3 Solusi Mengatasi Video di Facebook Sering Macet Saat Ditonton

3 Solusi Mengatasi Video di Facebook Sering Macet Saat Ditonton

HiPoin.com – Salah satu gangguan yang sering terjadi saat menonton video di Facebook yaitu video di Facebook sering macet sendiri alias tidak lancar saat ditonton. Istilah kerennya video buffering saat ditonton padahal sebelumnya normal.

Sebagai peminat pengguna kini media sosial harus menghadirkan tontonan supaya pengguna tidak merasa bosan. Sebelumnya video yang ada di Facebook hanya sekedar fitur yang bisa digunakan oleh pengguna untuk membagikan moment tertentu.

Karena interaksi dan peminatnya banyak video yang ada di Facebook mendapatkan peran tersendiri untuk memikat pengguna Facebook supaya tidak bosan dan tidak pindah ke media sosial lainnya seperti TikTok ataupun YouTube.

Video di Facebook tidak jalan atau lemot bisa terjadi karena beberapa faktor. Faktor penyebabnya sama saat kamu mengalami video lambat saat memutar video di YouTube, TikTok, Twitter, atau di Instagram.

Yang jelas jika kamu ingin memutar video secara online atau streaming kamu harus memastikan koneksi internet yang kamu gunakan kuat dan stabil. Jika tidak video tidak akan bisa diputar sama sekali, misalnya bisa akan banyak gangguan.

Supaya lebih jelas saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan lemot saat menonton video di Facebook. Tidak hanya lemot saja, gangguan saat menonton video di Facebook biasanya terjadi karena penyebab yang sama.

Selain Facebook, TikTok juga cukup banyak menyediakan video menarik. Tetapi jika kamu bosan dengan salah satu video dan durasinya cukup panjang kamu bisa mempercepat video yang ada di TikTok sama seperti mempercepat video Facebook dan YouTube.

Penyebab Video di Facebook Sering Macet Saat Ditonton

1. Masalah Koneksi Jaringan

Koneksi internet memang menjadi faktor penting saat melakukan streaming. Jika koneksi internet yang kamu gunakan tidak stabil dan lambat maka menonton video secara online dimanapun pasti akan mengalami gangguan.

Supaya tidak mengalami gangguan kamu harus memastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil dan kuat. Jika memang tidak stabil alangkah baiknya kamu unduh saja dan nanti kamu bisa menontonnya secara offline jika sudah berhasil terunduh.

2. Gunakan Resolusi Yang Sesuai

Saat kamu menonton video di YouTube resolusi yang bisa kamu pilih minimal 480p supaya nyaman dilihat. Tetapi misalnya kamu ingin hemat kuota resolusi 360p masih layak ditonton walaupun memang sedikit buram dan pecah-pecah.

Karena rata-rata saat menonton video di Facebook menggunakan posisi tegak atau portrait menggunakan resolusi 360p sudah lebih dari cukup. Lebih dari itu akan boros kuota dan tidak ada perbedaan yang berarti jika menontonnya dalam posisi portrait.

3. Video Bermasalah

Video di Facebook tidak jalan saat ditonton bisa terjadi karena file video rusak. Walaupun koneksi internet yang kamu gunakan kencang dan bisa untuk menonton video lainnya, untuk video yang sudah rusak tidak akan bisa diputar sama sekali.

Kamu yang sudah aktif di Instagram sejak dulu pasti pernah mengalami permasalahan seperti ini. Apa yang membuat video rusak? bisa karena file video sudah rusak sebelum di upload bisa juga karena ada masalah dan gangguan saat proses upload ke internet.

Selain ketiga penyebab tadi ada juga penyebab lainnya yaitu karena durasi dan ukuran video cukup besar. Sebenarnya ini bukan termasuk dalam masalah lemot saat menonton video di Facebook, akan tetapi pasti banyak yang mengira ini adalah lemot.

Untuk memutar video secara online atau streaming dengan durasi yang panjang dan pasti ukuran videonya tidak sedikit perlu waktu beberapa saat. Perlu waktu 30 detik sampai 1 menit bahkan terkadang lebih lama.

Beda kasus jika video yang kamu tonton durasinya pendek karena ukuran file videonya juga kecil walaupun kualitasnya bagus. Yang jelas untuk streaming yang perlu kamu perhatikan yaitu pada koneksi internet.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang solusi mengatasi video di Facebook sering macet dan lambat saat ditonton. Sering mengalami video di Instagram tidak memiliki suara saat diputar? kamu bisa baca kenapa video yang ada di Instagram terkadang tidak memiliki suara.