Cara Menonaktifkan Pembaruan Perangkat Lunak Otomatis di Android

Cara Menonaktifkan Pembaruan Perangkat Lunak Otomatis di Android

HiPoin.com – Sangat penting untuk menonaktifkan pembaruan perangkat lunak yang selalu melakukan pembaruan secara otomatis. Memang tidak ada salahnya sistem melakukan pembaruan secara otomatis, tetapi hal ini bisa menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan bermunculan.

Dengan menonaktifkan pembaruan sistem otomatis, yang pasti kita juga menghemat kuota internet. Karena biasanya untuk ukuran file update sistem cukup besar, tetapi tidak jarang ada yang memiliki ukuran file update yang relatif kecil tidak lebih dari 100 MB.

Menonaktifkan update sistem Android bagi pengguna ponsel pintar Android yang tergabung dalam project AndroidOne wajib hukumnya. Karena jika kita tidak mematikan pembaruan otomatis di AndroidOne maka setiap ada update rilis seperti pembaruan patch keamanan setiap bulannya maka akan langsung di proses secara otomatis oleh sistem.

Untuk update patch keamanan memang tidak terlalu berpengaruh, tetapi ini bisa memotong kuota internet kita secara tiba-tiba walaupun tidak banyak. Oleh sebab itu, menonaktifkan pembaruan perangkat lunak otomatis sangat penting.

Lebih baik kita melakukan pembaruan secara manual dari pada otomatis. Jika kita melakukannya secara manual, kita bisa mengetahui efek dari update sistem baik atau tidak dengan melihat atau bertanya ke pengguna yang sudah melakukan pembaruan.

Rata-rata vendor ponsel pintar seperti Samsung, Nokia, Xiaomi, Oppo, Vivo dan Asus sudah rajin melakukan update ke beberapa perangkat mereka tidak seperti beberapa tahun yang lalu. Untuk lebih jelasnya tentang cara mencegah sistem melakukan pembaruan sendiri, kamu bisa baca artikel ini sampai selesai.

Cara Menonaktifkan Pembaruan Perangkat Lunak di Android Supaya Tidak Otomatis Update

Langkah ke-1: Kamu akses menu Opsi Developer di Pengaturan. Jika Opsi Developer tidak ada atau belum muncul, kamu bisa memunculkannya dengan cara menekan Nomor bentukan 3 kali atau lebih

Cara Menonaktifkan Pembaruan Perangkat Lunak Otomatis

Langkah ke-2: Selanjutnya kamu scroll atau gulir kebawah dan nonaktifkan pilihan Update sistem otomatis

Nonaktifkan Update Sistem Otomatis

Langkah ke-3: Jika sudah dimatikan, maka sistem tidak akan melakukan pembaruan secara otomatis

Update Sistem Otomatis Berhasil di Nonaktifkan

Sangat mudah sekali cara mematikan pembaruan sistem otomatis di Android. Yang wajib kamu garis bawahi, jangan sampai kamu menonaktfikan Opsi Developer. Karena jika kamu menonaktifkan Opsi Developer maka secara otomatis pengaturan Update sistem otomatis akan aktif lagi.

Jadi cara menonaktifkan pembaruan perangkat lunak secara otomatis akan sia-sia jika Opsi Developer di nonaktifkan juga. Dan yang perlu kamu ketahui, untuk mencegah sistem update secara otomatis bisa kita lakukan, tetapi untuk membatalkan update sistem yang sedang berjalan ini sangat beresiko.

Sebelum saya akhiri cara menonaktifkan pembaruan perangkat lunak lewat Opsi Developer, jika kamu tidak tau mengenai AndroidOne kamu bisa membacanya secara lengkap di halaman tentang Android One. Antarmuka AndroidOne sama persis seperti Stock Android/Pure Android, tetapi lebih condong ke arah Pixel Launcher.