Cara Screenshot Samsung A50 dan A50s Terlengkap

Cara Screenshot Samsung A50 dan A50s Terlengkap

HiPoin.com – Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A50s adalah ponsel pintar dari Samsung yang serupa tapi tak sama. Bagi kamu yang sudah membeli Samsung A50 terlebih dahulu, semoga kamu tidak kecewa. Saya tidak akan membahas secara lengkap tentang kedua ponsel tadi karena yang akan saya bahas yaitu cara screenshot Samsung A50 dan A50s.

Pasti kamu penasaran apa perbedaan antara Samsung Galaxy A50 dan Galaxy A50s. Sebelum saya jelaskan bagaimana cara tangkap layar Samsung A50s dan A50, saya akan sedikit mengulas perbedaan antara kedua smartphone tersebut.

Singkatnya Galaxy A50s adalah penyempurna Galaxy A50 yang rilis 6 bulan sebelumnya. Perbedaan antara kedua smartphone tadi terlihat jelas pada penambahan fitur kamera serta penggunaan dapur pacu atau SoC yang lebih kencang + hadirnya fitur NFC di Samsung Galaxy A50s, fitur yang tidak ada di pendahulunya.

Selain itu spesifikasi antara Samsung Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A50s sama saja. Kembali ke topik, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk screenshot Samsung A50 dan A50s. Kamu bisa menggunakan tombol fisik, menggunakan fitur Palm Swipe Gesture, atau menggunakan aplikasi tambahan.

Supaya lebih jelas langsung saja kamu simak tutorial cara screen capture Samsung A50 dan Samsung A50s dibawah ini. Sebelum lanjut bagi kamu yang tidak tau cara menghilangkan navigasi bar atau navbar di Android Pie, kamu bisa baca artikel tentang cara menghilangkan navbar di Android Pie.

Tutorial Screenshot Samsung A50 dan A50s

1. Menggunakan Tombol Fisik (Volume Down + Power)

Screenshot Samsung Galaxy A50s

Bagi kamu yang tidak tau, cara ini adalah cara screenshot atau tangkap layar yang bisa digunakan di semua ponsel Android. Sejak Android 2.3 Gingerbread fitur ini sudah tersedia hingga sekarang. Apapun merk dan type ponsel Android kamu, pasti bisa melakukan screenshot dengan kombinasi tombol volume down + power.

Jika menggunakan kombinasi volume down + power tidak berhasil, kamu bisa menggunakan kombinasi volume up + power. Sedangkan pada Samsung Galaxy A50 dan Galaxy A50s menggunakan kombinasi yang pertama yaitu volume down + power.

Cara tangkap layar Samsung Galaxy A50 kamu cukup menekan tombol volume down + tombol power secara bersamaan sampai layar melakukan screen capture secara otomatis. Jika tidak berhasil silakan ulangi kembali jangan lebih dulu tombol volume down atau lebih dulu tombol power, harus bersamaan.

Pada Samsung Galaxy A50s juga sama, harus bersamaan. Setelah kamu mencoba beberapa kali tetapi tetap saja tidak bisa, kamu bisa menggunakan cara berikutnya.

2. Menggunakan Palm Swipe to Gesture

Palm Swipe to Capture

Berikutnya kamu bisa memanfaatkan fitur Palm Swipe to Gesture untuk screenshot Samsung A50 atau Samsung A50s yang kamu miliki. Untuk mengaktifkan fitur ini silakan kamu buka Setting>Advanced features>Motions and gestures>Palm Swipe to Capture>On.

Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Cara sangat mudah sekali, tetapi cara ini tidak efektif karena terlalu mencolok. Kamu cukup swipe tangan kamu di atas ponsel Samsung yang kamu miliki dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan. Tanpa menyentuh layar ponsel, kamu bisa menggunakan fitur ini.

3. Gunakan Aplikasi Tambahan

Aplikasi Screenshot Samsung Galaxy A50s

Terakhir kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan screenshot Samsung A50 yang kamu miliki. Banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk screenshot Samsung A50 atau A50s, kamu bisa mencoba satu-persatu aplikasi yang ada di Play Store.

Saran saya gunakan aplikasi yang tidak memiliki iklan. Selain tidak memiliki iklan pilihlah aplikasi screen capture yang tidak berat dan memiliki tampilan yang minimalis supaya mudah digunakan.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk screenshot Samsung A50 atau tangkap layar Samsung A50s yang kamu miliki. Seharusnya cukup menggunakan tombol fisik antara volume down + power lebih dari cukup, bagi kamu yang tidak bisa melakukannya kamu bisa latihan terlebih dahulu.

Apa Samsung Galaxy A50s dan Galaxy A50 bisa digunakan untuk screenshot panjang seperti pada ponsel Xiaomi dan Oppo? Jawabannya tidak bisa, fitur screenshot Samsung A50s dan A50s hanya sekedar screenshot biasa tidak bisa melakukan gulir screenshot.