4 Kelebihan Shopee Dari Pada Marketplace Lainnya Yang Perlu Kamu Ketahui

4 Kelebihan Shopee Dari Pada Marketplace Lainnya Yang Perlu Kamu Ketahui

HiPoin.com – Menjadi marketplace yang terkenal akan gratis ongkir nya, kepopuleran Shopee semakin hari semakin meningkat. Banyak sekali kelebihan Shopee yang akan kamu dapatkan jika awalnya kamu hanya menggunakan marketplace yang lainnya.

Untuk urusan diskon, promo, dan gratis ongkos kirim, Shopee tidak usah diragukan lagi. Banyak diskon dan promo yang bisa kamu dapatkan pada menu Voucher. Selain itu penggunaan voucher juga sangat jelas, ini yang biasanya terlihat ribet di marketplace lainnya.

Jadi keuntungan belanja di Shopee yang paling terasa yaitu bisa mendapatkan produk murah dengan harga yang lebih murah lagi. Apa Shopee juga memiliki kekurangan? Sebagus apapun Shopee, kekurangan Shopee pasti ada karena di dunia ini tidak ada yang sempurna.

Dibandingkan kekurangan, kelebihan Shopee pasti lebih banyak. Jika tidak memiliki kelebihan yang lebih banyak dari pada kekurangannya maka Shopee tidak akan sepopuler seperti sekarang ini. Bagi kamu yang berjualan di Shopee juga pasti merasakan kelebihan dari marketplace Shopee.

Menambah pengikut Shopee bagi seller di Shopee adalah salah satu cara supaya toko mereka menjadi terkenal. Adanya menu Feed, penjual dapat melakukan promosi secara aman dan langsung kepada calon pembeli dengan lebih mudah.

Jika kamu penasaran apa saja kelebihan Shopee dari pada marketplace lainnya, kamu bisa simak artikel ini. Entah kenapa Shopee memang sangat cocok dan nyaman digunakan bagi kamu yang belum pernah belanja online, jadi kamu wajib baca artikel ini sampai selesai.

Kelebihan Shopee Dari Pada Marketplace Yang Lainnya

1. User Friendly

Menurut pengamatan saya, Shopee lebih user friendly dari pada marketplace lainnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, atau Blibli. Maksudnya bagaimana? Mudah digunakan serta fitur yang ada mudah diakses dalam satu halaman, khususnya pada aplikasi Shopee.

Pada menu checkout barang pun tampilannya lebih jelas dan mudah dipahami, khususnya pada menu jasa pengiriman, alamat penerima, dan voucher. Di Tokopedia dan Bukalapak, menu jasa pengiriman dan metode pembayaran sedikit sulit dipahami bagi beberapa orang yang sudah sering belanja online sekalipun, apalagi yang belum pernah.

2. Produk Yang Dijual Banyak dan Beragam

Sebenarnya ini juga berlaku bagi Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada. Keempat marketplace tersebut termasuk Shopee adalah marketplace yang memiliki produk yang paling banyak dan beragam. Kita hanya perlu mencari harga yang paling murah dengan kualitas yang terbaik dari ke empat marketplace tadi.

Kamu bisa mencari produk dari masing-masing marketplace di atas untuk mencari produk yang paling murah. Lalu bandingkan antara jumlah pembelian dan ulasan, jangan sampai kamu membeli produk murah namun produk tersebut mendapat ulasan yang buruk dari pembeli-pembeli sebelumnya.

3. Voucher Melimpah

Banyaknya diskon dan promo di Shopee adalah kelebihan Shopee yang berikutnya. Setiap kategori produk di Shopee hampir memiliki voucher tersendiri. Seperti voucher produk digital, voucher perlengkapan rumah tangga, hingga voucher barang elektronik.

Namun voucher yang paling diminati yaitu tidak lain dan tidak bukan ialah voucher gratis ongkos kirim atau free ongkir. Voucher ini cukup menarik karena kita bisa menghemat biaya ongkos kirim dan kita bisa mendapatkan voucher ini hampir setiap hari.

4. Status Pesanan Jelas

Di Shopee status pesanan kita sangat jelas sekali. Jika pesanan belum di bayar berada di menu Belum Dibayar, jika pembayaran sudah berhasil maka ada di menu Dikemas, dan jika produk sudah dikirimkan oleh penjual maka berada pada menu Dikirim.

Selain itu jika pesanan sudah selesai ada di menu Selesai dan jika pesanan dibatalkan maka ada di menu Dibatalkan. Walaupun tampak sederhana, namun ini sangat membantu sekali. Maka dari itu saya anggap ini adalah kelebihan Shopee yang patut kamu ketahui.

Kekurangan Shopee

1. Terlalu Banyak Produk Yang Sama Tanpa Fitur Filter Produk

Ini adalah kekurangan Shopee satu-satunya menurut saya yang paling fatal. Karena sudah populer, banyak penjual dropshipper di Shopee yang menyebabkan suatu produk yang sama dijual oleh beberapa akun penjual yang berbeda. Tanpa filter produk yang ada di Tokopedia seperti tampilkan berdasarkan Ulasan membuat saya kesulitan untuk mencari produk yang memiliki ulasan dari pembeli yang paling bagus.

Walaupun sudah ada filter Terlaris, ini tidak menjamin produk yang laris memiliki ulasan yang bagus. Karena jika ulasan para pembeli bagus-bagus, bisa disimpulkan bahwa produk tersebut memang bagus.

Mungkin itu saja kelebihan dan kekurangan dari Shopee yang perlu kamu ketahui. Yang pasti kelebihan Shopee lebih banyak dan sangat membantu bagi kamu yang doyan sekali belanja online karena bisa mendapatkan harga yang murah.

Dan yang ingin berjualan di Shopee, kamu tidak usah ragu lagi. Karena tampilan menu berjualan di Shopee sangat mudah dipahami oleh seorang pemula sekalipun. Kelebihan Shopee bagi yang ingin berjualan yaitu banyak pilihan jasa pengiriman serta bisa memilih sistem COD dari J&T.