3 Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca atau Tidak Muncul Sinyal

3 Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca atau Tidak Muncul Sinyal

HiPoin.com – Ada banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Saya sendiri heran terkadang ada orang yang gonta-ganti kartu perdana atau SIM Card dengan alasan kartu yang dulu tidak terbaca dan nomornya sudah tidak aktif lagi.

SIM Card tidak terbaca memang sangat merepotkan apalagi jika nomor pada SIM tersebut nomor penting dan banyak orang yang mengetahuinya. Sebenarnya masalah ini tidak akan terjadi jika tidak melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan kehilangan nomor kesayangan yang sudah kamu miliki sejak lama.

Karena ada beberapa operator seluler dalam mengaktifkan nomor yang sama proses nya cukup mudah, ada yang sulit, dan ada yang tidak bisa. Seperti yang kamu ketahui kebijakan masing-masing operator berbeda-beda oleh karena itu jangan sampai masalah SIM Card tidak terdeteksi kamu alami.

Jika kartu SIM yang kamu pasang tidak terbaca maka tidak akan muncul jaringan seluler atau hanya muncul pemberitahuan tidak ada layanan. Supaya kamu lebih tau dengan jelas tentang permasalahan ini kamu bisa baca penjelasan saya kali tentang solusi kartu SIM tidak terbaca.

Ada banyak faktor penyebab kartu SIM tidak muncul sinyal atau tidak terdeteksi. Untuk tau lebih banyak lagi kamu bisa simak penjelasan saya berikut ini. Tetapi sebelum lanjut bagi kamu yang belum tau penyebab email tidak valid kamu bisa baca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya.

Solusi Kartu SIM Tidak Terbaca

1. Tidak Terpasang Dengan Benar

Kesalahan memasang kartu SIM kedalam slot bisa menyebabkan kartu SIM tidak terdeteksi. Selain bisa menyebabkan tidak terdeteksi terlalu sering salah dalam memasang SIM Card bisa menyebabkan rusaknya microchip pada SIM Card itu sendiri.

Rusaknya kuningan atau microchip pada kartu perdana bisa menyebabkan kartu SIM tidak terdeteksi atau tidak terbaca. Oleh karena itu salah satu cara untuk mencegah SIM Card tidak terdeteksi yaitu dengan menjaga kuningan kartu SIM supaya tidak rusak atau terbaret.

2. Nomor Sudah Tidak Aktif

Nomor yang tidak aktif salah satu ciri saat kartu SIM di pasang tetapi tidak aktif. Karena kartu SIM yang sudah tidak aktif jika di masukan ke ponsel maka hanya ada dua kemungkinan. Yang pertama tidak ada layanan tetapi muncul jaringan dengan sinyal full dan yang kedua tidak ada jaringan sama sekali.

Oleh karena itu nomor yang sudah tidak aktif tetapi tetap kamu coba pasang maka hasilnya tidak terbaca atau tidak terdeteksi. Solusinya kamu aktifkan kembali nomor tersebut ke gerai masing-masing operator.

3. Perangkat Error

Untuk penyebab terakhir yaitu dari ponsel atau HP yang kamu gunakan. Kemungkinan slot SIM nya sudah rusak dan tidak bisa membaca kartu SIM yang ditambahkan. Lebih baik kamu memastikannya dengan menambahkan kartu SIM baru dari operator lain untuk mengetes.

Kartu SIM tidak terbaca karena slot SIM Card rusak jarang terjadi, karena slot SIM Card pada ponsel jaman sekarang sudah cukup canggih. Tetapi bagi kamu yang sering menggunakan ponsel dengan cara ekstrim seperti sering dijatuhkan kemungkinan masalah ini bisa terjadi.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca dan tidak muncul sinyal nya. Selain itu masa aktif nomor yang habis dan sudah melewati masa tenggang atau masa grace bisa menyebabkan kartu SIM diblokir oleh pihak operator.

Karena nomor diblokir otomatis kartu SIM tidak berguna lagi dan tidak akan terbaca jika di gunakan. Apapun perangkat yang kamu gunakan baik Android, iOS, atau Modem permasalahan kartu SIM tidak terbaca wajib kamu cek satu persatu.

Mulai dari pemasangan kartu perdana, pengecekan nomor masih dalam masa aktif atau tidak serta cek juga perangkat atau device yang kamu gunakan dengan kartu perdana dari operator lainnya. Setelah kamu cek satu persatu dengan sendirinya kamu akan tau masalah mana yang sedang kamu alami.

Sebelum saya akhiri pembahasan kali ini tentang kartu SIM tidak terbaca, bagi kamu yang tidak tau cara menampilkan kecepatan internet di Xiaomi kamu bisa baca artikel tentang kecepatan internet Xiaomi. Selain saya jelaskan cara menampilkannya saya juga sudah menjelaskan cara memindahkan indikator kecepatan ke sebelah kanan status bar.