Prosedur Mematikan Komputer Yang Benar Supaya Tidak Cepat Rusak

Prosedur Mematikan Komputer Yang Benar Supaya Tidak Cepat Rusak

HiPoin.com – Setelah kamu menggunakan Komputer, kamu harus mematikan Komputer karena Komputer harus di matikan jika tidak digunakan. Laptop juga seperti itu, jika Laptop tidak digunakan kamu wajib mematikan Laptop yang kamu miliki.

Komputer dan Laptop berbeda dengan Ponsel atau Tablet. Tablet dan Ponsel tidak perlu dimatikan jika tidak digunakan, yang penting layar ponsel dan tablet tidak aktif atau menyala. Oleh sebab itu waktu tidur pada ponsel dan tablet tidak boleh lebih dari 3 menit untuk menghemat daya baterai.

Proses shut down Komputer sama seperti proses shut down Laptop. Hanya saja setelah menekan tombol Shut Down, Laptop akan langsung mati dan kamu bisa menutup Laptop yang kamu miliki. Berbeda dengan Komputer, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan lagi.

Kamu bisa mematikan Laptop atau Komputer dengan 3 cara. Yang pertama menggunakan metode fitur Shut Down di tombol Power pada menu Start. Yang kedua kamu bisa mematikan Komputer dengan keyboard. Dan yang terakhir kamu bisa melakukan proses shut down lewat CMD (Command Prompt).

Saya kali ini tidak akan menjelaskan masing-masing metode tadi. Tetapi yang akan saya bahas yaitu langkah-langkah dan prosedur mematikan perangkat Komputer dari awal sampai akhir dengan benar. Karena mematikan perangkat Windows seperti Komputer tidak boleh asal-asalan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung baca saja penjelasan saya tentang cara mematikan atau cara shut down Komputer secara benar. Selain itu kamu juga perlu membaca cara menghidupkan Komputer yang benar seperti apa.

Prosedur Mematikan Komputer Dengan Benar

1. Tutup Semua Aplikasi dan Program

Langkah Mematikan Komputer

Sebelum melakukan shut down penting sekali untuk menutup semua aplikasi dan program yang sedang berjalan. Bagi pemula, pasti akan langsung menekan tombol Shut Down tanpa menutup semua aplikasi yang berjalan.

Misalnya kita lupa menutup beberapa aplikasi, sistem akan memperingatkan masih ada aplikasi yang berjalan. Ada 2 pilihan yang bisa kita pilih. Yang pertama tutup aplikasi dan lanjutkan proses shut down. Dan yang kedua yaitu batalkan proses shut down.

Walaupun jika kamu lupa menutup aplikasi atau program Komputer tidak akan langsung mati, lebih baik sebelum mematikan Komputer kamu menutup semua program dan aplikasi yang sedang berjalan. Selain itu jika saat shut down masih ada aplikasi yang berjalan, proses ini akan memakan waktu yang lebih lama dari biasanya.

2. Matikan Komputer

Tekan Tombol Power di CPU

Setelah kamu menutup semua aplikasi yang berjalan, kamu sudah bisa melakukan shut down pada Komputer yang kamu gunakan. Baik dengan memilih tombol Shut Down, menggunakan kombinasi keyboard, menggunakan CMD, atau dengan menekan tombol power di CPU.

Langkah berikutnya setelah Komputer mati, kamu masih harus melakukan beberapa cara berikutnya supaya Komputer yang kamu gunakan benar-benar mati atau tidak ada aliran listrik yang terhubung. Sedangkan pada Laptop, pada langkah ini Laptop sudah benar-benar mati.

3. Matikan Monitor

Matikan Layar monitor

Setelah mematikan Komputer yang mati adalah komponen otak Komputer seperti Prosesor, RAM, dan Kipas pada Komputer. Karena monitor memiliki tombol Power yang terpisah, kamu harus mematikan monitor juga walaupun monitor tidak menampilkan apa-apa.

4. Cabut Stop Kontak

Cabut Steker Dari Stop Kontak

Terakhir supaya lebih aman, lepaskan steker yang terhubung ke stop kontak supaya benar-benar tidak ada aliran listrik yang menuju ke komponen Komputer. Cara ini tidak wajib kamu lakukan, khususnya bagi kamu yang setiap hari menggunakan Komputer untuk bekerja dirumah karena hanya akan membuat ribet saja.

Nah itu dia langkah-langkah mematikan Komputer secara benar. Bagi kamu yang pemula, kamu harus tau cara ini supaya Komputer yang kamu gunakan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain bisa merusak hardware, mematikan Komputer secara asal-asalan juga bisa merusak software dari sistem Komputer itu sendiri.

Efeknya Komputer yang kamu miliki bisa saja tidak bisa melakukan proses shut down, padahal sudah dimatikan. Kemungkinan terjadi blue screen atau locking juga bisa terjadi. Oleh sebab itu matikan perangkat Komputer yang kamu gunakan secara benar.

Intinya untuk mematikan langkah-langkah yang harus dilakukan harus urut. Mulai dari menutup aplikasi, melakukan shut down, mematikan monitor, dan melepas steker dari stop kontak. Jangan pernah kamu mencabut steker dari stop kontak pada kondisi Komputer masih menyala.