4 Tips Mengatasi Fitur Marketplace Facebook Tidak Muncul Atau Hilang Dari Menu

4 Tips Mengatasi Fitur Marketplace Facebook Tidak Muncul Atau Hilang Dari Menu

HiPoin.com – Facebook dengan fitur Marketplace nya membuat media sosial ini lebih dari sekedar media sosial. Namun sayangnya di beberapa akun fitur Marketplace Facebook tidak muncul di bagian menu. Walaupun begitu hal tersebut menurut saya hal yang biasa terjadi.

Karena pihak Facebook biasanya jika menyematkan fitur terbaru, maka akan dilakukan secara bertahap di tipe-tipe akun tertentu yang mungkin sudah memenuhi syarat. Selain tidak muncul, fitur Marketplace Facebook hilang juga sering saya temui.

Sebagai contoh saat logout dari aplikasi Facebook dan login lagi, maka fitur tersebut terkadang hilang dan akan muncul dengan sendirinya. Jadi jika ada yang bertanya bagaimana cara daftar Marketplace Facebook supaya muncul atau bagaimana cara mengaktifkan Marketplace Facebook supaya ada di menu, jawabannya tidak ada.

Namun bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan trik jika Marketplace Facebook tidak muncul supaya bisa muncul di menu, kamu mungkin bisa mencoba beberapa tips dari saya. Jadi untuk menampilkan fitur Marketplace ini kamu bisa menggunakan beberapa tips yang terkadang berhasil.

Jika kamu hanya mengeluh saja seperti “Bagaimana ini fitur Marketplace Facebook hilang di akun saya“, “Bagaimana sih caranya daftar Marketpalce Facebook?”, atau “Ada yang tau cara mengaktifkan Marketplace Facebook?” maka fitur tersebut tidak akan muncul jika kamu hanya bertanya terus.

Maka dari itu jika Marketplace Facebook tidak muncul di akun Facebook kamu, kamu bisa mencoba tips ini. Seperti jika sistem dan aplikasi tidak menanggapi kamu harus mencari penyebabnya. Jika sudah tau apa penyebabnya maka kamu akan tau bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Solusi Jika Fitur Marketplace Facebook Tidak Muncul

1. Akun Kamu Tidak Memenuhi Syarat

Penyebab yang bisa membuat akun kamu tidak mendapatkan fitur Marketplace padahal akun Facebook lainnya mendapatkan fitur tersebut yaitu karena akun milik kamu tidak memenuhi syarat. Syarat utama untuk bisa mendapatkan fitur tersebut yaitu harus berusia 18 tahun atau lebih.

Jadi jika fitur Marketplace Facebook tidak muncul di menu pada akun kamu, pastikan kamu sudah berusia 18 tahun. Gampangnya pastikan tanggal lahir yang kamu gunakan di akun tersebut sudah terdeteksi berusia minimal 18 tahun. Jika belum 18 tahun dan sudah muncul fitur tersebut, kemungkinan fitur Marketplace Facebook hilang juga bisa terjadi.

2. Akun Facebook Baru Dibuat

Sudah sejak lama memang jika kita membuat akun Facebook baru, maka pada akun baru tadi fitur yang ada tidak akan selengkap di akun Facebook lama. Ini sudah menjadi rahasia umum, pasti kamu akan melihat perbedaan antara akun Facebook lama dan akun Facebook yang baru dibuat.

Jika kamu berfikir akan daftar Marketplace Facebook atau berfikir ingin mengaktifkan Marketplace Facebook di akun yang baru dibuat itu tidak akan bisa. Karena fitur tersebut akan muncul dengan sendirinya tanpa mendaftar atau di aktifkan dan akan muncul jika akun Facebook kita sudah memenuhi syarat.

3. Tidak Menggunakan Aplikasi Facebook Versi Terbaru

Saya sendiri tidak percaya dengan masalah versi aplikasi Facebook, karena fitur ini murni dengan akun Facebook dan tidak akan urusannya dengan versi aplikasi. Namun kamu bisa mencoba untuk menggunakan versi aplikasi yang terbaru mungkin saja bisa muncul.

Atau jika memang Marketplace Facebook tidak muncul dan kamu ingin mencoba menggunakan aplikasi Facebook lain, bisa kamu coba saja. Misalnya awalnya kamu hanya menggunakan aplikasi Facebook Seluler, nah kamu bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi Facebook Lite dan sebaliknya juga.

4. Lokasi dan Negara Tidak Mendukung Fitur Marketplace Facebook

Selain ada negara yang tidak mengizinkan Facebook, ternyata ada juga negara yang tidak mendukung fitur Marketplace Facebook ini. Hal seperti ini sebenarnya sudah lama saya ketahui, karena masing-masing negara pasti memiliki peraturan yang tidak bisa dilanggar.

Sebagai contoh di beberapa negara bisa memiliki saldo di akun Facebook mereka, namun untuk di Indonesia tidak bisa. Nah jika kamu menggunakan bahasa Indonesia dan berlokasi di Indonesia serta ketiga syarat di atas terpenuhi, seharusnya fitur Marketplace akan muncul.

Setelah kamu membaca penyebab Marketplace Facebook tidak muncul maka secara otomatis kamu seharusnya sudah tau solusi dan cara mengatasinya. Untuk kasus fitur Marketplace Facebook hilang juga bisa terjadi karena keempat faktor tadi salah satunya tidak ada yang terpenuhi.

Penyebab Marketplace Facebook tidak muncul yang paling sering terjadi karena belum berusia 18 tahun dan karena akun Facebook masih baru dibuat. Jika sudah 18 tahun namun belum muncul, kamu bisa menunggu saja seperti fitur Lowongan Kerja yang akan muncul sendiri.

Bagi beberapa orang, fitur Marketplace ini sangat berguna untuk meningkatkan penjual mereka yang awalnya hanya berjualan di grup-grup Facebook dengan teknik promosi. Maka jika fitur Marketplace Facebook tidak muncul di akun mereka, itu akan menjadi permasalahan tersendiri.