Cara Sinkron Kontak Google Supaya Tersimpan dan Tampil di Daftar Kontak

Cara Sinkron Kontak Google Supaya Tersimpan dan Tampil di Daftar Kontak

HiPoin.com – Bagi kamu yang menyimpan daftar kontak di akun Google bukan di memori telepon atau di SIM Card kamu wajib melakukan sinkron kontak Google supaya kontak tersebut benar-benar tersimpan di akun Google yang kamu miliki.

Jangan sampai setelah kamu ganti HP kontak tadi tidak tersimpan di akun Google yang kamu miliki. Misalnya kamu ingin ekspor kontak dari Google tetapi ternyata di Google Kontak tidak ada satupun daftar kontak yang sebelumnya sudah kamu simpan.

Hal tersebut bisa saja terjadi jika kamu menonaktifkan sinkronisasi otomatis. Singkatnya setelah kamu menambahkan kontak baru, kontak tidak tersimpan di akun Google karena belum tersinkron. Oleh karena itu kamu harus melakukan sinkronisasi secara manual.

Jika kontak memang tersimpan di Google Kontak kamu tidak usah mengambil kontak dari akun Google karena akan muncul dengan sendirinya di Kontak Telepon. Proses sinkron kontak Google akan otomatis berjalan jika pengaturan tersebut belum di nonaktifkan.

Cukup berbeda dengan menyimpan kontak di kartu SIM. Keunggulan menyimpan daftar kontak atau nomor di akun Google ialah kita bisa melihat kontak tersebut kapan saja, dimana saja, di perangkat apa saja yang terpenting bisa login ke akun Google tadi.

Bagaimana cara menyimpan kontak di akun Google secara benar? Kamu bisa baca tutorial dibawah ini supaya kontak yang kamu simpan di akun Google tersimpan dengan benar. Dan bagi kamu yang mengalami email gagal dikirimkan, kamu bisa baca penyebab email gagal terkirim.

Cara Sinkron Kontak Google Supaya Tersimpan

Langkah ke-1: Setelah kamu berhasil menyimpan kontak di Google lewat Kontak Telepon, silakan kamu buka Pengaturan lalu pilih Akun

Langkah Pertama Untuk Sinkron Kontak Google

Langkah ke-2: Selanjutnya kamu pilih akun Google yang kamu gunakan untuk menyimpan daftar kontak tadi

Pilih Akun Google

Langkah ke-3: Kemudian pilih Sinkronisasi akun

Sinkronisasi Akun Google

Langkah ke-4: Terakhir silakan kamu Sinkronisasi Kontak

Terakhir Sinkron Kontak di Google

Setelah kamu melakukan sinkronisasi kontak maka kontak yang kamu buat tadi sudah tersinkron ke Google Kontak. Untuk mengeceknya kamu bisa lihat langsung di Google Kontak lalu kamu cari kontak yang baru kamu tambahkan ada atau tidak.

Setelah kamu melakukan sinkron kontak Google kamu bisa melihat semua kontak yang sudah kamu save atau simpan dengan aman di perangkat Android lainnya. Intinya jika kontak sudah tersimpan dan muncul di Google Kontak maka kontak tersebut tidak akan hilang kecuali kamu hapus dari Google Kontak.