Cara Verifikasi Google Search Console Dengan DNS Supaya Tidak Gagal

Cara Verifikasi Google Search Console Dengan DNS Supaya Tidak Gagal

HiPoin.com – Melakukan verifikasi Google Search Console sangat penting dilakukan jika kamu memiliki sebuah situs atau blog. Cara ini adalah salah satu cara supaya situs kita terdeteksi atau terindex oleh mesin pencarian Google. Oleh sebab itu jangan sampai lupa menghubungkan dan memverifikasi domain kita ke GSC.

Jika kamu bertanya apakah penting melakukan verifikasi kepemilikan domain ke Google Webmaster?. Jawabannya sangatlah penting, kenapa begitu?. Karena pengunjung atau visitor hampir 95% datang dari mesin pencarian Google, sedangkan dari mesin pencarian Bing, Yahoo, dan beberapa search engine lainnya hanya sedikit.

Kini proses verifikasi di Google Webmaster lebih mudah dan gampang, kita langsung bisa verifikasi kode Google Search Console tanpa harus mengatur beberapa pengaturan yang dulu sempat ada. Karena tampilan Google Search Console yang sekarang lebih simple namun sangat fungsional.

Langkah pertama yaitu kamu menambahkan properti domain dengan menggunakan metode verifikasi DNS. Cara ini sebenarnya sangat mudah dan simple, namun verifikasi DNS Google Search Console memakan waktu yang cukup lama.

Bagi kamu yang menggunakan blogger.com, menambahkan kode verifikasi DNS ke DNS Management sudah lebih dari cukup dan tidak perlu melakukan hal yang lain. Tetapi untuk verifikasi Google Search Console pada WordPress tidak hanya sampai disitu saja.

Karena jika hanya menambahkan TXT Record di DNS Management nantinya hanya akan muncul “v=spf1“, alias tidak berhasil. Oleh sebab itu bagi pengguna WordPress Self-Hosting wajib untuk verifikasi Google Search Console selain di DNS Management juga wajib di Cpanel.

Bagaimana caranya? Kamu bisa melihat tutorial dibawah jika kamu tidak tau cara menambahkan kode verifikasi DNS dari GSC di Cpanel. Sedangkan untuk menghilangkan pop-up Newsletter di WordPress, kamu bisa baca artikel sebelumnya yang sudah saya bahas terlebih dahulu.

Cara Verifikasi Google Search Console Menggunakan DNS Pada WordPress

Langkah ke-1: Pastikan kamu sudah menambah TXT Record di DNS Management. Caranya buka Client Area>My Domains>Pilih Domain>Managed DNS> Tambahkan Record Baru dengan type TXT

Cara Verifikasi Google Search Console

Langkah ke-2: Jika kamu sudah menambahkan TXT Record dan sudah menunggu selama 2×24 atau lebih, tetapi saat menekan tombol Verifikasi muncul pemberitahuan “Verifikasi kepemilikan gagal” maka kamu perlu menambahkan TXT Record lewat Cpanel

Langkah ke-3: Untuk menambahkan kode verifikasi Google Search Console di Cpanel, kamu cukup akses Cpanel kamu lalu cari menu Zone Editor

Menu Zone Editor di Cpanel

Langkah ke-4: Selanjutnya pilih Kelola pada nama domain yang terhubung dengan Cpanel

Kelola Zone Editor

Langkah ke-5: Dan untuk menambahkan Record di Cpanel, silakan klik Tambah Record

Tambah Record di Cpanel

Langkah ke-6: Berikut detail pengisian kolom pada menu Tambah Record. Valid zone name cukup input nama domain kamu. TTL tidak usah diubah dan Tipe pilih TXT. Sedangkan untuk kolom Record paste kan verifikasi kode Google Search Console domain terkait yang sudah kamu dapatkan. Jika sudah tekan Tambah Record

Tambah Record TXT di Cpanel

Langkah ke-7: Langkah terakhir jika sudah menambahkan TXT Record di Cpanel untuk verifikasi Google Search Console, kamu hanya perlu menunggu beberapa menit saja. Jika awalnya hanya dengan menambahkan TXT Record di DNS Management sudah 2×24 jam tetapi tetap tidak berhasil, setelah kita tambahkan TXT Record di Cpanel maka akan langsung terdeteksi.

Itu dia cara verifikasi kepemilikan domain Google Search Console untuk WordPress. Jadi untuk di WordPress selain menambahkan TXT Record di DNS Management kita juga perlu menambahkan TXT Record di root lewat Cpanel.

Setelah kamu menambahkan TXT Record lewat Zone Editor, tunggu beberapa saat. Setelah itu klik tombol verifikasi maka akan langsung berhasil. Selain itu mungkin kamu juga perlu tau cara copy paste dari internet yang benar. Karena terkadang format text dimana teks tersebut di salin akan ikut tercopy.