3 Solusi Fast Charging Tidak Aktif Saat Proses Charging

3 Solusi Fast Charging Tidak Aktif Saat Proses Charging

HiPoin.comFast Charging tidak aktif akan mengakibatkan proses pengisian daya ponsel yang seharusnya cepat menjadi lambat. Tidak hanya lambat karena di beberapa kasus Fast Charging yang tidak aktif mengakibatkan pengisian daya menjadi sangat lambat.

Secara umum jika pengisian cepat tidak aktif proses pengisian akan menjadi lambat. Ini sangat wajar terjadi karena yang seharusnya proses pengisian daya bisa lebih cepat beberapa persen tetapi karena Fast Charging tidak mau aktif maka proses pengisian menjadi lambat “pengisian standar”.

Perlu di ingat juga masalah pengisian daya cepat tidak berfungsi bisa disebabkan karena perangkat kamu sedang tidak mendukung fitur Fast Charging. Karena Fast Charging atau pengisian daya cepat tidak selalu aktif dan memerlukan kriteria khusus supaya aktif saat di charging.

Tentu saja kamu harus memastikan bahwa perangkat kamu mendukung atau support Fast Charging. Jika perangkat yang kamu miliki tidak mendukung Fast Charging apapun yang kamu lakukan tidak ada gunanya salah satunya mengganti charger dengan charger Fast Charging.

Supaya lebih jelas saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan fitur Fast Charging tidak aktif. Fast Charging yang tidak aktif bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Dan saya ingatkan lagi Fast Charging tidak selalu aktif karena fitur ini memiliki standar tersendiri.

Namun sebelum lanjut kenapa Fast Charging tidak menyala kamu bisa baca cara merawat kesehatan baterai iPhone supaya tidak menurun. Fitur Kesehatan Baterai adalah fitur menarik yang tidak ada di perangkat iPhone. Saya berharap secepatnya fitur ini ada di Android versi terbaru.

Penyebab Fitur Fast Charging Tidak Aktif

1. Pastikan Perangkat Support Fast Charging

Saya ingatkan kembali sebelum kamu mengira bahwa pengisian daya cepat tidak berfungsi kamu harus memastikan bahwa perangkat yang kamu miliki memang mendukung atau support Fast Charging. Karena perangkat yang tidak mendukung tidak akan bisa memanfaatkan fitur ini.

Kamu bisa mencari di internet apakah smartphone yang kamu miliki sudah mendukung Fast Charging atau belum. Misalnya Fast Charging tidak berfungsi tetapi sebelumnya berfungsi kamu bisa baca penyebab dan solusinya berikutnya.

2. Pastikan Perangkat Tidak Dalam Keadaan Panas atau Overheat

Penyebab yang satu ini ada hubungannya dengan penjelasan mengenai Fast Charging yang tidak selalu aktif atau berfungsi. Fast Charging tidak akan berfungsi jika saat di cas atau di charging perangkat dalam keadaan panas.

Batas panas supaya Fast Charging bisa aktif saya sendiri kurang tau, karena kemungkinan besar masing-masing perangkat memiliki batas tersendiri. Tapi saran saya jangan charging perangkat sebelum suhu perangkat dibawah 35°C atau 40°C.

3. Kerusakan Kabel dan Kepala Charger

Penyebab berikutnya yang bisa menyebabkan Fast Charging tidak aktif yaitu karena ada kerusakan kabel charger atau kepala charger. Masalah yang biasa terjadi karena umurnya sudah tua atau karena penggunaan yang kurang hati-hati.

Masalah Fast Charging tidak aktif karena ada kerusakan kabel atau kepala charger bisa kamu atasi dengan mengganti bagian yang rusak. Tidak boleh sembarangan, kamu harus mengganti bagian yang rusak dengan komponen yang sesuai supaya tidak merusak perangkat yang kamu miliki.

Hanya 3 penyebab diatas yang sering menyebabkan fitur Fast Charging tidak menyala atau tidak aktif. Kamu bisa mencari sendiri penyebab mana yang sedang kamu alami. Jika bukan dari ketiga penyebab diatas kemungkinan besar kerusakan ada di perangkat kamu.

Jika kerusakan ada di perangkat kamu bisa membawanya ke Service Center supaya perangkat kamu di perbaiki atau di ganti dengan unit yang baru. Tentu saja kamu harus mempertimbangkan garansi apakah garansi masih aktif atau sudah berakhir.

Mungkin itu saja yang bisa saja jelaskan tentang penyebab dan cara mengatasi Fast Charging tidak aktif. Tidak usah terlalu cemas kamu bisa mencari inti permasalahannya terlebih dahulu. Baterai Double Power bagus atau tidak? bagus tidaknya kamu bisa baca artikel tentang keunggulan baterai Double Power.

Fast Charging tidak aktif bisa juga terjadi karena baterai perangkat kamu sudah diganti dengan baterai yang tidak bagus. Karena baterai kurang bagus demi keamanan sistem tidak akan mengaktifkan fitur Fast Charging saat proses pengisian daya.