Cara Melihat Rekaman Suara Yang Sudah Kita Rekam

Cara Melihat Rekaman Suara Yang Sudah Kita Rekam

HiPoin.com – Perekam suara di ponsel sering digunakan oleh beberapa orang untuk merekam percakapan yang cukup penting. Setelah selesai merekam wajib untuk melihat rekaman suara tadi untuk memastikan bahwa suara yang direkam berhasil ditangkap secara jelas.

Reporter adalah salah satu profesi yang paling sering menggunakan perekam suara yang ada di ponsel pintar. Seperti yang kita tau hasil rekaman suara lewat ponsel pintar cukup bagus untuk diputar ulang. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat rekaman audio dari aplikasi perekam suara.

Kamu bisa melihat hasil perekam suara dari aplikasi perekam suara langsung atau lewat File Manager pada folder recorder. Pada pembahasan kali ini saya akan sedikit memberitahukan kepada kamu 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk melihat hasil rekaman audio dari aplikasi perekam suara.

Karena aplikasi perekam suara dan File Manager pada masing-masing ponsel berbeda, kemungkinan akan ada langkah yang tidak kamu temui di tutorial yang akan saya bahas kali ini. Tetapi sebagian besar cara untuk melihat rekaman suara tiap ponsel hampir sama.

Sebelum kamu lanjut ke tutorialnya, kamu bisa baca cara mengatur external mic di Android terlebih dahulu. Bagi kamu yang seorang Youtuber atau Content Creator wajib tau bagaimana cara menghubungkan Microphone External dengan perangkat Android yang kamu gunakan.

Cara Melihat Rekaman Suara di Android

Langkah ke-1: Untuk melihat rekaman audio hasil aplikasi perekam suara, yang pertama kamu bisa langsung melihatnya lewat aplikasi Perekam Suara. Caranya kamu buka aplikasi Perekam Suara yang kamu gunakan lalu pilih Rekaman

Tutorial Melihat Rekaman Suara di Ponsel Android

Langkah ke-2: Maka akan muncul semua file rekaman yang sudah kamu rekam dengan aplikasi tersebut

Hasil Rekaman Aplikasi Perekam Suara

Langkah ke-3: Yang kedua kamu bisa melihat hasil perekam suara lewat File Manager. Caranya kamu akses Memori Internal lalu cari folder Recordings

Hasil Rekaman Suara di Memori Internal

Langkah ke-4: Kemudian kamu cari file rekaman tadi ada di folder yang mana, karena masing-masing ponsel memiliki nama folder yang berbeda

Folder Penyimpanan Hasil Perekaman Suara

Sangat mudah bukan untuk melihat rekaman suara yang sudah kamu rekam. Sayangnya file hasil rekaman suara ini bisa masuk ke aplikasi Musik. Jika dirasa rekaman tersebut cukup sensitif kamu bisa memindahkan file tersebut ke folder tersembunyi supaya tidak terdeteksi aplikasi Musik.

Atau kamu bisa menghapusnya jika kamu sudah backup file tadi ke Google Drive. Bagi kamu yang menggunakan aplikasi perekam suara dari pihak ketiga file yang akan tersimpan kemungkinan tetap berada di folder recordings, jadi kamu tidak usah bingung mencarinya dimana.