Cara Memutar Objek di Adobe Photoshop

Cara Memutar Objek di Adobe Photoshop

HiPoin.com – Merotasi atau memutar objek di Adobe Photoshop bisa kamu lakukan sebelum proses editing dimulai. Tujuannya sudah jelas supaya gambar atau foto yang awalnya landscape kamu ubah menjadi portrait atau karena alasan lainnya.

Fitur rotate atau rotasi adalah fitur umum yang pasti ada di aplikasi photo editing. Selain itu fitur ini juga ada di menu edit pada aplikasi Galeri. Perlu kamu ketahui, fitur rotate berbeda dengan mirror foto yang bisa merubah pandangan objek pada gambar atau foto.

Saya sebelumnya pernah membahas cara mirror foto secara online. Jika kamu belum tau caranya kamu bisa baca artikel tersebut. Sedangkan kali ini saya akan menjelaskan cara merotasi foto di Photoshop supaya objek pada foto atau gambar sesuai.

Di aplikasi Adobe Photoshop ada 2 pilihan rotasi yang bisa kamu pilih yaitu 90° dan 180°. Perbedaannya apa? Jika 90° akan merotasi sesuai urutan, sebagai contoh dari landscapeportraitlandscapeportrait dan seterusnya. Sedangkan 180° jika landscape akan landscape terus tetapi hanya pindah arah.

Supaya lebih jelas langsung saja saya bahas cara rotasi objek di Photoshop. Kamu bisa merotasi objek apapun baik foto atau gambar. Jika setelah dirotasi foto atau gambar belum sesuai kamu bisa mencoba dengan cara mirror foto.

Adobe Premiere Pro lemot saat digunakan? kamu bisa baca artikel tentang Adobe Premiere Pro yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Lag yang muncul bisa kamu kurangi dengan beberapa tindakan yang bisa membuat kinerja aplikasi Premiere menjadi lebih ringan.

Langkah Memutar Objek di Adobe Photoshop

Langkah ke-1: Silakan kamu buka Adobe Photoshop lalu kamu tambahkan foto atau gambar yang ingin dirotasi

Langkah ke-2: Setelah itu kamu pilih menu Image

Memutar Objek di Adobe Photoshop

Langkah ke-3: Lalu silakan pilih Image Rotation

Image Rotation Adobe Photoshop

Langkah ke-4: Terakhir kamu pilih rotasi yang kamu inginkan. Sebagai tambahan CW (Clockwise) yaitu rotasi searah jarum jam sedangkan CCW (Counter Clockwise) rotasi berlawanan jarum jam

Rotasi CW dan CCW

Langkah ke-5: Maka hasilnya seperti dibawah ini

Hasil Rotasi di Photoshop

Rotasi hanya memutar gambar dan pandangan objek di dalamnya tidak akan berubah. Misalnya pandangan ke kanan, objek di dalam foto atau gambar tetap akan melihat ke kanan. Berbeda lagi dengan cermin atau mirror yang akan merubah pandangan.

Memutar atau merotasi bisa kamu lakukan jika saat melakukan take foto hasilnya tidak sesuai. Misalnya kamu take dengan posisi landscape tetapi hasil di Galeri portrait maka kamu perlu melakukan rotasi. Untuk hasilnya sebenarnya sama saja akan tetapi nantinya menjadi lebih nyaman dipandang.

Itu saja pembahasan saya kali ini tentang cara memutar objek di Adobe Photoshop atau melakukan rotasi foto di Photoshop. Tidak tau cara seleksi bagian foto? kamu bisa baca artikel tentang cara seleksi bagian foto dan gambar di Adobe Photoshop.