3 Tips Supaya Penyimpanan iPhone Penuh Tidak Kamu Alami

3 Tips Supaya Penyimpanan iPhone Penuh Tidak Kamu Alami

HiPoin.com – Pengguna iPhone harus memperhatikan penyimpanan di perangkat mereka dan jangan sampai mengalami penyimpanan iPhone penuh. Penyimpanan yang penuh sebenarnya merupakan kejadian yang umum terjadi dan bisa dialami siapa saja.

Yang menjadi masalah semua perangkat iPhone tidak mendukung penyimpanan eksternal menggunakan kartu SD. Jadi saat penyimpanan telepon atau penyimpanan internal penuh pilihan yang bisa kamu pilih menjadi berkurang.

Umumnya jika penyimpanan telepon penuh seseorang akan memindah data dan file yang ada di penyimpanan telepon ke penyimpanan eksternal seperti kartu SD selain menghapus data dan file yang tidak penting.

Bagaimana dengan iPhone, di perangkat Apple seperti iPhone dan iPad tidak mendukung kartu SD sama sekali. Tenang, masih ada solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi storage iPhone full atau penuh yaitu dengan cara menghapus data dan file.

Sayangnya terkadang menghapus data dan file kurang efisien karena alasan tertentu. Jadi apa yang perlu dilakukan supaya penyimpanan internal iPhone penuh tidak terjadi dan tidak kamu alami? ada beberapa tips.

Jadi kali ini saya akan menjelaskan beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mencegah penyimpanan perangkat iPhone menjadi penuh. Tetapi saran saya seharusnya saat membeli iPad atau iPhone kamu membeli perangkat dengan storage yang besar minimal 128 GB.

Supaya lebih jelas langsung saja kamu simak apa saja tips nya. Sering mengalami data di aplikasi WhatsApp menjadi banyak dan memakan penyimpanan? kamu bisa mengaturnya penyimpanan WhatsApp supaya data aplikasi WhatsApp tidak terlalu banyak menggunakan ruang penyimpanan.

Tips Mengatasi Supaya Penyimpanan iPhone Penuh Tidak Terjadi

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Cara pertama supaya penyimpanan iPhone yang penuh menjadi lega kembali yaitu dengan cara menghapus aplikasi yang sudah tidak kamu butuhkan dan jarang digunakan. Tidak hanya di iPhone cara ini juga bisa kamu terapkan di perangkat Android dan Windows.

Entah kenapa data aplikasi yang ada di perangkat iOS cenderung lebih banyak. Padahal saya kira tidak ada aktivitas yang berjalan di aplikasi tersebut atau aplikasi jarang digunakan. Oleh karena itu saran saya hapus pemasangan aplikasi yang ada di iOS.

2. Hapus Data dan File Yang Tidak Penting

Selain menghapus aplikasi kamu juga perlu menghapus data dan file yang sudah tidak berguna. Karena storage iPhone full tidak akan bisa kamu atasi jika hanya menghapus aplikasi yang sebelumnya sudah kamu install.

Data dan file apa saja bisa kamu hapus khususnya yang tidak kamu butuhkan dan memiliki size yang besar. Mulai dari video, foto, dokumen, dan file-file lainnya. Ingat ini perlu dilakukan karena 80% penyebab penyimpanan penuh karena data dan file yang tersimpan.

3. Simpan dan Pindah File ke iCloud atau Penyimpanan Awan Lainnya

Penyimpanan awan atau Cloud Storage adalah sahabat gadget yang tidak mendukung penyimpanan eksternal. Karena iPhone memiliki penyimpanan awan tersendiri dan sudah terintegrasi lebih baik kamu menggunakan iCloud.

Jika beberapa data dan file kurang nyaman disimpan di iCloud kamu bisa menggunakan penyimpanan awan lainnya seperti Google Drive, OneDrive, atau Dropbox. Dari beberapa tips yang sudah saya jelaskan penyimpanan internal iPhone penuh akan langsung teratasi dengan cara ini.

Karena dengan memindahkan data selain membuat penyimpanan yang awalnya penuh menjadi lega data dan file yang ada tidak akan hilang. Berbeda jika harus menghapus file-file yang ada untuk membuat penyimpanan menjadi lega.

Sayangnya di perangkat iPhone tidak mendukung penyimpanan eksternal jadi kamu hanya bisa melakukannya dengan cara memindahkan dan menyimpan data ke cloud storage seperti iCloud ataupun Google Drive.

Setelah mencoba tips yang sudah saya jelaskan di atas kamu bisa restart perangkat iPhone kamu supaya peringatan penyimpanan iPhone penuh hilang. Karena biasanya jika tidak di restart penyimpanan belum terbaca ulang dan terdeteksi masih penuh.

Selain penyimpanan iPhone penuh kamu juga perlu tau cara mengatasi penyimpanan yang ada di iCloud penuh. Karena saat mendaftar akun Apple ID pengguna hanya diberikan storage iCloud secara gratis sebesar 5 GB saja.