4 Cara Merawat Flashdisk Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak

4 Cara Merawat Flashdisk Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak

HiPoin.comFlashdisk bisa kamu gunakan untuk menyimpan data sampai kapanpun asalkan Flashdisk tidak rusak. Supaya tidak rusak, kamu harus tau cara merawat Flashdisk supaya Flashdisk yang kamu miliki awet tanpa harus membeli baru setiap tahunnya.

Seperti Kartu SD, Flashdisk jika dirawat dengan baik dapat bertahan dengan lama. Secara umum Flashdisk bisa lebih dari 5 tahun tanpa perlu mengganti dengan yang baru. Karena jika mengganti Flashdisk dengan yang baru sama saja kamu memindah data yang ada di Flashdisk lama ke Flashdisk yang baru.

Banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan Flashdisk rusak. Penyebab Flashdisk cepat rusak umumnya karena penyimpanan kurang benar serta penggunaan yang salah. Ada juga karena Flashdisk yang kamu beli dan miliki ternyata palsu atau tidak original.

Kini kamu dapat memiliki Flashdisk berkualitas dengan harga yang bersahabat. Dengan modal dibawah 100 ribu kamu sudah mendapatkan Flashdisk berkualitas dengan penyimpanan yang banyak. Apa merek Flashdisk yang bagus? rekomendasi dari saya yaitu merek SanDisk dan Kingston.

Mungkin kamu bertanya, bagaimana cara merawat Flashdisk supaya awet dan tidak cepat rusak? caranya gampang banget. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya Flashdisk yang kamu miliki tidak cepat rusak.

Selain supaya tidak rusak, cara ini juga mencegah kasus Flashdisk tidak terbaca tidak pernah kamu alami. Karena jika sudah tidak terbaca kemungkinan besar data yang ada di dalam Flashdisk tidak bisa kamu backup atau kamu kembalikan.

Langsung saja jika kamu penasaran tentang cara merawat Flashdisk kamu bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelumnya kamu perlu tau cara cek kapasitas penyimpanan Flashdisk yang kamu miliki. Selain melihat kapasitas total, kamu juga bisa melihat kapasitas yang tersedia.

Cara Merawat Flashdisk Supaya Awet

1. Gunakan Dengan Benar

Penyebab Flashdisk cepat rusak tidak hanya karena penyimpanan yang salah, tetapi bisa terjadi karena cara penggunaan yang tidak benar. Entah kenapa banyak sekali orang yang terburu-buru saat ingin mencabut Flashdisk yang terhubung ke Laptop atau Komputer.

Padahal Flashdisk yang sedang terhubung tidak boleh langsung dicabut. Kamu harus eject Flashdisk terlebih dahulu supaya proses dan program apapun yang terhubung dengan data yang ada di Flashdisk terputus. Terlihat sederhana tetapi ini sangatlah penting.

2. Jangan Sampai Terkena Air, Tutup Flashdisk Jika Perlu

Tidak hanya Flashdisk, semua barang elektronik memang tidak boleh terkena air secara langsung. Yang paling sering terjadi yaitu Flashdisk di simpan di celana atau di baju dan tidak sadar saat celana dan baju di cuci Flashdisk masih ada di kantong.

Jika sudah terendam air tidak ada yang bisa kamu lakukan, kamu hanya bisa berharap supaya Flashdisk tidak rusak. Selain jangan sampai terkena air, jika Flashdisk yang kamu miliki terdapat tutup kamu wajib menutup socket USB saat disimpan atau saat tidak dibutuhkan.

3. Hindari Benturan

Cara merawat Flashdisk yang berikutnya cobalah hindari benturan pada Flashdisk yang kamu miliki. Baik benturan ringan dengan benda lain atau benturan keras seperti Flashdisk jatuh dari meja. Karena jika terkena benturan bisa menyebabkan komponen yang ada di dalam Flashdisk menjadi rusak.

4. Rutin Scan dan Jangan Mengedit Langsung di Flashdisk

Terakhir kamu bisa melakukan pemindaian virus secara rutin supaya data yang ada di Flashdisk tetap aman. Selain wajib melakukan scan secara rutin kamu juga harus menggunakan Flashdisk secara wajar. Alias tidak mengedit file secara langsung di dalam Flashdisk.

Contoh mudahnya kamu jangan membuka file .doc yang ada di Flashdisk secara langsung. Langkah paling benar kamu copy ke penyimpanan Komputer atau Laptop kamu terlebih dahulu baru kamu buka dan edit. Jika prosesnya lama kamu eject Flashdisk terlebih dahulu supaya tidak terhubung terlalu lama yang bisa menyebabkan Flashdisk sangat panas.

Itu dia beberapa cara merawat Flashdisk yang bisa kamu ikuti. Tidak hanya keempat cara diatas, kamu juga bisa mengikuti cara kamu sendiri yang menurut kamu bisa menjaga supaya umur Flashdisk lama dan tidak cepat rusak.

Cara merawat Flashdisk diatas bisa kamu ikuti sebagian saja atau semuanya. Supaya kasus Flashdisk tidak terbaca tidak kamu alami kamu bisa menghindari Flashdisk terkena air. Karena jika sudah terkena air banyak kasus Flashdisk akan langsung rusak.

Itu saja yang bisa saya sampaikan tentang cara merawat Flashdisk, semoga bermanfaat bagi kamu semua. Tidak tau cara menghapus cache aplikasi di perangkat Android? jika kamu tidak tau kamu bisa baca artikel tentang cara menghapus cache yang ada di aplikasi Android.