5 Penyebab Kode Verifikasi Tidak Masuk atau Tidak Terkirim

5 Penyebab Kode Verifikasi Tidak Masuk atau Tidak Terkirim

HiPoin.com – Sangat menyebalkan saat mendaftar sesuatu tetapi kode verifikasi yang kita tunggu tidak kunjung masuk atau muncul. Saya sangat sering mengalami kode verifikasi tidak masuk padahal nomor atau alamat email yang saya daftarkan sudah benar.

Selain saya kamu pasti juga pernah mengalaminya. Sebagai contoh saat mendaftar akun Instagram. Kode verifikasi saat proses pendaftaran akun Instagram tidak kunjung kamu terima padahal nomor yang kamu input sudah benar.

Kode verifikasi tidak terkirim bisa membuat proses pendaftaran gagal, walaupun ini jarang terjadi. Secara umum jika kode verifikasi belum di input maka email atau nomor yang tadi di daftarkan belum terdaftar. Akan tetapi ada juga kasus kode verifikasi belum di input tetapi email dan nomor sudah langsung terdaftar.

Karena gagal dalam proses pendaftaran dan email sudah terdaftar terkadang membuat akun yang tadi ingin kamu buat menjadi nyangkut. Mudahnya login atau masuk ke akun tersebut tidak bisa tetapi mendaftar dengan email yang tadi juga tidak bisa karena email atau nomor sudah terdaftar.

Ada banyak penyebab yang mungkin bisa menyebabkan kode verifikasi tidak masuk ke pesan masuk atau kontak masuk email. Untuk itu kali ini saya akan sedikit mengulas beberapa penyebab dan faktor yang bisa menyebabkan kode verifikasi atau kode OTP yang tidak muncul-muncul.

Kode OTP tidak muncul biasa terjadi saat kode dikirimkan lewat SMS. Sedangkan kode yang dikirimkan lewat email merupakan kode verifikasi bukanlah kode OTP (On-time password). Supaya lebih jelas langsung saja kamu simak penyebab kode verifikasi dan kode OTP yang tidak terkirim atau tidak masuk.

Penyebab Kode Verifikasi Tidak Masuk dan Kode OTP Tidak Muncul

1. Email dan No. HP Salah

Salah satu penyebab kode verifikasi tidak terkirim yaitu karena nomor atau email yang kamu input atau daftarkan salah. Karena salah atau tidak benar maka kode verifikasi tidak akan kamu terima sampai kapanpun. Ada banyak kesalahan yang sering terjadi.

Sebagai contoh pada nomor HP. Yang seharusnya kamu input 12 digit nomor telepon karena terburu buru sehingga berkurang atau bertambah menjadi 11 atau 13 digit. Sedangkan untuk email penulisan alamat email yang sulit dan panjang adalah faktor utamanya.

2. Penggunaan +62 Pada No. HP

Pengalaman saya penggunaan kode negara +62 sangat penting saat menerima kode OTP atau kode verifikasi. Oleh karena itu jika kode verifikasi tidak masuk cobalah kamu ubah yang awalnya kamu menggunakan 0 diganti dengan +62. Sebaliknya jika awalnya kamu menggunakan +62 cobalah menggunakan 0.

3. Cek Folder Spam

Jika kamu yakin email yang kamu input sudah benar tetapi sudah di tunggu beberapa saat email kode verifikasi tidak muncul silakan kamu cek folder Spam. Karena terkadang email dari layanan tersebut sudah di blokir dan di anggap spam oleh layanan email yang kamu gunakan.

4. Penyimpanan Penuh

Ruang penyimpanan yang penuh bisa menyebabkan kode verifikasi tidak masuk karena tidak ada ruang yang tersisa. Seperti yang kamu tau SMS masuk perlu ruang dan email yang masuk perlu ruang juga. Sebagai contoh akun Google, akun Google dibagi menjadi 3 layanan yang menggunakan penyimpanan yaitu Google Drive, Gmail, dan Google Foto.

Nah jika perangkat yang kamu gunakan memori internalnya penuh dan tidak ada ruang sama sekali maka SMS yang dikirimkan ke nomor yang ada di perangkat kamu tadi tidak akan muncul. Sedangkan jika penyimpanan email penuh maka email tidak bisa menerima email baru.

5. Gangguan Server

Penyebab terakhir yang bisa menyebabkan kode verifikasi tidak masuk atau kode verifikasi tidak terkirim yaitu karena dari layanan yang kamu daftar. Sebagai contoh kamu mendaftar akun online shop seperti Shopee. Karena banyak yang mendaftar akun Shopee pada saat itu maka kode verifikasi yang dikirimkan ke pengguna menjadi terganggu.

Karena terganggu kemungkinan besar kode akan lama dikirimkan dan kemungkinan tidak terkirim juga besar. Oleh karena itu kamu bisa meminta mengirimkan kode baru atau mendaftar akun lain waktu sampai server tidak sibuk lagi.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai kode OTP atau kode verifikasi yang tidak terkirim lewat SMS atau email. Selain itu pastikan nomor telepon yang kamu gunakan masih aktif dan kamu benar-benar terhubung ke email yang kamu miliki.

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kamu yang sering mengalami kode tidak terkirim ke SMS atau email. Sebelum saya akhiri pembahasan mengenai solusi kode verifikasi tidak masuk kamu juga bisa baca cara ubah nomor yang ada di akun Instagram. Wajib bagi saya mengubah nomor yang ada di akun supaya akun yang saya miliki selalu aman.