Cara Menggunakan CCleaner Untuk Membersihkan Sampah dan Cache di Android

Cara Menggunakan CCleaner Untuk Membersihkan Sampah dan Cache di Android

HiPoin.com – Sampah dan cache akan mengumpul pada ponsel Android jika kita tidak pernah menghapus sampah dan cache yang tersembunyi. Bagi kamu yang tidak paham dengan sampah dan cache di Android, kamu bisa menggunakan CCleaner untuk menghapus cache dan sampah.

Jika dibiarkan saja bisa menyebabkan ruang tersedia di memori internal atau memori telepon semakin berkurang. Oleh sebab itu jika kamu menggunakan aplikasi CCleaner bisa lebih membantu apabila smartphone Android yang kamu miliki tidak memiliki fitur khusus untuk menghapus sampah yang tidak berguna.

Untuk menghapus sampah dan cache di Android dan di aplikasi sebenarnya bisa kita lakukan secara manual, namun ini sedikit sulit. Maka saran saya lebih simple dan praktis bagi kamu pengguna ponsel Android bisa langsung menggunakan CCleaner di Android atau aplikasi sejenis lainnya seperti Clean Master.

Semakin lama kita menggunakan ponsel Android, semakin lama aplikasi kita install dan kita gunakan maka sampah dan cache nya pasti akan menumpuk. Beberapa aplikasi yang pernah saya temui yang memiliki cache yang cukup banyak yaitu aplikasi UC Browser, WhatsApp, Facebook, MX Player, dan masih ada beberapa aplikasi lainnya.

Cache jika tidak kita hapus selain membuat ruang yang tersedia menjadi lebih sedikit, terkadang juga membuat kinerja aplikasi dan sistem menjadi bermasalah. Sebagai contoh aplikasi menjadi error saat dibuka dan saat digunakan menjadi lemot atau lamban bahkan terkadang membuat aplikasi tidak menanggapi.

Bagi kamu yang belum pernah menggunakan aplikasi CCleaner, cara menggunakan CCleaner di Android ini sangat mudah sekali. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca artikel ini sampai selesai. Langkah demi langkah maka nanti kamu akan bisa menghapus sampah dan cache menggunakan aplikasi CCleaner di Android sampai bersih.

Cara Menggunakan CCleaner di Android Untuk Menghapus Sampah dan Cache

Langkah ke-1: Untuk menggunakan CCleaner di Android silakan kamu buka aplikasi nya lalu pilih Pembersihan Cepat

Cara Menggunakan CCleaner di Android

Langkah ke-2: Tunggu proses analisis selesai. Jika sudah selesai klik Selesaikan Pembersihan. Namun jika perlu izin Akses Aksesibilitas silakan di berikan izin terlebih dahulu untuk aplikasi CCleaner

Proses Analisis CCleaner

Langkah ke-3: Tunggu sampai proses pembersihan cache dan sampah tersembunyi selesai

Proses Penghapusan Sampah dan Cache

Langkah ke-4: Jika proses penghapusan sudah selesai, maka akan muncul pemberitahuan ruang yang tersedia hemat berapa MB/GB dan sampah yang sudah dihapus berapa MB/GB

Proses Penghapusan Sampah dan Cache Selesai

Jika kamu sudah menggunakan aplikasi CCleaner untuk membersihkan sampah, kamu bisa cek ruang yang tersedia di memori telepon pasti akan bertambah banyak dan lega. Kenapa begitu? Karena umum nya sampah dan cache bersembunyi di memori telepon di mana aplikasi dan sistem berjalan.

Selain menggunakan aplikasi CCleaner kamu juga bisa menggunakan aplikasi Clean Master atau aplikasi file manager Files untuk menghapus sampah dan file duplikat. Tetapi jika kamu tidak ingin menginstall aplikasi seperti itu dan di ponsel Android kamu tidak ada fitur penghapus sampah, maka kamu bisa melakukan reboot atau restart saja.

Karena reboot atau restart perangkat Android bisa menghapus sebagian sampah dan cache walaupun tidak sebersih menggunakan aplikasi pembersih sampah. Namun cara ini wajib kamu coba karena dijamin berhasil dan lebih mudah.