Cara Menghapus File di Google Drive Secara Benar Supaya Terhapus Sempurna

Cara Menghapus File di Google Drive Secara Benar Supaya Terhapus Sempurna

HiPoin.com – Menghapus file di Google Drive yang kita miliki wajib kita lakukan setiap saat supaya ruang yang tersedia selalu ada dan tidak penuh. Terkadang karena file di Google Drive terlalu banyak sampai kita tidak sadar bahwa sisa penyimpanan pada akun kita sudah sangat sedikit.

Kita bisa menghapus kapan saya file di Google Drive yang kita miliki untuk memastikan bahwa hanya file dan data penting saja yang kita unggah dan simpan. Jika data di Google Drive adalah data yang tidak penting, saran saya untuk dihapus secara permanen saja.

Kamu mungkin tidak akan merasakan efek nya dalam waktu dekat, namun menghapus data di Google Drive yang masuk dalam kategori tidak penting sangat di anjurkan supaya jika kamu ingin mengupload dan menyimpan sesuatu tidak terganggu karena ruang penyimpanan Google Drive yang sudah penuh.

Jika kamu salah satu orang yang suka kerapian, kamu bisa merubah nama folder di Google Drive berdasarkan jenis atau tingkat kepentingan data yang ada. Singkatnya jika ingin menghapus sebuah file secara terburu-buru, kamu tau mana kategori file yang penting dan yang tidak.

Data di Google Drive saya pun tidak terlalu penting, hanya saja jika saya simpan di Memori Telepon, SD Card, atau Flashdisk bisa saja hilang. Maka dari itu saya simpan file dan data tadi ke akun Google Drive. Saya sendiri juga sering menghapus file di Google Drive seperti file film yang tidak sengaja ke simpan ke Drive saya ini.

Jadi bagaimana cara menghapus sebuah file di Google Drive secara benar dan bersih? Karena terkadang kita sudah menghapus semua file dan data yang tidak penting namun ruang penyimpanan tidak berkurang menjadi lebih lega alias sama saja.

Kasus seperti ini sama seperti jika kita menghapus email di Gmail dan menghapus foto di Google Foto. Jadi ada cara khusus untuk menghapus file di Google Drive ataupun menghapus data di Google Drive. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca tutorial dibawah ini mengenai cara hapus data di Google Drive.

Cara Menghapus File di Google Drive Sampai Bersih

Langkah ke-1: Untuk menghapus data di Google Drive secara permanen, silakan kamu buka aplikasi Google Drive lalu pilih data atau file yang ingin dihapus. Setelah itu klik Ikon Titik Tiga di samping file yang berkaitan tadi

File di Google Drive

Langkah ke-2: Setelah muncul menu tab baru, kamu pilih saja Hapus

Menu File di Google Drive

Langkah ke-3: Jika sudah menghapus file dan data yang di inginkan langkah selanjutnya langkah yang paling penting. Silakan kamu buka menu di tampilan Google Drive di sebelah kiri lalu pilih Sampah

Menu Sampah di Google Drive

Langkah ke-4: Di folder Sampah maka akan muncul semua file dan dokumen yang kamu hapus. Untuk menghapus secara permanen supaya kapasitas penyimpanan menjadi bertambah kamu bisa memilih file dan data mana yang ingin dihapus secara permanen dengan lebih cepat, lalu klik Ikon Titik Tiga di samping data tersebut. Jika kamu ingin menghapus secara banyak kamu bisa menandai semua file yang ingin dihapus dan klik Ikon Titik Tiga di pojok kanan atas

File di Folder Sampah

Langkah ke-5: Jika sudah yakin ingin menghapusnya secara permanen, silakan kamu pilih Hapus selamanya

Hapus Selamanya File dari Google Drive

Langkah ke-6: Terakhir konfirmasi proses penghapusan, pilih Hapus permanen

Hapus Permanen

Setelah mengikuti cara di atas maka kamu sudah menghapus file di Google Drive secara permanen dan selamanya tanpa menunggu 30 hari. Data di Google Drive yang sudah di hapus secara permanen tidak bisa dikembalikan lagi kecuali kamu upload ulang jika masih memiliki file nya.

Menghapus file di Google Drive dengan cara ini bisa kamu terapkan setiap menghapus data, foto, video, dokumen, atau file yang benar-benar tidak berguna namun menggunakan kapasitas penyimpanan dari Google Drive sangat banyak. Seperti jika kamu menghapus email di Gmail dan menghapus foto di Google Foto seharusnya seperti itu.

Jika kamu mengira file di Google Drive tidak bisa dihapus, itu adalah salah. Karena sebenarnya ini fitur keamanan yang sudah sering saya lihat untuk mencegah jika kita tidak sengaja menghapus file ataupun data tertentu baik di Google Drive, Gmail, atau Google Foto. Maka menghapus file di Google Drive secara berkala adalah pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan.