Fungsi dan Cara Mematikan MIUI Optimization

Fungsi dan Cara Mematikan MIUI Optimization

HiPoin.com – Salah satu fitur yang cukup merepotkan bagi sebagian orang yang menggunakan ponsel Xiaomi yaitu fitur MIUI Optimization. Bagi kamu yang baru saja membeli HP Android Xiaomi kamu harus tau bahwa pada HP Xiaomi ada fitur ini.

Fitur ini bisa kamu temukan di Opsi Pengembang. Supaya kamu tau apa fungsi dari Optimisasi MIUI, maka kali ini saya akan menjelaskannya di artikel ini. Selain menjelaskan artinya saya juga akan menjelaskan bagaimana cara mematikan fitur ini.

Fungsi utama dari MIUI Optimization ialah membuat tampilan perangkat Xiaomi menjadi lebih bagus dan nampak segar. Selain merubah tampilan fitur ini juga membuat performa dan kinerja perangkat menjadi lebih smooth dan lebih cepat.

Fitur ini terhubung dengan fitur lainnya seperti pelengkap fitur AI (Artificial Intelligence), pendukung fitur optimasi RAM, ROM, dan baterai, serta masih banyak fitur-fitur lainnya yang akan berjalan dengan baik jika Optimisasi MIUI aktif.

Namun sayangnya fitur ini kurang ramah terhadap aplikasi pihak ketiga yang kita install dari Play Store atau dari luar Play Store. Oleh karena itu banyak pengguna yang menonaktifkan Optimisasi MIUI supaya bisa mendapatkan kinerja ponsel Xiaomi yang lebih baik versi mereka.

MIUI Optimization dapat membuat aplikasi tidak bisa berjalan dengan sempurna karena fitur ini terhubung dengan optimalisasi RAM dan baterai. Selain itu sensasi bermain game di perangkat low end Xiaomi akan berkurang dikarenakan saat bermain game sistem tetap berusaha menghemat daya serta mencegah RAM menjadi penuh.

Untuk itu kamu perlu mematikan fitur ini jika beberapa aplikasi kebutuhan kamu tidak bisa berjalan dengan lancar karena adanya fitur Optimasi dari Xiaomi. Tetapi saran saya jika kamu tidak terlalu terganggu dengan fitur yang satu ini lebih baik di aktifkan saja karena untuk multitasking perangkat menjadi lebih lancar.

Cara Mematikan MIUI Optimization Pada Perangkat Xiaomi

Langkah ke-1: Untuk mematikan fitur ini silakan kamu buka Setelan lalu pilih Setelan tambahan

Cara Menonaktifkan MIUI Optimization

Langkah ke-2: Kemudian pilih Opsi pengembang. Jika pilihan Opsi pengembang tidak muncul kamu bisa baca artikel saya sebelumnya tentang cara menampilkan dan memindahkan indikator kecepatan koneksi Xiaomi ke sebelah kanan. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan sedikit tentang cara untuk memunculkan Opsi pengembang

Opsi Pengembang Xiaomi

Langkah ke-3: Setelah masuk ke Opsi pengembang, kamu gulir atau scroll sampai bawah dan nonaktifkan fitur MIUI Optimization

Nonaktifkan Optimisasi MIUI

Langkah ke-4: Terakhir konfirmasi penonaktifan fitur Optimisasi MIUI dengan menekan Matikan

Matikan Optimisasi MIUI

Setelah kamu tekan matikan maka tampilan perangkat kamu akan sedikit berubah. Tidak usah cemas, kamu hanya perlu mengaturnya dari awal. Tetapi untuk aplikasi bawaan yang memerlukan fitur Optimisasi dari MIUI pasti tidak akan berjalan dengan sempurna.

Untuk digunakan multitasking memang tidak disarankan mematikan atau tur off fitur MIUI Optimization. Karena fitur ini sangat berguna memantau penggunaan RAM supaya tidak penuh dan akan menutup aplikasi yang dirasa jarang digunakan.

Tetapi sayangnya fitur ini di beberapa kesempatan juga bisa membuat pengalaman gaming menjadi tidak asik karena membuat game yang dijalankan menjadi lebih lambat. Khususnya HP Xiaomi yang menggunakan prosesor kelas menengah kebawah.