5 Tips Mengatasi Gagal Verifikasi Akun Indodax

4 Tips Mengatasi Gagal Verifikasi Akun Indodax

HiPoin.com – Setelah beberapa hari saya memantau forum Indodax di Facebook ternyata banyak sekali pengguna yang mengeluhkan verifikasi akun Indodax gagal, tidak berhasil, atau ditolak. Saya cukup heran kenapa bisa begitu.

Saya sendiri sudah memiliki akun Indodax sejak tahun 2017 dan sudah terverifikasi. Dulu saat saya ingin melakukan verifikasi caranya pun sama seperti sekarang, akan tetapi entah kenapa banyak yang mengalami gagal verifikasi.

Indodax adalah salah satu platform jual beli aset kripto terbesar di Indonesia. Selain terbesar di Indonesia, Indodax juga terdaftar dan di awasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Oleh karena itu kamu tidak usah ragu lagi dengan Indodax.

Kembali ke topik, setelah aktivasi akun Indodax kamu perlu verifikasi akun terlebih dahulu sebelum melakukan jual beli aset digital atau cryptocurrency. Sebelum kamu melakukan verifikasi akun kamu tidak akan bisa melakukan deposit dan transaksi jual beli atau trading.

Oleh karena itu supaya kamu tidak gagal saat verifikasi akun Indodax kali ini saya akan menjelaskan beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Dan untuk kamu yang belum mendaftar dan aktivasi akun kamu bisa mendaftar akun Indodax terlebih dahulu.

Perlu kamu ketahui sebenarnya proses verifikasi atau KYC akun Indodax sama seperti verifikasi data diri di layanan lainnya. Ini mencegah satu orang memiliki banyak akun. Selain itu proses verifikasi mencegah orang-orang tidak bertanggung jawaban melakukan transaksi tidak wajar di Indodax.

Tanpa panjang lebar lagi langsung saja saya jelaskan beberapa tips supaya proses verifikasi akun Indodax di setujui. Namun sebelumnya misalnya kamu pengguna rekening Jenius dari bank BTPN kamu harus tau cara login akun Jenius tanpa aplikasi. Singkatnya kamu bisa login lewat website Jenius, karena terkadang aplikasi Jenius sangat sering error atau gangguan.

Solusi Gagal Verifikasi Akun Indodax

1. Pastikan Data Yang Digunakan Valid

Memastikan data diri yang akan kamu gunakan untuk verifikasi sangat penting sekali supaya proses verifikasi disetujui. Ada beberapa kartu identitas diri yang bisa kamu gunakan seperti KTP, SIM, Paspor dan KITAS. Selain itu pastikan juga masa berlaku masih aktif.

Untuk yang menggunakan e-KTP hal ini bukanlah masalah besar karena e-KTP berlaku seumur hidup. Sedangkan SIM dan Paspor memiliki masa berlaku dan jika masalah berlaku sudah habis kartu tersebut tidak bisa digunakan walaupun data yang tertera valid.

2. Foto Buram & Tidak Jelas

Salah satu dilema ketika memiliki sebuah ponsel pintar atau smartphone dengan kamera yang pas-pasan. Sangat sulit mendapatkan foto yang bagus dan jelas. Biasanya preview foto sudah bagus tetapi kondisi pencahayaan kurang maka hasil foto yang dihasilkan menjadi gelap.

Selain itu saat di tempat yang terang masalah lain muncul, buram dan cahaya terlalu banyak membuat hasil foto menjadi lebih buruk dari pada di tempat gelap. Oleh karena itu kamu perlu bantuan orang lain atau gunakan kamera HP yang memiliki megapixel yang lebih besar.

3. Hasil Foto Identitas Diri Terpotong

Penyebab berikutnya yang bisa menyebabkan verifikasi akun Indodax ditolak ialah karena hasil foto yang kamu kirimkan terpotong. Permasalahan ini sangat sering terjadi dan di anggap remeh oleh para pengguna dengan alasan foto yang dikirimkan sudah jelas.

Saya sendiri sangat setuju yang penting data yang diperlukan terlihat dan dapat di baca. Akan tetapi yang diminta oleh pihak Indodax mungkin saja harus penuh tanpa ada potongan sama sekali. Oleh karena itu supaya proses aktivasi akun indodax tidak sia-sia kamu harus melakukan pemotretan identitas diri secara benar.

4. Foto Tidak Memenuhi Syarat

Salah satu proses verifikasi akun Indodax yang cukup berbeda yaitu pada swafoto. Kamu wajib swafoto dengan kertas bertuliskan “INDODAX” + “Nama Kamu” + “Tanda Tangan Kamu“. Jika kamu bertanya pada tahun 2017 apakah saya melakukan hal seperti ini?

Jawabannya Iya. Oleh karena itu jangan sampai salah menulis hal lain selain Indodax, Nama Kamu, dan Tanda Tangan Kamu. Selain itu foto yang di hasilkan harus jelas dan bukan foto selfie, kamu perlu bantuan orang lain atau bisa menggunakan tripod.

Nah itu dia beberapa tips atau hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan verifikasi akun Indodax atau KYC akun Indodax. KYC atau Know Your Customer merupakan salah satu proses pengenalan antara pengguna dengan pihak penyedia layanan.

Supaya apa? salah satunya supaya pihak penyedia layanan bisa membantu kamu saat akun kamu bermasalah. Selain 4 penyebab di atas salah input juga bisa menyebabkan proses verifikasi ditolak, misalnya nama yang kamu input berbeda dengan nama yang ada di kartu identitas diri.

Jadi cukup sekian pembahasan saya mengenai verifikasi akun Indodax. Asalkan data yang kamu kirimkan valid dan jelas proses verifikasi tidak akan memakan waktu yang lama. Sebelum saya akhiri kamu perlu tau cara mengubah bahasa di akun Google. Misalnya bahasa di akun kamu Inggris, bisa kamu ubah menjadi bahasa Indonesia.