6 Tips Sederhana Merawat Baterai Laptop Supaya Tidak Boros dan Bocor

6 Tips Sederhana Merawat Baterai Laptop Supaya Tidak Boros dan Bocor

HiPoin.com – Borosnya baterai Laptop salah satu permasalahan yang cukup mengganggu bagi sebagian orang. Kesalahan dalam merawat baterai Laptop atau bahkan tidak pernah dirawat bisa memperpendek usia baterai serta mengurangi siklus pengisian baterai.

Baterai Laptop berfungsi supaya Laptop dapat digunakan tanpa membutuhkan arus listrik dari Stop Kontak. Singkatnya jika Laptop masih memiliki daya Laptop dapat digunakan dimana saja dan kapan saja jika memang memungkinkan.

Baterai Laptop awet bisa kita temui pada Laptop keluaran terbaru yang memiliki kapasitas baterai yang besar. Merawat baterai berfungsi supaya keawetan baterai tersebut bisa bertahan lama setelah beberapa siklus pengisian, bukan untuk memperpanjang penggunaan Laptop yang hanya bisa bertahan beberapa jam karena efek baterai yang cepat habis.

Selain itu merawat baterai Laptop yang tanam atau non-removable perlu perhatian khusus. Karena baterai berada di dalam Laptop dan untuk melepasnya tidak semudah baterai Laptop keluaran lama, maka kamu harus merawatnya secara betul-betul.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang usia baterai Laptop yaitu dengan melakukan kalibrasi baterai Laptop. Jika kamu cek wear level baterai Laptop yang kamu miliki menurun, segeralah lakukan kalibrasi supaya baterai tetap bisa bertahan lama saat digunakan.

Bagaimana cara merawat atau menjaga supaya baterai Laptop tetap awet dan tidak boros? Kamu bisa baca beberapa cara dan tips untuk merawat baterai barang elektronik, khususnya baterai Laptop. Setelah kamu melakukannya dengan benar, kamu bisa bermain game lebih lama tanpa khawatir baterai Laptop yang kamu gunakan kehabisan daya.

Selain masalah daya tahan baterai pada Laptop yang kamu gunakan, mungkin kamu perlu tau juga tentang suara berisik yang timbul dari kipas Laptop. Kamu perlu tau kenapa kipas Laptop bisa mengeluarkan suara bising yang cukup mengganggu, padahal sebelumnya tidak.

Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Tetap Awet

1. Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur

Tips pertama untuk merawat baterai Laptop supaya baterai Laptop awet yaitu jangan gunakan Laptop di atas kasur, bantal, atau tempat lain yang serupa. Ini menghindari Laptop overheat karena tidak mendapat sirkulasi udara yang bebas.

Singkatnya jika kita mengunakan Laptop di atas kasur maka Laptop akan cepat panas walaupun digunakan untuk pekerjaan yang ringan. Selain itu komponen baterai pada Laptop juga akan terkena efek tadi sehingga bisa membuat penurunan kinerja baterai.

2. Gunakan Charger Original

Pastikan kamu saat mengecas Laptop yang kamu miliki selalu menggunakan charger original. Penggunaan charger bukan original bisa menyebabkan baterai cepat rusak dan tidak berumur panjang karena arus yang dialirkan tidak stabil. Bisa lebih besar bahkan bisa terlalu kecil arus yang dialirkan.

3. Jangan Biarkan Laptop Kehabisan Baterai Sampai Mati

Kehabisan baterai sampai 0% selain bisa merusak komponen harddisk juga bisa memperpendek usia baterai. Kehabisan baterai sampai Laptop mati sendiri boleh saja terjadi, tetapi jangan terlalu sering. Jika terlalu sering maka usia baterai tidak akan lama serta daya tahan baterai semakin lama akan semakin berkurang.

4. Cabut Charger Setelah 100%

Penggunaan Laptop sambil di cas memang tidak di larang, tetapi jika kamu ingin baterai Laptop yang kamu miliki awet karena sering dibawa kemana-mana alangkah baiknya cabut charger setelah persentase baterai 100%. Tips merawat baterai Laptop yang satu ini mudah dilakukan, tetapi sering diabaikan oleh pengguna.

Jika sudah 100% tetapi tidak dicabut kemungkinan bisa membuat baterai bocor “dalam jangka waktu yang lama“. Walaupun sudah ada fitur auto cut charger, jika Laptop yang kamu gunakan hanya untuk pekerjaan ringan lebih baik lepas charger pada Laptop setelah persentase baterai 100%.

5. Jangan Terlalu Sering Melakukan Hibernate dan Sleep

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan dalam merawat baterai Laptop yaitu jangan terlalu sering melakukan Hibernate atau Sleep pada Laptop yang kamu miliki. Untuk kasus Hibernate mungkin tidak menimbulkan efek yang nyata, tetapi untuk Sleep jelas sangat tidak disarankan digunakan terus menerus.

Kamu harus menggunakan fitur Sleep secara benar. Jangan gunakan fitur Sleep saat kamu ingin berangkat dari rumah ke kantor. Karena sedang ada pekerjaan yang belum diselesaikan maka Laptop tidak di Shut Down, tetapi di Sleep. Ini bisa merusak baterai karena pada posisi Sleep baterai tetap mengalirkan daya ke komponen Laptop.

6. Simpan Laptop Dengan Baik dan Lakukan Kalibrasi Baterai Secara Rutin

Cara merawat baterai Laptop yang terakhir yaitu lakukan kalibrasi baterai Laptop secara rutin supaya kapasitas baterai tetap terjaga. Selain itu jika Laptop tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa melepas baterai Laptop jika baterai yang digunakan baterai removable.

Jika menggunakan baterai non-removable kamu hanya perlu menyimpan Laptop di tempat yang kering dan tidak lembab. Usahakan tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak terkena debu dari luar. Sedangkan untuk kalibrasi baterai pada Laptop, kamu bisa lakukan 1 tahun sekali dengan cara yang benar.

Metode kalibrasi baterai secara umum yaitu cas baterai sampai penuh. Diamkan perangkat atau gunakan perangkat sampai baterai habis dan perangkat mati total. Terakhir cas perangkat dalam posisi mati, jika sudah penuh cabut charger dan nyalakan perangkat.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat baterai Laptop yang kamu punya. Saran saya jika Laptop yang kamu miliki lebih sering digunakan di luar rumah untuk bekerja misalnya, rawatlah baterai pada Laptop kamu supaya daya tahan baterainya tidak berkurang.

Hindari charger baterai setelah 100% terlalu lama, jangan pernah gunakan charger bukan original atau charger KW, dan jangan gunakan Laptop di atas tempat yang tidak rata seperti diatas kasur atau bantal. Setelah kamu melakukan salah satu atau beberapa tips merawat baterai Laptop diatas , Laptop kamu bisa digunakan lebih lama tanpa terhubung ke stop kontak.