Mode Ultra Wide Tidak Ada? Ini Dia Solusinya

Mode Ultra Wide Tidak Ada? Ini Dia Solusinya

HiPoin.com – Mode Ultrawide bisa kamu temukan di perangkat yang memang memiliki lensa Ultra Wide. Jika mode Ultra Wide tidak ada kemungkinan besar perangkat yang kamu miliki tidak memiliki lensa tersebut. Karena lensa biasa tidak akan bisa menghasilkan pandangan seperti lensa Ultrawide dan Wide Angle.

Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai cara menggunakan mode Ultrawide di perangkat Android. Mode tersebut pasti ada di dalam aplikasi kamera jika perangkat yang kamu miliki memiliki lensa Ultra Wide. Tidak hanya Ultrawide, mode Wide Angle juga seperti itu.

Mode Wide Angle akan kamu temui jika perangkat yang kamu miliki memiliki lensa Wide Angle. Saya sering melihat beberapa keluhan khususnya pengguna baru yang menyatakan mode Ultrawide tidak berfungsi. Sebenarnya bukan tidak berfungsi, mereka saja yang belum tau.

Mode Wide Angle dan Ultra Wide hanya mendukung di aplikasi kamera bawaan saja. Jadi rata-rata aplikasi pihak ketiga tidak ada mode ini. Tetapi ada juga aplikasi dari pihak ketiga yang mendukung mode Wide Angle, Ultrawide, dan mode Macro layaknya kamera bawaan.

Lalu kenapa mode Ultra Wide tidak ada? supaya kamu tau jawabannya kamu bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya akan menjelaskan beberapa penyebab dan faktor yang bisa menyebabkan mode Ultrawide tidak muncul atau tidak tampil.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mode Wide Angle tidak muncul atau mode Ultrawide tidak tampil kamu bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Kamu bisa baca artikel tentang cara memotret saat malam hari supaya hasil fotonya lebih bagus.

Solusi Mode Ultra Wide Tidak Ada atau Tidak Tampil

1. Perangkat Tidak Memiliki Lensa Ultrawide

Sebelum kamu mengira bahwa mode Ultrawide di perangkat kamu hilang atau tidak muncul kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa perangkat yang kamu miliki memiliki lensa Ultrawide. Kamu bisa melihat spesifikasi lengkap perangkat kamu di dusbox apakah tertulis lensa Ultra Wide atau tidak.

Atau kamu bisa mencari informasi spesifikasi lengkap tentang perangkat kamu di internet lewat situs GSMArena. Di situs tersebut hampir semua merk ponsel ada hanya beberapa ponsel yang tidak tampil di situs tersebut seperti ponsel lokal.

2. Jangan Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Misalnya kamu mengalami mode Ultra Wide tidak ada saat menggunakan aplikasi pihak ketiga hal tersebut memang wajar terjadi. Karena aplikasi dari pihak ketiga tidak dibuat khusus alias fitur yang ada hanya fitur yang umum ada di perangkat ponsel.

Jadi mode apapun itu baik mode Malam, Ultrawide, Wide Angle, Macro atau mode lainnya kemungkinan tidak akan kamu temui dia aplikasi pihak ketiga. Karena semua mode tersebut hanya di optimasi di aplikasi kamera bawaan yang sudah di rancang khusus.

3. Aplikasi Kamera Error

Dan yang terakhir yang bisa menyebabkan mode Ultra Wide tidak ada atau mode Wide Angle tidak muncul yaitu karena aplikasi kamera bawaan sedang error. Penyebab errornya tentu saja banyak, saya tidak akan menjelaskan apa saja yang bisa menyebabkan aplikasi kamera error.

Akan tetapi ada 2 penyebab yang paling umum terjadi. Yang pertama karena aplikasi kamera terlalu lama digunakan yang menyebabkan overheat dan yang kedua karena faktor bug. Jika overheat tutup saja dulu tetapi jika karena bug tunggu sampai ada pembaruan atau update.

Mungkin hanya itu saja yang bisa menyebabkan mode Ultrawide tidak berfungsi, jika ada penyebab lainnya nanti akan saya perbarui kembali artikel ini. Intinya jika mode Ultra Wide tidak ada kamu harus mencobanya di aplikasi kamera bawaan.

Karena jika di aplikasi kamera pihak ketiga seperti Open Camera pilihan mode memang tidak ada. Hanya ada 1 mode yaitu mode foto dan video saja. Tidak bisa menggunakan mode berdasarkan lensa yang dimiliki oleh perangkat.

Cukup sekian penjelasan dari saya mengenai mode Ultra Wide tidak ada atau tidak muncul, semoga adanya artikel ini kamu bisa terbantu. Baru install aplikasi PicSay dan PicSay Pro? jika iya kamu harus baca panduan menggunakan aplikasi PicSay dan PicSay Pro.