Kelebihan dan Kekurangan Dynamic Island di iPhone Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Dynamic Island di iPhone Terbaru

HiPoin.com – Sebagai pecinta poni atau notch iPhone yang konvensional saya cukup kecewa ketika iPhone merilis dynamic island. Saya tidak perduli dengan kelebihan dan kekurangan dynamic island, yang jelas notch konvensional yang pertama kali muncul di iPhone X adalah yang terbaik.

Apabila kamu sama dengan saya maka kamu akan kecewa lagi. Sebelumnya dynamic island hanya ada di versi Pro pada iPhone 14 series tetapi kemungkinan besar di iPhone 15 series yang akan rilis tahun ini semuanya menggunakan dynamic island dan tidak lagi menggunakan notch.

Apa memang dynamic island seburuk itu bagi saya? tentu saja tidak ini tergantung selera. Padahal jika dibandingkan dengan notch yang tebal dynamic island lebih fungsional karena sangat banyak fitur yang disematkan. Kekurangan dan kelebihan dynamic island tidak akan saya bahas secara menyeluruh.

Karena memang tergantung dari selera. Saya akan jelaskan kelebihan dan kekurangannya secara sekilas jika dibandingkan dengan notch atau poni konvensional yang ada di iPhone X, iPhone 11, dan beberapa generasi iPhone setelahnya. Apakah kamu cocok dengan dynamic island lebih baik kamu coba dulu dengan cara datang langsung ke store iBox atau Digimap.

Untuk masalah dynamic island error masih sangat wajar karena baru awal-awal dan ini masalah software. Untuk masalah software hanya perlu menunggu waktu sampai ada pembaruan. Lebih jelas mengenai kelebihan dan kekurangan pergantian notch ke dynamic island kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Kelebihan Dynamic Island di iPhone Terbaru

Tentu saja yang pertama tampilannya lebih fresh atau segar. Saya tidak mengatakan bagus atau keren melainkan lebih segar. Karena sudah lebih dari 4 tahun iPhone menggunakan notch walaupun di beberapa seri ukurannya diperkecil jika dibandingkan yang ada di iPhone X.

Selain lebih segar juga dapat menampung banyak informasi dan fiturnya sangat banyak. Saking banyaknya fitur yang bisa dihadirkan di dynamic island pengembang aplikasi di Android langsung membuat aplikasi yang bisa membuat perangkat Android memiliki dynamic island.

Selain itu dynamic island ini lebih fleksibel karena tidak hanya didukung hardware melainkan juga software. Walaupun tidak bebas di kustomisasi ‘untuk sekarang’ tetapi kamu masih bisa melakukan beberapa perubahan sesuai dengan selera kamu.

Kekurangan Dynamic Island di iPhone Terbaru

Di beberapa situasi dynamic island tidak sekeren notch konvensional yang sebelumnya digunakan oleh Apple. Ada yang suka dan ada yang tidak, tetapi saya sendiri kurang suka dan lebih suka notch dibandingkan dynamic island karena lebih praktis dan yang jelas lebih terlihat keren.

Karena ada campur tangan software, dynamic island sangat rawan bermasalah atau error. Dynamic island error sudah banyak dialami oleh pengguna walaupun hanya masalah ringan dan bukan masalah fatal. Tetapi yang jelas jika ada masalah ini karena dynamic island juga termasuk software.

Bisa saya simpulkan dynamic island seperti punch hole yang di modifikasi. Karena memang sebenarnya dynamic island terbagi 2 bagian. Sisi kiri lengkap dan sisi kanan seperti punch hole yang akan tertutup ketika iPhone menyala dan secara otomatis tersamarkan.

Kelebihan dan kekurangan dynamic island bisa menjadi referensi kamu apabila ingin membeli iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Yang jelas kamu bisa coba langsung dengan cara datang ke iBox atau Digimap untuk mencobanya sebelum benar-benar membeli.

Daripada kelebihan saya sendiri masih menyorot kekurangan dynamic island jadi saya untuk saat ini masih belum berminat. Selain dynamic island apabila kamu menerima pembaruan respons keamanan silakan kamu perbarui karena selain iOS ini juga sangat penting.