Cara Mengatur Penyimpanan WhatsApp Supaya Tidak Penuh

Cara Mengatur Penyimpanan WhatsApp Supaya Tidak Penuh

HiPoin.com – Banyak sekali keluhan tentang penyimpanan atau data aplikasi WhatsApp yang membesar dari ukuran semula. Awalnya dari 100 MB kini bisa sampai 1 GB dan akan terus bertambah lagi. Oleh karena itu kamu perlu mengatur penyimpanan WhatsApp supaya ruang penyimpanan pada ponsel kamu tidak penuh.

Data atau ukuran aplikasi WhatsApp yang membesar memang wajar terjadi. Dikarenakan WhatsApp menyimpan data percakapan ke perangkat kita tidak disimpan secara online seperti pada pesan Facebook atau DM Instagram.

Mengatur penyimpanan WA perlu kamu lakukan minimal 1 bulan sekali. Kamu bisa menghapus file media yang biasanya sebagai penyebab data aplikasi WhatsApp menjadi tambah banyak. Ada tips untuk mengatur penyimpanan aplikasi WhatsApp, yaitu menghapus file yang tidak penting langsung dari aplikasi WA.

Kamu bisa setting penyimpanan WhatsApp langsung dari aplikasi lewat masing-masing percakapan yang ada di WhatsApp kamu. Oleh karena itu salah hapus media atau percakapan penting tidak akan terjadi jika kamu mengaturnya lewat pengaturan penyimpanan WhatsApp.

Kamu bisa menghapus dan mengurangi penyimpanan aplikasi WhatsApp yang tersimpan di memori internal dengan cara yang akan saya bahas pada artikel kali ini. Walaupun fitur ini bawaan aplikasi WhatsApp, tetapi saya yakin masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Oleh karena itu langsung saja kamu simak tutorial cara mengatur ruang penyimpanan aplikasi WhatsApp supaya tidak penuh. Namun sebelum lanjut bagi kamu yang mengalami foto dan video tidak muncul di Galeri kamu bisa baca artikel tentang penyebab masalah tersebut.

Cara Mengelola Penyimpanan WhatsApp Supaya Tidak Penuh

Langkah ke-1: Silakan kamu buka Setelan di aplikasi WhatsApp lalu pilih Data dan penyimpanan

Langkah Mengatur Penyimpanan WhatsApp

Langkah ke-2: Setelah itu kamu pilih Penggunaan penyimpanan

Penggunaan Penyimpanan WhatsApp

Langkah ke-3: Pilih obrolan atau percakapan yang menurut kamu memakan ruang penyimpanan yang banyak

Pilih Percakapan WhatsApp Yang Memiliki Data Banyak

Langkah ke-4: Langsung saja kamu pilih Kosongkan Ruang di bagian pojok kanan bawah

Kosongkan Ruang Penyimpanan WhatsApp

Langkah ke-5: Terakhir silakan kamu pilih item yang ingin dihapus mulai dari Pesan Teks, Kontak, lokasi, Foto, Stiker, GIF, Video, Pesan Audio, hingga Dokumen. Jika sudah klik Hapus Item

Hapus Pesan Teks, Foto, dan Video WhatsApp

Nah itu dia cara menghapus data-data yang ada di aplikasi WhatsApp supaya ruang penyimpanan tidak penuh. Kamu bisa melihat sendiri percakapan mana yang memiliki ukuran file yang besar, karena akan berada di paling atas sendiri.

Saran saya kamu hapus file selain Pesan Teks. Untuk foto dan video bisa kamu hapus semuanya atau kamu hapus secara manual dikarenakan banyak foto dan video penting. Sedangkan Pesan teks sangat penting dan tidak memakan ruang yang banyak.

Semoga penjelasan kali ini bermanfaat bagi kamu yang bingung dengan penyimpanan WhatsApp yang tiba-tiba penuh. Pembahasan mengenai cara edit kontak WA sudah pernah saya bahas, untuk itu kamu bisa baca pembahasan tersebut apabila kamu belum mengetahuinya.