Cara Mengetahui Versi Aplikasi di Android

Cara Mengetahui Versi Aplikasi di Android

HiPoin.com – Mengetahui versi aplikasi yang yang install cukup penting khususnya sebelum kamu memperbarui aplikasi tersebut. Karena ada beberapa aplikasi yang sering melakukan pembaruan akan tetapi tidak memberi dampak yang signifikan.

Artinya kamu hanya membuang kuota internet kamu dan tidak mendapatkan pembaruan aplikasi yang memuaskan di aplikasi terkait. Selain dilakukan sebelum melakukan update aplikasi, mengecek versi aplikasi perlu kamu lakukan saat ingin menambah data baru.

Sebagai contoh game yang ada di perangkat Windows. Kamu bisa dengan mudah menambahkan data ke dalam game supaya beberapa fitur dan tampilan yang ada di dalam game berubah. Akan tetapi sebelum melakukan hal tersebut kamu perlu tau versi aplikasi yang terinstall supaya data yang akan kamu tambahkan cocok.

Mengecek versi aplikasi terinstall terlihat sederhana tetapi cukup penting di beberapa kondisi. Aplikasi di Windows, Android, dan iOS bisa kamu cek versinya dengan mudah. Di masing-masing sistem operasi, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Salah satunya lewat menu About atau Tentang yang ada di dalam aplikasi. Sedangkan pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara mengecek dan mengetahui versi aplikasi di Android. Bagi kamu pengguna Windows dan iOS tidak usah khawatir, jika ada waktu akan saya bahas juga.

Penasaran file aplikasi dapat disimpan di Google Drive atau tidak? supaya kamu tau jawabannya kamu bisa baca artikel tentang upload aplikasi ke penyimpanan Google Drive. Kamu bisa unggah aplikasi berformat .apk atau .exe supaya aplikasi tersebut bisa kamu install kembali di kemudian hari.

Cara Mengetahui Versi Aplikasi Terinstall di Android

Langkah ke-1: Kamu tahan lama aplikasi yang ingin kamu cek versi aplikasinya baik yang ada di layar utama atau yang ada di App Drawer

Mengetahui Versi Aplikasi Android

Langkah ke-2: Selanjutnya pilih Info apl

Info Apl

Langkah ke-3: Versi aplikasi yang terinstall akan tampil di bawah nama aplikasi

Versi Aplikasi Android

Langkah ke-4: Lebih detail mengenai aplikasi tersebut kamu bisa klik Info di pojok kanan atas

Info Aplikasi

Sangat mudah bukan, saya yakin kamu bisa. Cara tersebut juga bisa kamu gunakan untuk menghapus sampah dan cache aplikasi atau bisa kamu gunakan untuk menghentikan paksa aplikasi yang error atau aplikasi yang tidak menanggapi saat dibuka.

Selain dengan cara diatas, kamu bisa mengetahui versi aplikasi langsung lewat aplikasi jika aplikasi tersebut memiliki menu About atau Tentang. Sedangkan versi aplikasi yang ada di Play Store berbeda, karena itu adalah versi aplikasi terbaru atau pembaruan aplikasi yang terakhir.

Sering mengalami masalah saat melakukan pembaruan aplikasi atau aplikasi tidak berjalan saat di update? Selain tau cara cek versi aplikasi di Android kamu juga harus tau cara mengatasi proses update aplikasi tidak berjalan padahal tombol perbarui sudah ditekan.