Cara Menghilangkan Suara Video Menggunakan Aplikasi Kinemaster

Cara Menghilangkan Suara Video Menggunakan Aplikasi Kinemaster

HiPoin.com – Setidaknya ada 3 masalah yang akan kamu temui saat merekam video yaitu kualitas video dan audio jelek, kualitas video yang jelek tetapi audio bagus, atau audio jelek tetapi kualitas video bagus. Menghilangkan suara video salah satu langkah awal saat melakukan proses editing video.

Ada beberapa alasan kenapa audio asli video harus dihapus atau dihilangkan salah satunya karena memang tidak digunakan. Sebagai contoh pada video klip, audio asli tidak akan terdengar karena di hilangkan dan digantikan dengan backsound musik atau lagu.

Bisa juga karena audio yang terekam bersamaan dengan video kualitasnya kurang bagus dan digantikan dengan audio yang sama yang direkam menggunakan microphone eksternal dan ini sudah biasa dilakukan oleh para youtuber.

Bagaimana cara menghilangkan audio atau suara yang ada di video? caranya sangatlah mudah. Karena saya kira hampir semua aplikasi video editing bisa kamu gunakan untuk menghilangkan audio di video karena itu termasuk fitur dasar.

Untuk aplikasi lain sebenarnya sama saja kamu hanya perlu cari menu yang ada hubungannya dengan Suara atau Audio setelah itu kamu tekan mute. Supaya lebih lebih jelas langsung saja kamu simak cara menggunakan Kinemaster untuk menghilangkan suara video.

Sedangkan untuk aplikasi lain yang populer digunakan di perangkat smartphone seperti PowerDirector, VivaVideo, dan Capcut akan saya bahas jika ada waktu luang. Sering melihat video di Instagram tanpa suara? mungkin saja karena suara aslinya dihapus dan tidak ditambahkan backsound sama sekali.

Cara Menghilangkan Suara Video Menggunakan Kinemaster

Langkah ke-1: Kamu buka aplikasi Kinemaster lalu buat project baru dengan video yang ingin kamu hilangkan audio aslinya

Menghilangkan Suara Video Dengan Kinemaster

Langkah ke-2: Pertama kamu bisa klik pada bagian video untuk menampilkan beberapa setelan

Edit Video Menggunakan Kinemaster

Langkah ke-3: Setelah muncul kamu bisa pilih pada setelan Volume video

Setelan Video di Kinemaster

Langkah ke-4: Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan suara asli di video menggunakan Kinemaster. Yang pertama kamu bisa menurunkan volume sampai 0% dan yang kedua kamu bisa langsung mute suara dengan cara menekan ikon volume supaya mute audio aktif

Setelan Volume Video Kinemaster

Langkah ke-5: Saya sarankan lebih praktis langsung di mute dan setelah mute aktif kamu bisa simpan perubahan

Mute Volume Kinemaster

Di aplikasi video editing lainnya saya kira juga memiliki 2 pilihan yang bisa dipilih pengguna. Pengguna bisa mengatur volume audio sampai 0% sampai tidak bersuara atau langsung menggunakan fitur mute yang lebih praktis.

Tips dari saya jika memang audio asli ingin dihilangkan lebih baik kamu menghilangkan suara video langsung dari awal. Karena setelah kamu memotong video menjadi beberapa bagian kamu harus melakukan mute satu persatu karena video sudah terpotong-potong.

Itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai menghilangkan audio di video menggunakan Kinemaster semoga bermanfaat. Ingin merekam suara dengan hasil yang bagus? kamu bisa menggunakan aplikasi ASR Recorder karena aplikasi ini cukup bisa diandalkan.