Verifikasi Domain di Facebook Apakah Memang Lama? Atau Gagal

Verifikasi Domain di Facebook Apakah Memang Lama? Atau Gagal

HiPoin.com – Siapa yang tidak tau Facebook, salah satu media sosial yang populer sejak dahulu hingga sekarang. Banyaknya aplikasi media sosial yang bermunculan, Facebook tetap eksis dengan pengguna baru yang semakin hari semakin bertambah. Tidak hanya remaja dan orang dewasa, kini pengguna Facebook juga banyak dari kalangan orang tua yang belum begitu paham mengenai Facebook itu sendiri.

Karena menjadi media sosial yang populer serta banyaknya berita yang tersebar di Facebook, maka kini sangat penting untuk verifikasi domain Facebook atau verifikasi domain di Facebook. Bagi kamu yang seorang blogger, apapun jenis blog kamu maka wajib untuk mencoba verifikasi domain di Facebook.

Verifikasi domain Facebook bukanlah meletakkan alamat Facebook ke website kita, melainkan domain pada blog yang kamu punya di verifikasi pada sebuah Halaman Facebook untuk menyatakan bahwa memang domain dan seisinya milik kamu.

Keuntungan yang pertama jika domain sudah terverifikasi oleh Facebook yaitu domain kita akan terlihat lebih keren jika tampil di Facebook. Reputasi akan meningkat karena domain kita terhubung pada halaman blog milik kita yang sudah kita daftarkan tadi.

Jika halaman Facebook dengan nama situs blog kamu memiliki jumlah like atau suka yang banyak, reputasi nya akan semakin meningkat lagi. Singkatnya rasa kepercayaan terhadap artikel pada blog kamu akan meningkat dan orang pun tidak akan ragu membagikan salah satu artikel yang ada pada blog atau situs kamu.

Yang kedua yaitu supaya domain kita tidak diblokir oleh pihak Facebook. Banyak sekali penyebab kenapa domain bisa diblokir oleh pihak Facebook. Namun yang jelas jika domain sudah di blokir maka kita tidak akan bisa membagikan artikel atau membagikan domain kita ke Facebook menggunakan link aktif.

Selain itu jika sudah pernah membagikan salah satu artikel dari domain tersebut, maka jika sudah diblokir oleh Facebook kita tidak akan bisa menuju ke situs tersebut secara langsung. Secara tidak langsung ini akan mengurangi jumlah visitor pada blog dan kedepannya bisa membuat image situs menjadi kurang bagus karena tidak bisa dibagikan ke Facebook yang merupakan media sosial terpopuler.

Untuk cara verifikasi domain di Facebook bisa kamu lakukan lewat akun Business Manager halaman Facebook yang ingin di tautkan pada domain kamu. Sangat mudah sekali semudah jika mengatasi Wifi dan Bluetooth sering menyala sendiri. Karena saya anggap mudah, saya tidak akan membahasnya untuk kali ini.

Mungkin yang cukup sering terjadi saat verifikasi domain ke Facebook yaitu selalu gagal melakukan verifikasi. Untuk verifikasi domain di Facebook salah satu cara yang bisa kita lakukan yaitu lewat pengaturan DNS pada domain kita. Nyatanya setelah kita melakukan Rekaman DNS TXT pada konfigurasi DNS ternyata gagal.

Muncul peringatan bahwa “DNS TXT Record Mismatch“. 2 kali saya melakukan verifikasi domain yang berbeda di Facebook, 2 kali juga saya mengalami hal tersebut. Apa itu bisa disebut gagal verifikasi domain kita ke Facebook?. Saya rasa tidak, lihatlah kalimat di atas peringatan tersebut.

Akan ada kalimat seperti ini “Wait until your DNS configuration changes have spread across your website’s domain servers (this may take up to 72 hours), then click Verify“. Yang artinya harus menunggu kurang lebih 72 jam supaya konfigurasi DNS terbaca dan setelah 72 jam barulah klik tombol verifikasi.

Apakah langkah verifikasi domain Facebook pada domain kita dijamin berhasil? Saya rasa berhasil karena sudah saya buktikan sendiri. Awalnya cukup pesimis karena gagal terus, saya selalu reload halaman tersebut dan tidak ada perubahan sama sekali karena belum 72 jam, hanya bikin boros kuota internet saja.

Setelah beberapa hari berlalu saya hampir lupa, dan iseng-iseng klik tombol verifikasi dan akhirnya.. Bisa dan terverikasi. Saya cek pada artikel yang sudah pernah saya bagikan ke Facebook, sudah muncul halaman yang saya daftarkan pada domain tadi.

Untuk memverifikasi kepemilikan domain melalui data DNS memang butuh waktu yang lama. Namun jika kamu melakukan nya dengan benar, step by step maka akan berhasil. Tidak usah menggunakan jasa cukup lakukan sendiri karena gratis hanya perlu mengakses akun Business Manager pada halaman yang ingin di daftarkan untuk domain tadi.