5 Ciri-Ciri SMS Penipuan Dengan Modus Berhadiah Yang Paling Mudah Dikenali

5 Ciri-Ciri SMS Penipuan Dengan Modus Berhadiah Yang Paling Mudah Dikenali

HiPoin.com – Mendapatkan SMS yang berisi tentang menang undian atau hadiah sering saya alami dari dulu hingga sekarang. Saya sendiri sampai bosan, karena saya tau ciri SMS penipuan dan SMS tersebut memanglah SMS penipuan.

Modus seperti ini hampir ada di semua operator seluler di Indonesia, jadi pengguna operator Telkomsel, Indosat Ooredoo, Smartfren, 3, AXIS, dan XL Axiata pasti pernah mengalaminya. Namun saya sendiri bingung bagaimana pelaku penipuan SMS ini bisa mendapatkan nomor yang kita gunakan dari mana.

Pasti bagi kamu yang hampir setiap hari menerima pesan masuk dari modus SMS penipuan juga bingung, kenapa pelaku bisa tau nomor milik kamu itu. Banyak sekali modus dan contoh SMS penipuan yang semakin hari semakin beragam.

Salah satu ciri SMS penipuan yaitu dengan modus sebagai pemenang hadiah, pemenang undian, pinjaman dari Koperasi, pendaftaran agen pulsa, pemenang Birthday Sale, dan masih banyak yang lainnya. Modus SMS penipuan terbaru yang terakhir saya terima yaitu saya menang hadiah sebuah Mobil dengan nilai ratusan juta.

Selain mobil, banyak beragam hadiah yang di tawarkan oleh si pelaku penipuan untuk bisa menjebak target. Mulai dari Uang, Rumah, dan Sepeda Motor. Biasanya jika saya ada pesan masuk dari nomor yang tidak jelas seperti itu langsung saya blokir, supaya penipuan SMS dari nomor tersebut tidak masuk lagi.

Setelah tau contoh SMS penipuan yang modusnya menyatakan kita sebagai pemenang hadiah sampai pendaftaran agen, kamu tau tidak ciri SMS penipuan yang jelas dan gampang kita kenali. Modus SMS penipuan sangat mudah kita kenali hanya melihat dari pesan yang dikiriman.

Apalagi jika pelaku mengatasnamakan perusahaan besar seperti Shopee, Lazada, dan WhatsApp, jelas itu tidak mungkin. Maka dari itu jika kamu belum tau ciri-ciri SMS penipuan, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai. Selain harus tau contoh SMS penipuan, kamu juga harus tau ciri-cirinya.

Ciri-Ciri SMS Penipuan Yang Paling Mudah Dikenali

1. Menggunakan Nomor Telepon Yang Umum Digunakan

Saya yakin jika kita mengikuti sebuah undian atau kuis yang diselenggarakan oleh perusahaan besar, maka jika memang kita menang akan dihubungi dengan nomor perusahaan tersebut. Dan biasanya nomor perusahaan menggunakan telepon kabel serta memiliki nomor yang unik.

Maka jika ada yang memberitahukan kepada kamu jika kamu menang hadiah namun menggunakan nomor yang umum digunakan baik dari provider apapun, sudah dipastikan itu adalah SMS penipuan dan tidak bisa di pertanggung jawabkan.

2. Kalimat Berantakan

Ciri SMS penipuan yang bikin saya geleng-geleng kepala yaitu kalimat yang digunakan oleh pelaku sangat berantakan sekali. Jika katanya tidak di singkat seperti “dari” jadi “dr“, maka hurufnya akan diubah menjadi angka seperti “Menang” menjadi “M3nan9“.

Untuk modus SMS penipuan seperti ini saya tau maksud si pelaku untuk apa, namun itu juga menandakan bahwa memang SMS tersebut merupakan SMS yang berisi sebuah penipuan. Karena saya yakin jika memang dari pihak terkait yang mengabarkan saya menang harusnya menggunakan bahasa yang formal.

3. Terdapat Link/URL/Alamat Situs

Untuk modus penipuan ini sudah saya temui sejak saya memiliki sebuah HP jadul pada tahun 2012, jika tidak salah. Singkatnya si penipu memberitahu kita bahwa kita memang hadiah dan di SMS tersebut terdapat kode PIN hadiah yang saya dapatkan beserta link yang bisa saya akses untuk melihat hadiah apa yang saya dapatkan.

Ini sudah jelas sekali bahwa penipuan, karena biasanya jika kita menang dari sebuah kontes, kuis, atau undian maka pihak terkait hanya mengkonfirmasi data diri kita bukan memberitahu bahwa kita menang sebuah undian.

4. Tertera Nomor Lain

Selain itu biasanya pada akhir kalimat akan ada nomor telepon lainnya yang harus di hubungi oleh korban. Jadi nomor yang untuk mengirim SMS tadi hanya untuk menyebarkan SMS penipuan saja, sedangkan untuk pihak yang bertugas mengelabuhi korban ada sendiri.

5. Meminta Uang Dengan Cara Memaksa

Bagi kamu yang ingin iseng-iseng mengetes nomor yang tertera di SMS tadi, kamu bisa mencoba menghubungi nomor tersebut. Kamu bisa berpura-pura tidak tau bahwa itu hanyalah penipuan dan berpura-pura sangat senang karena sudah mendapatkan hadiah.

Cepat atau lambat, modus SMS Penipuan seperti itu pasti secara halus akan meminta dikirimkan sejumlah uang terlebih dahulu untuk bisa menembus hadiah yang kamu dapatkan. Ini sudah pasti, dan jika dirasa korban mulai bingung atau mulai curiga maka para pelaku akan membuat korban panik dengan cara terus memaksa dengan argumen-argumen tertentu.

Ciri SMS penipuan diatas adalah ciri-ciri yang paling mudah dikenali oleh siapapun. Bagi saya, penggunaan kalimat yang tidak sewajarnya sudah mencerminkan bahwa SMS tersebut berniat untuk menipu karena merubah beberapa huruf supaya tidak terdeteksi.

Modus SMS penipuan seperti ini sudah sering saya alami, mungkin kamu juga. Saran saya jika tidak ingin menerima SMS seperti itu lagi karena sudah tau bahwa pesan tersebut termasuk penipuan, maka kamu bisa memblokir nomor tadi.

Di beberapa tipe ponsel pintar Android atau iOS, pasti sudah ada fitur untuk memblokir nomor di menu SMS tidak hanya di menu Telepon saja. Jika kamu tau cirinya, kamu tidak perlu tau contoh SMS penipuan itu seperti apa dan modus nya seperti apa yang penting kamu tau ciri SMS penipuan.