tampilan Monitor berada di layar utama. Proses booting memakan waktu 40 detik sampai 60 detik jika menggunakan HDD, jika menggunakan SSD bisa lebih cepat. Setelah berada di layar utama, tunggu minimal 20 detik sebelum membuka program atau aplikasi supaya sistem bekerja secara normal terlebih dahulu.

5. Komputer Siap Dioperasikan

Komputer Siap di Gunakan

Selanjutnya kamu sudah bisa mengoperasikan Komputer dengan sesuka hati. Jika kamu membutuhkan koneksi internet, ada 3 pilihan konektivitas yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan Modem, Ethernet, atau Wifi. Setelah terhubung ke jaringan internet, kamu sudah bisa browsing lewat Komputer yang kamu gunakan.

Sangat mudah bukan untuk menyalakan Komputer, saya yakin kamu bisa. Untuk proses menghidupkan Komputer yang sudah dirakit dan siap pakai memang sangat mudah, beda kasus jika kita harus menghubungkan Monitor, Mouse, dan Keyboard ke CPU terlebih dahulu, proses ini cukup sulit dilakukan oleh pemula.

Selain itu untuk mematikan Komputer tidak asal Shut Down . Kamu perlu melakukan beberapa hal penting supaya Komputer yang kamu gunakan awet dan tidak cepat rusak. Dan untuk pembahasan cara mematikan Komputer yang benar, akan saya bahas di artikel cara Shut Down Komputer secara benar.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kamu yang baru saja memiliki Komputer. Jika kamu membutuhkan Komputer untuk kebutuhan dirumah saja dalam waktu yang relatif lama, kamu tidak salah membeli Komputer. Tetapi bagi kamu yang mahasiswa atau pekerja kantoran lebih baik menggunakan Laptop yang dapat dibawa-bawa.