3 Tips Untuk Menambah RAM Yang Tersedia di Android Supaya Lega

3 Tips Untuk Menambah RAM yang Tersedia di Android Supaya Lega

HiPoin.com – RAM adalah salah satu faktor penting dalam menjalankan aplikasi di sebuah perangkat elektronik bersistem operasi, baik perangkat Komputer atau Smartphone. Menambah RAM yang tersedia adalah salah satu cara untuk membuat kinerja ponsel menjadi lebih baik saat multitasking.

Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka RAM tersedia akan semakin sedikit. Ini membuat aplikasi saat dijalankan akan menjadi sedikit tersendat bahkan sampai aplikasi tidak menanggapi. Walaupun begitu, faktor SoC juga sangat berpengaruh.

Singkatnya jika SoC kencang namun RAM yang digunakan berkapasitas kecil maka sisa RAM yang tersedia pun pastinya akan sedikit karena sudah digunakan oleh sistem, ini tidak bagus. Selain itu jika RAM memiliki kapasitas besar namun SoC kaleng-kaleng, ini juga tidak bagus.

Idealnya minimal SoC dan RAM sebanding supaya bisa menjalankan aplikasi dan multitasking dengan baik. Solusi yang bisa kamu lakukan supaya RAM tersedia menjadi lebih banyak adalah dengan cara menambah RAM yang tersedia.

Apa bisa menambah RAM di Android? untuk menambah kapasitas RAM memang tidak bisa, tetapi untuk menambah RAM yang tersedia atau RAM bebas jelas sangat bisa. Maka dari itu kamu bisa baca artikel ini karena saya akan berbagi tips supaya RAM tersedia di perangkat Android menjadi bertambah.

Tips ini wajib diketahui bagi kamu yang masing menggunakan ponsel Android yang RAM nya dibawah 3 GB. Seperti yang masing menggunakan RAM 2 GB, 1,5 GB, atau bahkan yang 1 GB. Efeknya sangat membantu sekali dan dapat membuat ponsel Android lebih kencang dan tidak lemot.

Cara Menambah RAM Tersedia di Ponsel Android

1. Jangan Install Aplikasi Yang Berat

Jika kapasitas RAM di ponsel kamu masih dibawah 3 GB, saran saya tidak usah memasang atau install aplikasi yang berat-berat. Alasan yang pertama, saat awal aplikasi dipasang aplikasi sudah berat maka semakin hari semakin sering digunakan dan semakin sering di update maka aplikasi tersebut akan semakin berat lagi.

Selain berat saat digunakan, aplikasi seperti itu tetap akan menggunakan RAM pada perangkat walaupun sedang tidak dibuka. Hal inilah salah satu penyebab kenapa perangkat Android rata-rata lemot dan lambat, karena aplikasi yang berjalan terlalu banyak menggunakan RAM.

2. Hentikan Paksa Aplikasi

Tips ini adalah tips yang paling sering saya gunakan di semua ponsel Android yang saya miliki. Selalu menghentikan aplikasi yang jarang digunakan baik aplikasi yang berat ataupun yang ringan sekalipun. Semakin sedikit aplikasi yang berjalan, maka RAM yang tersedia akan semakin banyak juga.

Semakin banyak RAM yang tersedia, secara tidak langsung bisa membuat aplikasi yang memang kita butuhkan menjadi bekerja dengan baik. Lalu bagaimana cara menghentikan paksa aplikasi? Kamu bisa menggunakan aplikasi Greenify atau melakukannya secara manual.

3. Hapus Cache dan Sampah Yang Tidak Berguna

Untuk tips yang terakhir hanya sebagai pelengkap dari kedua tips yang sebelumnya. Sangat penting untuk menghapus cache aplikasi supaya aplikasi berjalan secara lancar dan tidak berat karena adanya cache-cache yang menempel pada aplikasi.

Mungkin untuk tips menambah RAM tersedia yang satu ini tidak terlalu membantu dalam kinerja ponsel, namun sangat membantu untuk membuat kapasitas tersedia di memori telepon menjadi bertambah. Karena jika kita membersihkan sampah dan cache, lokasi sampah dan cache paling banyak berada di memori telepon atau memori internal.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba supaya RAM pada ponsel Android kamu terlihat banyak walaupun sebenarnya tidak. Bagi pengguna ponsel Android tingkat lanjut, ini adalah cara yang biasa dilakukan supaya RAM bebas pada ponsel semakin banyak.

Jika kamu pengguna iOS, saya pikir walaupun kapasitas RAM nya kecil tetapi kinerja ponsel iPhone tetap saja bagus dan lancar. Berbeda dengan Android, maka perbandingan kapasitas antara Android dan iOS sangat jauh sekali. 1 : 2, karena 2 GB RAM di perangkat iOS setara dengan 4 GB RAM di Android.

Terlepas dari cara menambah RAM yang tersedia, Android dan iOS memiliki kelebihan dan kekurangan yang memang itu adalah kelemahan dari masing-masing sistem operasi. Bagi kamu yang hanya memiliki ponsel Android yang memiliki kapasitas RAM kecil, setelah mencoba tips dan cara diatas pasti akan ada perubahan.