Cara Mengaktifkan Dolby Atmos, Gampang Banget

Cara Mengaktifkan Dolby Atmos, Gampang Banget

HiPoin.com – Mengaktifkan Dolby Atmos bisa kamu lakukan jika perangkat kamu memang mendukungnya. Dengan begitu sensasi mendengarkan lagu dan musik akan lebih menarik lagi karena Dolby Atmos memang spesialis audio.

Sayangnya fitur semacam Dolby Atmos dan Snapdragon Audio+ hanya bisa diaktifkan saat perangkat terhubung dengan headset atau headphone. Wajar saja karena jika didengar begitu saja efeknya kurang terdengar di telinga.

Tetapi saya berharap kedepannya baik Snapdragon Audio+ atau Dolby Atmos bisa diaktifkan tanpa menghubungkan alat pendengar seperti headset. Dolby Atmos sebenarnya bukan fitur eksklusif, karena di beberapa smartphone Android entry-level fitur ini mudah ditemukan.

Yang saya ketahui untuk fitur bawaan Dolby Atmos, settingan Dolby Atmos termasuk biasa saja. Seperti pada Samsung Galaxy A02s, pengguna hanya bisa memilih jenis kontennya saja seperti Otomatis, Film, Musik, atau Suara.

Berbeda dengan Snapdragron Audio+ yang pernah saya gunakan di perangkat Smartfren Andromax A terdapat pilihan aliran musik seperti Pop, Jazz, Rock, Elektronik, dll serta pengguna bisa meningkatkan Bass dan Surround.

Karena Dolby Atmos yang lebih populer dan saya memiliki perangkat yang mendukungnya jadi kali ini saya akan menjelaskan cara mengaktifkan fitur Dolby Atmos pada perangkat yang mendukung.

Misalnya Dolby Atmos tidak bisa aktif itu terjadi dikarenakan hanya bisa aktif jika terhubung ke perangkat seperti earphone dan headset. Sebelum lanjut kamu bisa baca cara menonaktifkan Alarm di perangkat Android supaya tidak berbunyi lagi.

Cara Mengaktifkan Dolby Atmos, Fitur Efek dan Equalizer Musik

Langkah ke-1: Kamu cek terlebih dahulu di pusat kontrol atau kontrol cepat apakah ada Dolby Atmos atau tidak. Jika tidak ada berarti tidak mendukung dan kamu tidak perlu melanjutkan membaca artikel ini

Mengaktifkan Dolby Atmos

Langkah ke-2: Untuk bisa mengaktifkannya kamu harus terhubung ke headset atau earphone atau aksesoris sejenis lainnya terlebih dahulu

Dolby Atmos di Android

Langkah ke-3: Setelah aktif kamu bisa memilih efek yang sesuai

Dolby Atmos Menyala

Langkah ke-4: Pilih dan sesuaikan efek yang sesuai

Efek Dolby Atmos

Misalnya perangkat kamu tidak mendukung Dolby Atmos dan Snapdragon Audio+ kamu masih bisa menggunakan aplikasi pemutar musik pihak ketiga untuk mendapatkan akses menu Equalizer seperti aplikasi Poweramp, jetAudio, dan masih banyak yang lainnya.

Jika kamu suka mendengar musik secara langsung supaya lebih terasa memang wajib menggunakan speaker eksternal walaupun mini. Karena speaker HP kurang kuat dan kencang serta bass nya sudah jelas sangat biasa saja.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang cara mengaktifkan Dolby Atmos semoga bermanfaat untuk kamu semua. Sering mendengarkan musik lewat YouTube? kamu bisa mengulang video yang ada di YouTube layaknya mengulang musik dan lagu.