4 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis dan Penuh di Android

4 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis dan Penuh di Android

HiPoin.com – Bagi pengguna ponsel pintar Android masalah ruang penyimpanan hampir habis pasti sering dialami. Saya sendiri juga bingung kenapa penyimpanan di Android lebih cepat penuh padahal hanya untuk menginstall aplikasi dan menyimpan datanya saja.

Jika muncul pemberitahuan ruang penyimpanan hampir penuh kita tidak ada bisa menginstall aplikasi baru, khususnya aplikasi yang ada di Play Store. Kamu perlu melegakan ruang penyimpanan telepon terlebih dahulu supaya aplikasi bisa di install.

Setelah masalah penyimpanan internal penuh teratasi, kamu baru bisa menginstall aplikasi yang ingin kamu install. Tetapi jika masih tidak cukup, kamu perlu melakukan berbagai cara supaya ruang yang tersedia di memori internal menjadi lega.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya peringatan ruang penyimpanan hampir habis tidak muncul. Bagi pengguna ponsel pintar dari Samsung dan Oppo, penyimpanan internal yang penuh sudah sering terjadi pada ponsel dari kedua merk tadi.

Entah kenapa ponsel Android dari Oppo dan Samsung ruangan penyimpanan internalnya cepat sekali penuh. Jika ruang penyimpanan sudah penuh masalah yang paling sering terjadi yaitu tidak bisa menginstall aplikasi baru sebelum ruang penyimpanan di memori internal lega dan dirasa sudah cukup.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya memori internal di ponsel Android kamu tidak cepat penuh. Saya yakin jika kamu sudah mengikuti beberapa cara yang saya jelaskan, permasalahan memori tidak cukup tidak akan pernah muncul lagi.

Solusi Supaya Peringatan Ruang Penyimpanan Hampir Habis Tidak Muncul Lagi

1. Memori Telepon Khusus Untuk Menginstall Aplikasi

Jika ROM atau memori internal di ponsel Android kamu dibawah 64 GB maka jangan gunakan memori internal sebagai penyimpanan media. Singkatnya kamu perlu SD Card untuk menyimpan musik, video, foto, dan file lainnya.

Sedangkan memori internal khusus digunakan untuk menyimpan data sistem dan aplikasi. Jika kamu menerapkan cara ini, permasalahan ruang penyimpanan yang penuh tidak akan pernah terjadi. Dengan cara ini kamu bisa menginstall banyak aplikasi karena ruang penyimpanan yang tersedia sangat lega.

2. Rutin Hapus Sampah Aplikasi dan Sampah Sistem

Cara berikutnya yang bisa kamu coba supaya peringatan ruang penyimpanan hampir habis tidak muncul lagi yaitu dengan cara selalu menghapus sampah tidak berguna serta cache yang tidak berguna. Kamu bisa menggunakan CCleaner for Android untuk menghapus sampah dan cache.

Terlalu banyak sampah dan cache yang tidak berguna bisa menyebabkan ruang penyimpanan penuh dengan sendirinya. Kamu perlu menghapus cache serta sampah dari aplikasi dan sistem minimal 1 bulan sekali, lebih sering lebih bagus.

3. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Pernah Digunakan

Mencopot pemasang aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan bisa kamu lakukan untuk menghemat ruang penyimpanan. Kamu bisa mencopot aplikasi yang memang tidak berguna sama sekali, seperti game yang populer tahun lalu dan kamu sudah tidak pernah memainkannya lagi.

4. Pindah Data Aplikasi ke SD Card

Saran saya data aplikasi yang kamu pindahkan yaitu data aplikasi dari game saja. Karena sudah dipastikan data aplikasi game HD yang memiliki size lebih dari 1 GB dapat dipindahkan, tergantung ponsel Android yang kamu gunakan bisa atau tidak untuk memindahkan data aplikasi dari internal memori ke SD Card.

Memindahkan data aplikasi cukup membantu supaya masalah ruang penyimpanan hampir habis tidak muncul. Tapi perlu diingat, jika data aplikasi ada di SD Card dan SD Card nya kamu lepas otomatis kamu tidak akan bisa menggunakan aplikasi tadi.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengatasi ruang penyimpanan hampir habis atau penuh. Berapapun memori internal yang ponsel kamu miliki, jika kamu tau dan paham bagaimana cara menghemat ruang penyimpanan maka kasus penyimpanan internal penuh tidak akan terjadi.

Jika kamu memang butuh beberapa MB untuk menginstall aplikasi yang memiliki ukuran kecil, menghapus data Play Store dan Play Service bisa kamu coba. Karena kedua aplikasi tersebut memiliki data aplikasi yang cukup banyak yaitu lebih dari 100 MB.

Semoga beberapa cara diatas membantu kamu supaya kasus ruang penyimpanan hampir habis tidak terjadi lagi. Jika benar-benar sudah penuh dan tersisa ruang kurang dari 1 MB kamu tidak akan bisa menerima SMS masuk, menerima pemberitahuan serta lebih parahnya data aplikasi di beberapa aplikasi bisa terhapus sendiri.