Cara Cek True Tone di iPhone Serta Fungsi Dari True Tone, Penting atau Tidak?

Cara Cek True Tone di iPhone Serta Fungsi Dari True Tone, Penting atau Tidak?

HiPoin.com – Pengguna baru iPhone wajib tau yang namanya fitur True Tone. Kamu bisa cek True Tone di iPhone yang kamu miliki untuk mengetahui iPhone kamu normal atau tidak khususnya pada bagian LCD.

Karena True Tone salah satu indikator yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui dan menentukan LCD iPhone kamu asli atau KW. Jika kamu membelinya secara baru setidaknya kamu tau bahwa iPhone tersebut asli atau original apapun garansinya.

Akan tetapi jika kamu membeli bekas atau second kamu tidak boleh sepenuhnya mempercayai penjual dan kamu harus memastikan sendiri. Apple salah satu perusahaan yang cukup ketat mengawasi dan membatasi penggantian part pada produk mereka.

Jadi jika tidak dilakukan di server center Apple yang resmi di Indonesia kemungkinan part nya akan terbaca bukan resmi jika ada penggantian. Ketika kamu ingin tes True Tone dan opsi True Tone tersedia dan ada perubahan saat True Tone aktif artinya iPhone kamu normal dan LCD nya asli.

Misalnya ada fitur True Tone tetapi saat diaktifkan tidak ada perubahan kemungkinan ada masalah software atau bug. Sedangkan jika True Tone tidak ada menandakan sistem mendeteksi bahwa LCD yang terpasang bukan LCD original maka True Tone nya tidak muncul.

Mengetahui keaslian layar dengan True Tone memang tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan LCD iPhone asli atau tidak karena teknologi sekarang sudah cukup canggih untuk menyalin data di LCD original dan dipindahkan ke LCD pengganti.

Tetapi setidaknya cara cepat yang bisa kamu coba dan lakukan tes dengan cara mengaktifkan True Tone. Sebelum lebih lanjut ke pambahasannya kamu bisa baca artikel mengenai iPhone yang cepat panas saat digunakan. Panas sebenarnya hal yang wajar tetapi kamu bisa baca artikel tersebut jika penasaran.

Cara Mengaktifkan dan Cek True Tone di iPhone

Untuk cara mengaktifkan fitur True Tone di iPhone dan iPad ada 2 cara yang bisa kamu coba. Yang pertama lewat Pusat Kontrol dan yang kedua kamu bisa mengaktifkannya lewat pengaturan. Untuk lebih jelas kamu bisa baca dua cara mengaktifkan True Tone di iPhone:

Mengaktifkan True Tone Lewat pusat Kontrol

  • Akses Pusat Kontrol
  • Tahan lama di pengaturan kecerahan layar
  • Akan muncul beberapa pilihan dan silakan aktifkan True Tone
  • True Tone di iPhone berhasil di aktifkan

Mengaktifkan True Tone Lewat Pengaturan

  • Akses Pengaturan
  • Pilih pengaturan Tampilan & Kecerahan
  • Cari dan Aktifkan True Tone
  • True Tone Berhasil di aktifkan

Setelah kamu aktifkan untuk tes True Tone kamu bisa lihat dan perhatikan nantinya layar akan langsung menguning seperti saat mengaktifkan Mode Malam atau Mode Baca di Android. Bedanya True Tone menyesuaikan warna dengan keadaan sekitar dan tidak hanya kekuningan saja.

Fungsi Fitur True Tone di iPhone

Fungsi utama True Tone kenapa True Tone ada di iPad dan iPhone yaitu untuk mengatur dan menyesuaikan warna supaya pengguna lebih nyaman saat memandang layar. True Tone sangat cocok diaktifkan saat membaca, browsing, ataupun saat malam hari di kondisi ruangan yang gelap.

True Tone menggunakan teknologi canggih yang ada di LCD iPhone dan tidak hanya sekedar fitur yang diaktifkan dan diatur secara manual. Oleh karena itu kenapa dengan mengecek dan memastikan bahwa True Tone ada dan bisa diaktifkan menandakan bahwa LCD iPhone tersebut asli atau original.

Akan tetapi seperti yang sudah saya katakan sebelumnya mengetahui keaslian layar dengan True Tone pada perangkat iPhone dan iPad untuk sekarang tidak bisa dijadikan acuan utama karena sudah banyak teknologi untuk menyalin data LCD.

Kamu harus melihatnya secara seksama dan jika perlu selain cek True Tone di iPhone kamu bisa bandingan langsung dengan perangkat iPhone yang LCD nya memasang asli dan original. Walaupun sulit secara fisik biasanya akan terlihat berbedaannya.

Seperti ikon yang berbeda, warna dan kecerahan yang berbeda, serta ukuran dan tebal bezel yang berbeda pula. Jadi tes True Tone tidak cukup untuk memastikan bahwa LCD tersebut original atau tidak karena ada yang bukan original tetapi sangat mirip dengan parti original.

Itu dia penjelasan dari saya mengenai cara mengetahui dan cek True Tone di iPhone apakah aktif atau tidak dan bisa digunakan sebagai ajuan mengetahui keaslian LCD iPhone. Ingin mengecek IMEI di perangkat iPhone dan belum tau caranya? kamu bisa baca artikel mengenai cara cek IMEI di iPhone.