Cara Mengaktifkan Assistive Touch di iPhone

Cara Mengaktifkan Assistive Touch di iPhone

HiPoin.com – AssistiveTouch adalah salah satu fitur menarik yang ada di perangkat iPhone. Pengguna iPhone dapat mengaktifkan Assistive Touch supaya mengoperasikan perangkat iPhone menjadi lebih mudah. Walau kini sudah jarang digunakan tetapi Assistive Touch sangat berperan penting sebelum era iPhone 8.

Karena sebelum era iPhone 8 tombol home iPhone menggunakan tombol yang menyatu dengan sensor fingerprint seperti Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S7. Artinya semakin sering tombol home di tekan maka kemungkinan rusak semakin besar.

Untuk mengakali hal tersebut pengguna iPhone seperti iPhone 7 dan iPhone 6 lebih memilih mengaktifkan Assistive Touch yang memiliki pilihan home di salah satu menunya. Mudahnya untuk bisa beralih ke layar utama pengguna hanya perlu menampilkan Assistive Touch dan menekan Home.

Bagi kamu yang dulu pernah menggunakan perangkat Blackberry pasti memiliki masalah yang sama. Karena sering ditekan trackpad jadi cepat rusak dan pengguna menggunakan tombol Enter sebagai gantinya. Jika kamu baru memiliki iPhone yang notabenenya menggunakan sistem operasi iOS, apa tau cara mengaktifkan fitur Assistive Touch?

Assistive Touch tidak muncul bukan karena tidak ada tetapi karena belum di aktifkan. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menampilkan Assistive Touch supaya muncul dan dapat digunakan. Khususnya pengguna iPhone 7 kebawah kamu wajib mengaktifkan fitur ini.

Namun sebelum lanjut ke tutorialnya kamu harus tau perbedaan antara iPad dan iPhone. iPhone dan iPad diperuntukan untuk hal yang berbeda oleh karena itu tidak bisa disamakan. Kamu bisa membeli keduanya jika kamu membutuhkan dan mampu membelinya.

Cara Mengaktifkan Assistive Touch di iOS

Langkah ke-1: Silakan kamu buka Pengaturan lalu pilih menu Aksesibilitas

Mengaktifkan Assistive Touch iPhone

Langkah ke-2: Setelah berada di menu Aksesibilitas silakan kamu pilih Sentuh

Menu Aksesibilitas iPhone

Langkah ke-3: Selanjutnya silakan kamu pilih AssistiveTouch

AssistiveTouch iPhone

Langkah ke-4: Terakhir pastikan AssistiveTouch menyala dan atur tombol-tombol yang ada di menu Assistive Touch

AssistiveTouch iPhone Aktif

Itu dia cara mengaktifkan Assistive Touch di iPhone. Apapun jenis iPhone kamu kemungkinan caranya hampir sama walaupun versi iOS yang ada di iPhone yang kamu miliki bukan versi iOS Terbaru. Selain itu AssistiveTouch di iPhone X keatas memiliki bentuk lingkaran.

Sedangkan pada iPhone 8 dan iPhone SE 2020 kebawah memiliki bentuk kotak. Bentuk dari AssistiveTouch tidak bisa kamu ubah dari kotak ke lingkaran atau dari lingkaran ke kotak. Karena bentuk tidak mempengaruhi kinerja dan fungsi.

Cukup sekian penjelasan dari saya semoga kamu yang awalnya bingung kenapa Assistive Touch tidak muncul bisa terbantu. Sebelum saya akhiri kamu perlu tau cara merawat charger supaya tidak cepat rusak. Karena charger iPhone mahal kamu harus merawatnya dengan benar.