Cara Menghapus dan Menghilangkan Format Teks Efek Copy Paste

Cara Menghapus dan Menghilangkan Format Teks Efek Copy Paste

HiPoin.com – Kegiatan copy dan paste pasti tidak akan lepas jika kita sering mengetik sesuatu. Baik saat membuat makalah ataupun sebuah laporan. Oleh sebab itu menghilangkan format sangat penting saat kita mengcopy teks dari internet.

Jika tidak kita hilangkan dan langsung kita paste ke Microsoft Word misalnya, maka format yang ada di halaman dimana teks tersebut di copy akan ikut semua. Ini lah salah satu penyebab kenapa teks tiba-tiba menjadi berubah dan acak-acakan setelah kita menyalin sesuatu dari internet.

Menghapus format copy paste sangat penting jika kita menyalin sesuatu dari internet. Ini mencegah adanya format-format teks yang tidak perlu yang bisa mempengaruhi dokumen yang sedang kita kerjakan. Bagi yang sudah terbiasa, permasalahan seperti ini bukanlah permasalahan yang besar.

Namun bagi yang jarang menggunakan Microsoft Word atau yang jarang menggunakan Komputer maka akan kebingungan. Untuk menghilangkan format supaya teks yang kita copy dari internet tidak memiliki format, kamu bisa mengikuti tutorial yang akan saya jelasnya.

Tutorial yang akan saya jelaskan sudah sering digunakan oleh orang-orang pada bidangnya, sebagai contoh mengcopy script dari internet. Script yang baru saja kita salin tetap perlu dihilangkan formatnya jika ada untuk mencegah error. Seperti halnya menghapus tag pada WordPress yang tidak kita gunakan.

Cara Menghilangkan Format Copy Paste Dari Internet

Langkah ke-1: Kamu cari teks di internet yang ingin di salin, jika sudah salin teks tersebut

Langkah Menghilangkan Format Teks

Langkah ke-2: Aturan yang paling mudah saat copy paste dari internet yang benar ialah kamu buka Notepad terlebih dahulu

Buka Aplikasi Notepad

Langkah ke-3: Jika sudah terbuka aplikasi Notepad nya, kamu paste saja teks yang sudah di salin ke Notepad. Memang di Notepad teks menjadi tidak rapi karena memanjang, namun ini menandakan teks tersebut tidak memiliki format sama sekali.

Paste Teks Dari Internet ke Notepad

Langkah ke-4: Langkah terakhir jika kamu sudah menghilangkan format teks dengan aplikasi Notepad, barulah kamu copy lagi teks tersebut dari Notepad dan paste kan di mana kamu ingin menambahkan teks atau tulisan tadi. Sebagai contoh akan saya paste ke Microsoft Word

Format Teks Sudah Hilang

Dengan langkah-langkah copy paste teks dari internet di atas, maka kamu mencegah hasil copy paste yang berantakan. Jika semua format pada teks sudah dihapus, tulisan yang sudah kita salin tadi hanya sekedar tulisan biasa saja tanpa format sama sekali.

Selain itu untuk jenis font dan ukuran font di mana kita menyalin tulisan tadi tidak akan ikut tersalin karena sudah terhapus saat kita mengcopy nya ke Notepad. Aplikasi Notepad yang jarang digunakan oleh orang yang tidak tau fungsi nya memang sangat berguna sekali untuk menghilangkan format tulisan atau teks.

Setelah kamu mengetahui cara menyalin tulisan dari internet yang benar, maka gunakan cara diatas sewaktu kamu ingin menyalin suatu teks ke Microsoft Word atau ke Blog kamu. Karena jika kamu menyalin teks dari internet kemudian di paste ke Blogspot atau WordPress, format nya tetap akan ada kalau tidak dihilangkan.