Cara Mengaktifkan VoLTE di Operator Seluler Smartfren

Cara Mengaktifkan VoLTE di Operator Seluler Smartfren

HiPoin.com – Bagi pengguna operator seluler Smartfren kamu harus mengaktifkan VoLTE supaya kamu bisa menggunakan fitur Telepon dan SMS. Saya yakin banyak pengguna Smartfren yang kebingungan karena tidak bisa mengunakan fitur SMS dan Telepon.

VoLTE di Smartfren memang berfungsi sebagai bantuan supaya pada jaringan 4G pengguna dapat membuat dan menerima panggilan telepon serta dapat mengirim dan menerima SMS masuk. Kenapa di operator lain tidak membutuhkan VoLTE?

Karena di provider lain selain Smartfren mereka memiliki jaringan 3G dan 2G. Sedangkan Smartfren hanya memiliki 4G saja dan di jaringan 4G tidak bisa melakukan panggilan atau mengirim SMS. Banyak pengguna enggan mengaktifkan fitur VoLTE karena mereka berfikir bisa membuat boros baterai.

VoLTE tidak membuat boros baterai karena sinyal dari Smartfren sudah sangat kuat dan VoLTE hanya sebagai pendukung saja. Tanpa Voice Over LTE atau VoLTE kamu tidak akan bisa menerima dan mengirim SMS sama sekali. Selain itu kamu juga tidak bisa melakukan panggilan dan menerima panggilan.

Salah satu efek jika VoLTE tidak aktif yaitu jika nomor kamu di hubungi oleh orang lain maka panggilan langsung di akhiri karena tidak bisa terhubung. Supaya lebih jelas langsung saja kamu simak bagaimana cara mengaktifkan VoLTE operator Smartfren yang belum aktif atau tidak muncul.

Langkah Mengaktifkan VoLTE atau Voice Over LTE

Langkah ke-1: Silakan kamu buka Setelan lalu pilih Kartu SIM & jaringan seluler

Mengaktifkan VoLTE Smartfren

Langkah ke-2: Kemudian pilih SIM Smartfren

SIM Smartfren

Langkah ke-3: Lalu aktifkan VoLTE dengan menekan Gunakan VoLTE

Gunakan VoLTE

Langkah ke-4: VoLTE berhasil di aktifkan

VoLTE Berhasil Diaktifkan

Bagaimana mudah bukan mengaktifkan layanan VoLTE yang ada di Smartfren. Setahu saya hanya Smartfren yang membutuhkan VoLTE karena jaringan Smartfren hanya 4G saja. Karena di operator lain saat SMS dan bertelepon jaringan akan berpindah ke 3G secara otomatis.

Tidak bisa mengirim SMS atau menerima telepon saat jaringan 4G di kunci? Tentu saja tidak akan bisa karena 4G tidak mendukung kedua layanan tersebut. Jadi jangan coba-coba lock 4G jika kamu sering menerima SMS dan panggilan telepon.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang cara mengaktifkan fitur VoLTE semoga bermanfaat bagi kamu yang belum mengetahuinya. Ingin melihat riwayat pembelian atau riwayat transaksi nomor Smartfren? kamu bisa baca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya.