4 Solusi Mengatasi HP Tidak Ada Suara atau Tidak Keluar Suara

4 Solusi Mengatasi HP Tidak Ada Suara atau Tidak Keluar Suara

HiPoin.com – Ada yang kesal karena setiap notifikasi pasti bersuara dan ada yang bingung kenapa HP atau ponsel yang dimiliki tidak bersuara sama sekali. HP tidak ada suara saat ada notifikasi atau peringatan bisa terjadi dan memang ada fiturnya tersendiri.

Saya sendiri tipe orang yang tidak terlalu suka dengan suara yang muncul secara terus menerus seperti suara pemberitahuan dari aplikasi atau suara dari peringatan seperti baterai sudah mau habis.

Walau tidak suka tetapi saya tetapi butuh penanda di saat ada panggilan masuk, oleh karena itu saya menggunakan getaran. Tidak bersuara disini yaitu pada pemberitahuan dan peringatan bukan untuk media.

Jadi HP tidak mau berbunyi saat ada SMS masuk, panggilan masuk, atau saat ada notifikasi dari WhatsApp dan Facebook. Mungkin saja ada setelan yang tidak sengaja kamu ubah dan kamu bingung setelan apa yang sudah kamu rubah sebelumnya.

Ada beberapa setelan yang bisa membuat bunyi yang seharusnya berbunyi menjadi tidak. Contoh mudahnya, keyboard secara umum saat ditekan akan berbunyi dan bergetar, tetapi banyak yang menghilangkan getar dan bunyi yang ada di keyboard.

Tanpa panjang lebar langsung saja saya bahas solusi mengatasi suara di HP hilang saat ada notifikasi ataupun peringatan. Namun sebelum lanjut jika kamu tidak suka dengan getaran kamu bisa menonaktifkan getar di perangkat Android yang kamu miliki.

Penyebab HP Tidak Ada Suara dan Tidak Berbunyi

1. Berada di Mode Hening

Terkadang pengguna tidak sadar berada di mode Hening, Suara, atau Getar yang membuat mereka tidak sadar dengan kebiasaan. Saya sendiri lebih suka dengan mode Getar dari pada Suara atau Hening.

Jika berada di mode Hening suara notifikasi, pemberitahuan, dan peringatan tidak akan bersuara dan terdengar bunyi kecuali suara Alarm. Tidak hanya bunyi saja yang tidak ada getaran juga tidak ada alias tidak ada feedback sama sekali.

2. Berada di Mode Jangan Ganggu

Hampir sama seperti Hening, jika Alarm di Hening masih bisa berbunyi jika di Jangan Ganggu tidak berbunyi sama sekali alias perangkat tidak akan terdengar nada dering dari apapun itu baik dari panggilan masuk, Alarm, ataupun peringatan baterai hampir habis.

Selain Alarm yang ikut tidak berbunyi, di mode Jangan Ganggu semua pemberitahuan akan dibatasi. Seperti namanya Jangan Ganggu, tujuan adanya mode ini supaya pengguna tidak terganggu oleh suara-suara dan notifikasi tidak penting.

3. Adanya Error

Jika berada di mode Suara tetapi HP tidak mau berbunyi saat ada pemberitahuan dan notifikasi bisa disimpulkan bahwa perangkat yang kamu miliki ada masalah. Baik error ataupun kerusakan yang ada hubungannya dengan suara.

Saat kamu mencoba untuk memutar lagu tetapi berbunyi tetapi saat ada notifikasi tidak berbunyi berarti ada error pada sistem. Solusinya yang paling mudah yaitu reboot perangkat, jika tidak berhasil kamu bisa cari terlebih dahulu apa penyebabnya.

4. Menggunakan Nada Dering Silent

Nada Dering silent bisa kamu gunakan untuk menghilangkan suara panggilan atau pemberitahuan saat berada di mode Suara. Jadi Nada Dering tersebut tidak memiliki bunyi walaupun sebuah Nada Dering.

Oleh karena itu jika suara di HP hilang dan tidak muncul saat berada di mode Suara kamu bisa cek di menu Suara dan Getaran lalu pilih Nada Dering. Nada Dering silent bukan nada dering bawaan, tetapi bisa saja ada teman yang jahil dan mengunduh lalu menggunakannya di perangkat yang kamu miliki.

Dari beberapa penyebab yang ada penyebab yang paling umum yaitu yang pertama, tidak sadar berada di mode Hening atau Getar. Untuk kerusakan saya rasa jarang terjadi dan yang paling sering karena salah memilih mode atau mengaktifkan Jangan Ganggu.

Apa volume Nada Dering tidak bisa dibuat 0 ? saya rasa tidak bisa, hanya bisa dibuat lebih kecil tetapi tidak bisa dibuat 0 seperti volume media. Sekian penjelasan dari saya mengenai HP tidak ada suara saat ada notifikasi atau pemberitahuan semoga bermanfaat.

Sebelum saya akhiri mengenai penyebab dan solusi HP tidak ada suaranya kamu bisa baca artikel mengenai cara menghilangkan suara di aplikasi kamera. Kamu bisa menghilangkannya supaya saat memotret tidak berbunyi.