Upload Video ke YouTube Lama? Ini Dia Tipsnya Supaya Lebih Cepat

Upload Video ke YouTube Lama? Ini Dia Tipsnya Supaya Lebih Cepat

HiPoin.com – Saat upload video ke YouTube lama pasti kamu akan bosan menunggunya. Seperti yang kita tau secepat apapun koneksi internet yang kita gunakan, proses upload tidak akan secepat proses download. Oleh sebab itu kamu harus sabar menunggu.

Untuk mengakali permasalahan ini, banyak para Youtuber melakukan proses upload video saat dini hari. Cara ini cukup efektif untuk mempercepat upload video YouTube, karena dini hari pengguna yang menggunakan koneksi internet lebih sedikit dari pada siang hari.

Selain itu jika proses upload video tertunda karena kamu mengunggah video tersebut saat koneksi internet sedang buruk, kamu bisa melanjutkannya saat dini hari. Saya jamin upload video YouTube lambat tidak akan kamu rasakan saat dini hari atau tengah malam.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan upload video ke YouTube lama. Selain itu proses upload harus benar-benar selesai sebelum video tersebut kamu terbitkan. Jika belum selesai 100% tetapi ingin kamu terbitkan, maka akan muncul peringatan seperti ini “Versi definisi standar (SD) video anda harus selesai diproses“.

Untuk tau bagaimana cara mempercepat proses upload video YouTube, kamu bisa baca beberapa faktor dan tips upload video ke YouTube supaya tidak lambat atau gagal. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba, kamu bisa mencoba salah satu tips atau semuanya.

Solusi Upload Video ke YouTube Lama

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Selain mempercepat upload video YouTube, kamu juga harus memastikan keberhasilan proses uploading video. Salah satunya dengan cara memastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil dan tidak sedang gangguan. Baik data seluler atau wifi, koneksi internet yang kamu gunakan harus stabil.

Jika koneksi internet tidak stabil dan lemah, kemungkinan terburuk proses upload video bisa saja gagal. Kamu wajib upload ulang jika proses upload gagal, tetapi jika proses upload tertunda kamu hanya perlu melanjutkannya saja.

2. Gunakan Browser Terbaik

Ini hanya berlaku bagi kamu yang menggunakan perangkat desktop untuk mengunggah video YouTube. Karena untuk pengguna smartphone seperti Android atau iOS tetap disarankan menggunakan aplikasi YouTube untuk mengunggah video. Sedangkan untuk mengedit tentang video kamu bisa menggunakan aplikasi YT Studio.

Aplikasi browser yang bisa kamu gunakan yaitu Google Chrome, selain Chrome kamu juga bisa menggunakan Opera Browser atau Mozilla Firefox. Yang terpenting browser yang kamu gunakan tidak lemot karena bisa menyebabkan proses upload menjadi gagal.

3. Export Video Dengan Kualitas Seperlunya

Berikutnya untuk mencegah upload video ke YouTube lama atau upload video YouTube lambat, kamu bisa export video dengan kualitas yang biasa-biasa saja dan jangan terlalu tinggi. Ini mencegah ukuran atau size video menjadi sangat besar.

Semakin besar ukuran video maka proses uploadnya akan semakin lama. Selain lama kuota yang digunakan untuk mengunggah video juga semakin banyak. Oleh sebab itu gunakan resolusi Full HD sebagai resolusi maksimal video yang kamu unggah ke YouTube.

4. Kompres Video

Tips terakhir untuk mengatasi upload video ke YouTube lama yaitu dengan cara mengkompres video sebelum kamu upload. Kamu bisa mengkompres file video yang awalnya berukuran 1GB menjadi 750MB, 500MB, atau lebih kecil lagi.

Yang terpenting setelah kamu berhasil mengkompres video, kamu wajib menonton video hasil kompres tadi untuk memastikan kualitas video tidak turun. Jika dirasa kualitas video masih baik, barulah kamu unggah ke YouTube dan pastikan juga koneksi internet sedang stabil.

Itu dia beberapa tips untuk mempercepat upload video YouTube. Setelah kamu melakukan tips tadi kamu akan merasakan proses upload video ke YouTube lama tidak akan kamu alami lagi. Beberapa cara diatas sudah dilakukan oleh para Youtuber dan hasilnya sangat memuaskan.

Untuk pemilihan resolusi video saat proses export kamu bisa gunakan Full HD, ini sudah lebih dari cukup. Jika file video terlalu besar kamu bisa menguranginya dengan cara di kompres. Setelah di kompres kualitas video Full HD tidak akan hilang tetapi ukuran file menjadi lebih kecil.

Semoga pembahasan saya kali ini tentang tips mengatasi upload video ke YouTube lama bisa bermanfaat bagi kamu semua. Selain kualitas video dan editing video, topik video yang kamu unggah juga harus menarik supaya proses menjadi Youtuber sukses menjadi lebih mudah.