3 Tips Jualan di Tokopedia Supaya Cepat Laku

3 Tips Jualan di Tokopedia Supaya Cepat Laku

HiPoin.com – Sebenarnya tidak ada tips khusus saat berjualan secara online di masing-masing marketplace, karena sejatinya produk lah yang paling utama. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat berjualan di Tokopedia supaya produk yang kamu jual cepat laku.

Lebih tepatnya supaya di lirik oleh calon pembeli, karena kalau belum rezeki sama saja. Ada beberapa tips khusus saat kamu berjualan di marketplace Tokopedia supaya produk yang kamu miliki cepat terjual walaupun rating Toko kamu masih kecil.

Bahkan Toko yang belum memiliki rating bisa menjual produk secara cepat. Ini sangat cocok dan sangat berguna bagi pemula, apalagi produk yang kamu jual murah dan banyak di cari. Sebelum melakukan tips nya kamu bisa membuka Toko di Tokopedia terlebih dahulu dan isi data yang diperlukan.

Baik di Tokopedia, Shopee, atau marketplace lainnya seperti Bukalapak dan Lazada yang namanya berjualan online tetap saja susah. Yang pertama pesaingnya sudah banyak dengan produk yang sama dengan harga yang lebih murah.

Selain itu Toko milik orang lain sudah lama ada dan memiliki rating dan ulasan yang banyak, sudah kelihatan bahwa kita sudah sangat ketinggalan. Akan tetapi jika kamu memutuskan berjualan di Tokopedia kamu tidak perlu terlalu khawatir.

Karena dengan salah satu tips yang akan saya bagikan produk kamu akan langsung berada di atas pencarian produk di Tokopedia walaupun Toko kamu belum memiliki rating dan ulasan. Namun sebelum lanjut ke tips nya kamu bisa baca juga tips berjualan di WhatsApp.

Panduan Pemula Saat Berjualan di Tokopedia

1. Kualitas Produk Yang Dijual

Kualitas disini bukan kualitas produk fisik yang akan kamu jual, melainkan kualitas produk yang kamu tampilkan di Toko kamu. Misalnya judul atau nama produk, foto produk, dan deskripsi produk. Kamu bisa membuatnya sebagus mungkin dan semenarik mungkin.

Misalnya pada judul produk, kamu bisa riset beberapa kata kunci serupa dengan produk kamu yang sedang populer. Misalnya kamu menjual “Tas Selempang“. Kamu bisa mencari kata pengganti Tas Selempang yang populer di cari seperti “Waist Bag“.

Selain itu supaya produk kamu cepat naik di pencarian kamu juga perlu menambahkan kata kunci atau keyword pada deskripsi produk. Kamu bisa menggunakan kata kunci yang berbeda saat menyebutkan produk pada kolom deskripsi.

Menggunakan kata kunci yang banyak di deskripsi produk lebih aman dan terlihat rapi dari pada di judul produk. Oleh karena itu manfaatkan betul kolom deskripsi produk. Selain itu kamu juga perlu menuliskan kelebihan dari produk yang kamu jual.

2. Bagikan Link Produk Supaya Meningkatkan Tampilan Halaman

Ini dia salah satu tips jualan di Tokopedia yang tidak banyak di ketahui oleh orang-orang, yaitu membagikan produk yang dijual ke sosial media. Tidak hanya di sosial media, yang terpenting bisa mendatangkan pengunjung atau visitor untuk meningkatkan view produk.

Salah satu penyebab kenapa banyak orang membuka Toko di Tokopedia dari pada di tempat lain karena dengan view kita bisa meningkatkan produk kita di pencarian Tokopedia. Walaupun tidak ada pembelian, akan tetapi jika view produk banyak produk akan sangat mudah tampil di rekomendasi dan pencarian Tokopedia.

Jadi kunci utama berjualan di Tokopedia kamu bisa meningkatkan view atau tampilan halaman produk yang kamu miliki. Cara ini sangat efektif walaupun pembelian produk sedikit bahkan tanpa pembelian dan ulasan sama sekali.

3. Harga dan Respon Terhadap Pembeli

Terakhir supaya menjual produk di Tokopedia lebih mudah kamu bisa menyiasati bagaimana caranya supaya produk yang kamu jual terlihat lebih murah dari pada Toko lain atau marketplace yang lainnya. Tidak harus benar-benar murah, cukup terlihat murah.

Selain itu saat berjualan di Tokopedia wawasan kamu harus luas karena di Tokopedia ada menu Diskusi. Yang menjadi masalah adalah menu Diskusi sifatnya publik. Selain bisa dilihat oleh kamu dan orang yang bertanya, jawaban dan pertanyaan yang di tanyakan juga bisa dilihat oleh orang lain.

Misalnya kamu menjawabnya asal-asalan atau tidak menjawab pertanyaan terkait garansi atau keaslian produk maka bisa menyebabkan calon pembeli yang melihat diskusi tadi tidak jadi membeli produk kamu. Kenapa saya bisa berkata seperti itu? karena saat jadi pembeli di Tokopedia saya melakukan hal tersebut.

Nah itu dia 3 poin penting saat kamu berjualan di Tokopedia supaya produk kamu muncul di pencarian dan rekomendasi. Intinya kamu perlu meningkatkan tampilan halaman produk yang kamu jual jika Toko kamu belum punya nama yang kuat di Tokopedia.

Cara tersebut supaya produk kamu minimal tampil di rekomendasi produk, misalnya kamu beruntung produk kamu akan tampil di pencarian atas Tokopedia dan bersaing bersama Toko dengan rating yang tinggi. Tidak mudah, akan tetapi sangat mungkin dilakukan.

Itu saja yang bisa saya bagikan tentang cara berjualan di Tokopedia atau tips menjual produk di Tokopedia supaya cepat laku. Misalnya kamu jualan produk gadget seperti smartphone, kamu harus tau cara kirim HP yang aman lewat jasa ekspedisi. Supaya paket HP yang kamu kirimkan aman sampai tujuan.