Cara Merubah Menu WordPress di Footer dan Life Side Navigasi

Cara Merubah Menu WordPress di Footer dan Life Side Navigasi

HiPoin.com – Bagi pemilik situs atau blog sangat penting merubah menu sesuai dengan situs yang di kelola. Sebagai contoh jika kamu menggunakan CMS WordPress, merubah menu WordPress bisa kamu sesuaikan dengan tema blog atau bisa menyesuaikan seperti situs milik orang lain.

Jika kamu tidak memiliki ide untuk menu situs, lebih baik kamu mencontoh menu dari situs yang kamu anggap memiliki navigasi menu yang bagus. Ini supaya navigasi menu di situs kita juga bagus seperti situs milik orang lain yang kamu contoh tadi.

Untuk mengubah menu navigasi WordPress bisa kita lakukan dengan mudah, karena tampilannya sangat user friendly tidak seperti di Blogger.com yang mengharuskan kita mengubah dalam menu HTML. Oleh sebab itu, WordPress memiliki kelebihan tersendiri dari pada Blogger.com.

Merubah Footer WordPress dan merubah Left Side WordPress atau menu di samping kiri situs dalam tampilan mobile wajib kamu lakukan. Selain memudahkan pengunjung dalam mencari kategori artikel tertentu di dalam situs, ini juga salah satu syarat untuk mendaftar Google Adsense.

Jika kamu baru menggunakan WordPress, lebih baik kamu membuat menu atau merubah menu WordPress kamu terlebih dahulu. Seperti menu About, Privacy Policy, dan Disclaimer. Sebelum mendaftar Google Adsense, minimal pada Footer blog kamu sudah ada 3 menu tadi.

Sedangkan untuk menu di samping kiri situs, jika masih kosong tidak terlalu bermasalah. Lalu bagaimana cara membuat dan menambahkan menu di WordPress? Kamu bisa menyimak tutorial dibawah sampai selesai, karena akan saya buatkan tutorial lengkapnya seperti cara menghapus tag yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Cara Merubah Menu WordPress Lewat Menu

Langkah ke-1: Ada 2 cara untuk membuat dan mengganti menu di WordPress. Yang pertama lewat Tampilan>Sesuaikan dan yang kedua lewat Tampilan>Menu. Kali ini saya akan mencontohkan lewat Menu

Langkah ke-2: Silakan kamu masuk ke Dasbor WordPress terlebih dahulu, lalu akses Menu lewat Tampilan>Menu

Cara Merubah Menu WordPress

Langkah ke-3: Pada Pilih menu yang akan diedit, silakan kamu pilih antara di Footer atau Left Side. Jika sudah klik Pilih

Tampilan Menu di WordPress

Langkah ke-4: Sebagai contoh saya akan merubah menu WordPress pada bagian Footer. Singkatnya jika ingin menambah menu Baru silakan kamu gunakan Tambahkan ke Menu, sedangkan jika ingin mengedit menu kamu bisa klik langsung menu yang ingin di edit

Merubah Footer di WordPress

Langkah ke-5: Kamu juga bisa memindahkan posisi antara menu satu dengan yang lainnya dengan cara drag and drop. Jika sudah sesuai, silakan klik Simpan Menu

Sangat mudah bukan untuk merubah menu WordPress lewat Menu karena lebih simple dan ringan. Sedangkan jika kita merubah dan menambahkan menu lewat Sesuaikan Tema maka akan memakan waktu yang cukup lama, karena lebih berat dan agak ribet.

Setelah kamu membuat atau merubah menu baik menu biasa atau mega menu kamu wajib untuk mengetestnya. Ini untuk mencegah link tujuan yang kita tautkan ke menu tidak sesuai kemauan kita. Sebagai contoh kamu ingin menambahkan tag tetapi menu membuat url baru karena kamu salah memilih pengaturan.