4 Penyebab Indikator Wifi Menyala Merah di Modem dan Router

4 Penyebab Indikator Wifi Menyala Merah di Modem dan Router

HiPoin.com – Layanan wifi dipilih oleh banyak orang salah satunya karena murah dengan penggunaan yang sama dari pada menggunakan paket internet dari operator seluler. Akan tetapi indikator wifi menyala merah sering ditemui di provider internet rumah yang ada di Indonesia.

Singkatnya tidak ada layanan paket internet rumah yang benar-benar memberikan ekspektasi yang memuaskan. Mungkin ada beberapa pelanggan yang merasa puas, akan tetapi yang merasa tidak puas juga banyak dan bisa dikatakan tidak sedikit.

Indikator modem atau indikator router nyala merah adalah tanda bahwa ada yang tidak beres dengan jaringan wifi yang sedang digunakan. Bisa internet tiba-tiba lemot atau hilang dan tidak bisa digunakan sama sekali.

Indikator LOS memang sudah menjadi tanda bahwa jaringan wifi sedang tidak dalam performa terbaiknya. Jika indikator atau lampu merah tidak kunjung hilang atau berubah kamu harus melakukan tindakan supaya kamu bisa menggunakan koneksi wifi lagi.

Karena jika dibiarkan saja masalah tersebut kadang tidak bisa normal dengan sendirinya. Indikator wifi menyala merah tetap akan muncul sebelum kamu mengatasinya. Sebelum kamu atasi dan cari tau penyebabnya koneksi wifi tidak akan bisa kamu nikmati secara maksimal.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa penyebab yang bisa menyebabkan indikator LOS menyala di modem atau router. Tidak semua masalah penyebabnya sama, oleh karena itu penyebab yang akan saya sebutkan ada penyebab yang umum terjadi.

Karena type modem dan router bisa menyebabkan masalah yang berbeda. Namun sebelum lanjut misalnya wifi tidak muncul di Laptop atau Komputer kamu bisa baca artikel tentang kenapa jaringan wifi tidak muncul dan terdeteksi di Komputer dan Laptop.

Penyebab dan Solusi Indikator Wifi Menyala Merah

1. Jaringan Bermasalah

Penyebab indikator wifi menyala merah yang pertama yaitu karena sedang ada masalah di jaringan. Tentu saja yang bermasalah adalah jaringan wifi dari pusat, bukan milik kamu seorang. Untuk penyebab yang satu ini tidak ada yang perlu kamu lakukan.

Hanya saja kamu perlu memastikan bahwa memang sedang ada gangguan. Setelah kamu pastikan memang sedang ada gangguan kamu hanya perlu menunggu sampai gangguan tersebut tidak ada lagi. Dan saya sarankan tidak perlu menyentuh atau mengubah pengaturan modem dan router.

2. Restart Modem dan Router

Langkah berikutnya kamu bisa restart modem atau router yang kamu miliki. Sebenarnya cara ini adalah cara basic untuk mengatasi permasalahan yang ada di perangkat elektronik seperti di perangkat mobile dan perangkat desktop.

Setelah proses restart selesai berharap semuanya kembali normal dan indikator router nyala merah tidak muncul kembali. Misalnya kamu menggunakan modem dengan cara restart kamu bisa mengharapkan indikator yang ada di modem tidak nyala merah kembali.

3. Reset

Reset sebenarnya hampir sama seperti Restart, akan tetapi data dan settingan yang sudah kamu atur bisa hilang dan kembali ke setelan default. Setelah kembali ke setelan default biasanya masalah yang ada di modem dan router akan teratasi.

Walaupun begitu tetap saja semua masalah tidak bisa diatasi dengan cara reset. Tetapi setidaknya kamu mencoba terlebih dahulu. Misalnya restart tidak bekerja kamu bisa mencoba reset, jika tetap masih bermasalah kamu perlu tindakan lanjutan.

4. Tanya ke Forum dan Panggil Teknisi

Untuk mengatasi indikator wifi menyala merah yang terakhir yaitu silakan kamu panggil teknisi. Akan tetap saran saya sebelum kamu panggil teknisi lebih baik kamu tanya ke forum terlebih dahulu. Karena biasanya ada anggota yang pernah mengalami permasalahan seperti yang sedang kamu alami.

Jadi itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi indikator wifi menyala merah atau indikator LOS menyala terus. Sebagai tambahan saja, selain LOS ada juga indikator PON. Indikator PON sebagai tanda ONT terhubung dengan server.

Sedangkan indikator LOS menunjukan tanda bahwa ONT tidak terhubung dengan server. Tambahan, ONT atau Optical Network Terminal adalah modem optik yang menghubungkan ke titik terminasi dengan kabel optik.

Itu dia beberapa penyebab dan solusi mengatasi indikator wifi menyala merah yang bisa kamu coba. Dan sebelum saya akhiri pembahasan kali ini kamu bisa baca cara mudah menonaktifkan aplikasi yang tidak berguna di perangkat Android.