Cara Menampilkan Perekam Layar di iPhone Yang Hilang

HiPoin.com – Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara menampilkan perekam layar di iPhone. Perekam layar menjadi fitur wajib yang kini biasanya sudah disematkan sebagai fitur bawaan. Tidak hanya di Android, di iOS pengguna iPhone dapat menggunakan perekam bawaan yang telah disediakan.

Perekam layar bawaan atau screen recorder default biasanya sudah ada di panel notifikasi atau yang kini sering disebut sebagai pusat kontrol. Artinya screen recorder yang sudah ada di pusat kontrol sebelum kamu menginstall aplikasi serupa maka sudah dipastikan bahwa fitur tersebut merupakan fitur default.

Hampir semua perangkat ponsel pintar memiliki fitur perekam layar bawaan. Tanpa menginstall screen recorder dari pihak ketiga kamu bisa langsung merekam layar dengan kualitas bagus. Apa screen recoder bawaan selalu ada di pusat kontrol atau panel notifikasi?

Seharusnya iya, tetapi jika tidak ada kemungkinan belum aktif atau tidak sengaja kamu hapus dari menu pusat kontrol. Sama seperti di Android, perekam layar di iPhone hilang bisa terjadi karena belum kamu aktifkan atau tidak sengaja kamu hapus dari menu.

Jika perekam layar di iPhone tidak ada kamu tidak usah panik dan bingung. Kamu hanya perlu menambahkan lagi ikon perekam layar supaya kamu dapat menggunakan fitur tersebut langsung lewat pusat kontrol layaknya fitur tangkap layar atau screenshot.

Ngomong-ngomong tentang screenshot, apakah kamu pernah mengalami screenshot di Android tidak bisa? Jika kamu pernah mengalaminya dan bingung kamu bisa baca artikel tentang kenapa tidak bisa screenshot di perangkat Android.

Menampilkan Perekam Layar di iPhone Yang Tidak Ada di Kontrol Panel

Langkah ke-1: Silakan kamu buka Setelan terlebih dahulu di perangkat iPhone kamu

Menampilkan Perekam Layar di iPhone

Langkah ke-2: Kamu gulir kebawah dan pilih Pusat Kontrol

Pengaturan iPhone

Langkah ke-3: Pada Kontrol Lainnya, silakan kamu cari Perekam Layar. Jika ada langsung saja kamu tambahkan supaya tampil di Pusat Kontrol

Pusat Kontrol iPhone

Langkah ke-4: Jika sudah ada di Kontrol Yang Disertakan, artinya fitur tersebut sudah tampil di Pusat Kontrol

Kontrol Yang Disertakan

Setelah kamu menambahkan Perekam layar ke Pusat Kontrol nantinya perekam layar di iPhone yang hilang atau tidak ada akan muncul kembali di Pusat Kontrol. Selain lewat Pusat Kontrol, saya belum tau cara lain untuk bisa menggunakan perekam layar bawaan milik iPhone ini.

Secara default tombol Perekam Layar ada di Pusat Kontrol tanpa kamu tambahkan. Akan tetapi jika kamu tidak sengaja menghapus tombol tersebut maka tombol perekam layar tidak akan tampil dan akan tampil kembali jika kamu tambahkan ulang.

Itu saja artikel kali ini tentang cara menampilkan perekam layar di iPhone yang tiba-tiba hilang dari Pusat Kontrol. Setelah perekam layar di iPhone tidak ada berhasil kamu kembalikan, kamu perlu tau cara mengatur kualitas perekam layar di perangkat Xiaomi. Xiaomi memiliki perekam layar bawaan yang bisa kamu gunakan.