4 Penyebab Pembayaran Gagal di Jenius Saat Transaksi

4 Penyebab Pembayaran Gagal di Jenius Saat Transaksi

HiPoin.com – Pembayaran gagal di Jenius sudah sering saya alami. Mulai dari transaksi transfer antar bank, pengisian saldo dompet digital, pembayaran menggunakan debit Visa Jenius dan masih banyak yang lainnya. Yang jelas jika transaksi gagal saldo kita tetap akan aman.

Penyebab gagalnya transaksi atau pembayaran dengan Jenius setahu saya disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan gagal melakukan pembayaran dengan Jenius.

Saat tidak bisa transaksi di Jenius sebenarnya hal yang wajar saja. Karena aplikasi Internet Banking dari bank lainnya juga sering mengalami masalah seperti itu. Seperti yang kamu tau sebuah sistem tidak ada yang sempurna alias tidak akan bekerja selamanya.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan penyebab dan solusi pembayaran gagal di Jenius. Penyebab yang akan saya bahas kali ini ialah penyebab yang pernah saya alami dan saya tau cara mengatasinya. Oleh karena itu kemungkinan besar sangat bermanfaat bagi kamu semua.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai transaksi lewat Jenius gagal kamu bisa baca artikel terkait lainnya. Yaitu cara mengaktifkan SMS Premium, fitur wajib bagi kamu yang menggunakan aplikasi Perbankan. Karena SMS dari pihak bank membutuhkan akses SMS Premium.

Penyebab & Solusi Pembayaran Gagal di Jenius

1. Gangguan

Benar sekali penyebab utama transaksi gagal di aplikasi Jenius kebanyakan karena aplikasi sedang error atau gangguan. Jika sedang ada gangguan apapun itu penyebabnya fitur yang ada di aplikasi Jenius tidak akan bisa digunakan sepenuhnya alias bisa di akses tapi akan gagal.

Gangguan biasanya hanya akan berdampak pada transaksi yang perlu mengakses aplikasi Jenius. Transaksi pembayaran menggunakan Visa tidak akan terkena dampak karena hanya perlu kode OTP tanpa perlu mengakses aplikasi Jenius.

2. Nomor Rekening Bermasalah

Yang berikutnya salah satu penyebab tidak bisa transaksi di Jenius yaitu karena nomor rekening tujuan bermasalah. Apa maksudnya bermasalah? maksudnya yaitu nomor rekening salah, Bank dan nomor rekening tidak sama, atau internet banking sedang offline.

Intinya sistem tidak bisa melanjutkan proses pembayaran karena nomor rekening tujuan tidak ditemukan. Kasus yang sering saya alami yaitu karena nomor rekening tujuan sedang offline dikarenakan saat transaksi saya melakukannya tengah malam.

3. Saldo Kurang

Jelas sekali jika saldo kurang transaksi atau pembayaran tidak bisa dilakukan. Kasus saldo kurang sangat sering terjadi karena pengguna tidak memperhatikan biaya transfer jika tujuan beda bank. Misalnya saldo aktif tersisa Rp. 100.000.

Nah kamu tertarik ingin membeli sesuatu di toko online dengan total pembayaran Rp. 100.000. Langsung saja kamu checkout karena kamu yakin masih memiliki saldo 100 ribu. Tetapi saat ingin dibayar tidak bisa karena total yang harus dibayar menjadi 103.000, ada tambahan biaya transfer sebenar Rp. 3.000.

4. Kode Verifikasi Visa Salah

Yang terakhir pembayaran gagal di Jenius karena kode verifikasi Visa salah. Ada 3 kesempatan jika kamu salah input kode verifikasi pembayaran Visa. Jika sudah 3 kali salah maka debit Visa kamu akan diblokir sementara alias tidak bisa digunakan untuk transaksi menggunakan Visa lagi.

Jalan satu-satunya kamu harus menghubungi pihak Jenius supaya Visa kamu di debit yang terblokir dibuka. Karena tanpa permintaan dari nasabah Visa yang di blokir tidak akan di buka secara otomatis setelah beberapa waktu.

Itu dia beberapa penyebab transaksi lewat Jenius gagal. Penyebab diatas pernah saya alami semua dan yang paling sering karena Jenius sedang gangguan serta karena saldo tidak cukup. Sedangkan Visa yang terblokir pernah saya alami satu kali dengan pembukaan pemblokiran yang sangat mudah.

Pembayaran gagal di Jenius bisa kamu atasi tergantung penyebabnya. Atau jika kamu terburu buru kamu bisa menggunakan rekening bank lainnya yang kamu miliki. Karena jika pembayaran gagal di Jenius karena gangguan biasanya memakan waktu yang lama sampai tidak gangguan lagi.

Cukup sekian pembahasan kali ini semoga kamu terbantu. Selain pembayaran gagal di Jenius, kamu perlu tau juga cara ubah PIN akun ShopeePay di Shopee. Kamu bisa menggunakan PIN yang rumit tetapi mudah di ingat oleh diri kamu sendiri.